Comscore Tracker

11 Penyakit Ini Belum Ada Obatnya Hingga Kini, Kenali dan Waspadalah!

Hati-hati ya guys, lebih baik mencegah daripada mengobati..

Tidak ada seorang pun di dunia ini yang menginginkan jika dirinya terkena sebuah penyakit. Apalagi, adanya global warming dan beberapa fenomena alam lainnya membuat banyak virus dan bakteri bermutasi sehingga menghasilkan penyakit-penyakit yang cukup berbahaya.

Selain itu, perkembangan teknologi yang ada nyatanya tidak menghasilkan perkembangan serupa dalam bidang kesehatan. Hal ini membuat beberapa penyakit justru berkembang bebas tanpa dapat disembuhkan. Berikut ini beberapa penyakit berbahaya yang belum ada obatnya, hingga artikel ini diterbitkan!

1. Diabetes

11 Penyakit Ini Belum Ada Obatnya Hingga Kini, Kenali dan Waspadalah!insidephilanthropy.com

Diabetes atau kencing manis merupakan kelainan metabolisme yang disebabkan karena respon insulin tidak bekerja dengan baik. Sehingga tubuh menjadi sulit menjaga kadar gula dalam darah. Penyakit yang satu ini tidak hanya menyerang orang dewasa saja, tetapi juga anak-anak yang mengalami kehancuran sel-sel, yang diproduksi insulin, akibat kelebihan sistem imun.

2. Kanker

11 Penyakit Ini Belum Ada Obatnya Hingga Kini, Kenali dan Waspadalah!express.co.uk

Kanker atau neoplasma ganas adalah penyakit yang ditandai dengan kelainan sel, yang mengakibatkan sel tersebut tumbuh tidak terkendali dan menyerang jaringan biologis di sekitarnya. Kemajuan teknologi saat ini sebenarnya sudah berhasil membuat para peneliti menemukan cara pencegahan, diagnosis, dan perawatannya. Akan tetapi, untuk obat yang efektif menyembuhkannya, belum ditemukan hingga kini.

3. HIV/AIDS

11 Penyakit Ini Belum Ada Obatnya Hingga Kini, Kenali dan Waspadalah!northcoastcourier.co.za

Virus HIV merupakan penyakit menular yang menyebar melalui hubungan seks tidak aman, menggunakan jarum suntik secara bergantian, dan transfusi darah. Penyakit ini tergolong mematikan karena menyerang sistem kekebalan tubuh manusia.

Sayangnya, hingga saat ini belum ada obat yang mampu membunuh virus tersebut. Hanya saja, ada terapi obat ARV (Anti Retroviral), yang dapat menidurkan virus HIV.

4. Influenza

11 Penyakit Ini Belum Ada Obatnya Hingga Kini, Kenali dan Waspadalah!dettol.co.in

Siapa sangka, ternyata flu merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus RNA dan belum ada obatnya. Saat menyerang tubuh, virus ini akan menimbulkan gejala menggigil, demam, nyeri tenggorokan, nyeri otot, batuk, dan nyeri kepala. Biasanya, influenza ditularkan lewar batuk dan bersin di udara.

Virus influenza nyatanya masih dapat diinaktivasi oleh sinar matahari, disinfektan, dan detergen. Oleh karena itu, untuk mengurangi risiko terkena penyakit ini sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun.

5. Lupus

11 Penyakit Ini Belum Ada Obatnya Hingga Kini, Kenali dan Waspadalah!nejm.org

Lupus adalah kelainan sistem imun berlebihan yang menyebabkan inflamasi di bagian tubuh tertentu. Penyakit lupus terdiri dari 3 jenis, yakni: discoid, systemic, dan drug-induced.

Lupus systemic merupakan jenis yang paling berbahaya karena menyerang hampir semua organ tubuh, terutama kulit, ginjal, sendi, jantung, saluran pencernaan, dan otak. Selain itu, jenis lupus ini tidak dapat disembuhkan karena belum ada obatnya.

Baca Juga: Hati-hati, Lilin Aromaterapimu Dapat Menyebabkan 8 Penyakit Ini Lho!

6. Polio

11 Penyakit Ini Belum Ada Obatnya Hingga Kini, Kenali dan Waspadalah!geneticliteracyproject.org

Poliomielitis atau polio adalah penyakit paralisis (atau lumpuh) yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini merusak sistem saraf dan menimbulkan kelumpuhan permanen. Parahnya, banyak penderita polio meninggal karena tidak dapat menggerakkan otot pernapasan.

7. Ebola

11 Penyakit Ini Belum Ada Obatnya Hingga Kini, Kenali dan Waspadalah!Pixabay.com/bhossfeld

Ebola adalah penyakit yang disebabkan oleh virus ebola dan menyebabkan demam parah serta pendarahan. Risiko kematian akibat virus Ebola pada manusia mencapai 50-90 persen. Oleh karena itu, penyakit ini digadang-gadang sebagai penyakit berbahaya dalam skala internasional yang belum ada obatnya.

8. Schizophrenia

11 Penyakit Ini Belum Ada Obatnya Hingga Kini, Kenali dan Waspadalah!health.clevelandclinic.org

Schizofrenia adalah gangguan mental yang ditandai dengan gangguan proses berpikir dan tanggapan emosi yang lemah. Pengidap schizofrenia biasanya akan mengalami halusinasi, gangguan berpikir, dan gangguan berbicara. Orang dengan penyakit ini biasanya akan menarik diri dari lingkungan sosial dan kehilangan motivasi untuk hidup.

9. Alzheimer

11 Penyakit Ini Belum Ada Obatnya Hingga Kini, Kenali dan Waspadalah!indiatoday.in

Alzheimer merupakan penyakit yang menyerang daya ingat atau memori otak seseorang. Pada akhirnya, pengidap penyakit ini akan meninggal karena belum ada obat yang mampu menyembuhkannya, sehingga Ia akan lupa bagaimana caranya untuk bernapas. Akan tetapi, untuk memperlambat penyakit ini terdapat beberapa terapi alternatif yang dapat dilakukan.

10. Asma

11 Penyakit Ini Belum Ada Obatnya Hingga Kini, Kenali dan Waspadalah!health.clevelandclinic.org

Asma merupakan kelainan kronis pada paru-paru yang menghambat aliran oksigen dan menyebabkan penderita sulit bernafas, batuk, dan berujung pada kematian. Meskipun begitu, penyakit yang satu ini mampu menyerang siapapun, baik anak-anak hingga orang dewasa. Sayangnya, sampai saat ini belum ada obat yang mampu menyembuhkan penyakit ini.

11. Penyakit Sapi Gila

11 Penyakit Ini Belum Ada Obatnya Hingga Kini, Kenali dan Waspadalah!youtube.com

Penyakit sapi gila atau Creutzfeldt-Jakob merupakan penyakit yang menyerang sistem saraf dan memengaruhi perilaku penderitanya. Meskipun masih jarang ditemui dengan perbandingan 1:1 juta orang di dunia, namun ketika penyakit ini menyerang, seseorang akan sulit bergerak hingga berujung kematian. Sebab, selain penyakit ini jarang diderita, obat untuk penyakit ini juga belum ditemukan.

Itulah penyakit-penyakit yang belum ada obatnya hingga saat ini. Oleh karena itu, jagalah kesehatan mulai dari sekarang. Karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Terlebih jika penyakit yang diderita belum ada obatnya.

Baca Juga: Radiasi Membawa Penyakit, Ini 7 Pekerjaan yang Berisiko Tinggi

Topic:

  • M. Tarmizi Murdianto
  • Bayu D. Wicaksono

JADWAL SALAT & IMSAK

19
MEI
2019
14 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

18.59

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 19 May 2019 13:30:05

Progress: 730.033 dari 813.350 TPS (89.75632%)

Just For You