Comscore Tracker

Segeralah Periksa, Ini 7 Tanda Kolesterol Tinggi yang Sering Diabaikan

Penyakit kolesterol tidak mengenal usia, waspadalah...

Kolesterol merupakan salah satu penyebab munculnya penyakit jantung yang sangat berbahaya. Sebab, saat sudah terkena penyakit yang satu ini, maka penderitanya harus mengonsumsi obat seumur hidup. Karena jika tidak, penyakit jantung yang diakibatkan kolesterol tinggi tersebut bisa bertambah buruk bahkan menyebabkan kematian.

Oleh karena itu, untuk mencegah agar terhindar dari penyakit ini, sebaiknya kenali tanda-tandanya adanya kolesterol tinggi agar kamu dapat mengatasinya sebelum menjadi penyakit jantung yang berbahaya. Simak informasinya di bawah ini!

1. Kesemutan

Segeralah Periksa, Ini 7 Tanda Kolesterol Tinggi yang Sering Diabaikanremedwellness.com

Kesemutan merupakan kondisi yang diakibatkan oleh peredaran darah yang tidak lancar. Akan tetapi, tidak lancarnya peredaran darah tersebut nyatanya bisa disebabkan oleh bermacam-macam hal, salah satunya adalah kolesterol. 

2. Rasa nyeri pada dada

Segeralah Periksa, Ini 7 Tanda Kolesterol Tinggi yang Sering Diabaikanaxiaessentials.com

Nyeri dada biasanya sering dianggap terjadi akibat kelelahan. Akan tetapi, ternyata tingginya kadar kolesterol pada tubuh dapat menjadi penyebab penumpukan lemak di dalam arteri sehingga aliran darah menuju jantung menjadi tidak lancar. Kondisi inilah yang menyebabkan timbulnya rasa nyeri pada dada.

3. Sulit bernapas

Segeralah Periksa, Ini 7 Tanda Kolesterol Tinggi yang Sering Diabaikanpennmedicine.org

Tingginya kolesterol dalam tubuh juga bisa ditandai dengan sulitnya seseorang bernapas. Hal ini terjadi akibat adanya penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah paru-paru. Selain itu, jantung juga sudah tidak dapat memompa darah dengan baik ke paru-paru sehingga tubuh kekurangan oksigen.

Baca Juga: Selain Risiko Jantung, Ini 4 Alasan Perlunya Menjaga Kadar Kolesterol

4. Nyeri pada kaki saat berjalan

Segeralah Periksa, Ini 7 Tanda Kolesterol Tinggi yang Sering Diabaikannorthfultonrx.com

Penderita kolesterol tinggi biasanya mengeluhkan jika kaki mereka terasa berat, lelah, panas, atau nyeri saat berjalan. Nyeri ini terjadi di seluruh bagian kaki dan akan hilang dengan sendirinya setelah beristirahat.

5. Luka yang tidak kunjung sembuh

Segeralah Periksa, Ini 7 Tanda Kolesterol Tinggi yang Sering Diabaikanwoundcarecenters.org

Tidak hanya penderita diabetes saja yang bisa mengalami kondisi di mana luka susah untuk sembuh. Sebab, penderita kolesterol tinggi juga akan mengalami hal serupa karena adanya penyumbatan pada pembuluh darah yang membuat sirkulasi tidak lancar. 

6. Mual dan muntah

Segeralah Periksa, Ini 7 Tanda Kolesterol Tinggi yang Sering Diabaikanredstormscientific.com

Meski dikenal sebagai hal sederhana dan sering diabaikan, ternyata mual dan muntah dapat menjadi pertanda jika ia memiliki kolesterol yang tinggi dalam tubuhnya. Hal ini diakibatkan terganggunya saluran pencernaan sehingga mual dan muntah akan sering terjadi.

7. Pandangan kabur

Segeralah Periksa, Ini 7 Tanda Kolesterol Tinggi yang Sering Diabaikanparenting.firstcry.com

Pandangan mata menjadi kabur tidak hanya pertanda bagi mereka yang mengalami masalah kesehatan mata. Sebab, kondisi tersebut dapat berarti indikasi awal bahwa kamu terserang kolesterol tinggi. Hal ini terjadi karena adanya penyempitan pembuluh darah di daerah mata, yang diakibatkan oleh penumpukan kolesterol.

Agar tidak terjadi komplikasi dan berkembang menjadi penyakit yang lebih berbahaya, saat ada tanda-tanda tersebut sebaiknya segera periksakan dirimu ke dokter. Hal ini karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Apalagi penyakit jantung akibat kolesterol tinggi tidak memiliki obat yang pasti dapat menyembuhkannya.

Baca Juga: Hati-hati, Ini 5 Mitos Tentang Kolesterol yang Masih Banyak Dipercaya

Topic:

  • M. Tarmizi Murdianto
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya