Comscore Tracker

7 Gerakan & Olahraga untuk Meningkatkan Konsentrasi, Mudah Banget Kok!

Jangan sampai gagal fokus terus ya guys~

Kesulitan untuk fokus saat sedang berbicara atau belajar bisa menandakan jika kamu kesulitan berkonsentrasi. Dalam hal ini, sebaiknya kamu beristirahat terlebih dahulu atau mencoba gerakan dan olahraga sederhana yang bisa meningkatkan konsentrasi.

Apa saja gerakan dan olahraga tersebut? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

1. Mengangkat lutut

7 Gerakan & Olahraga untuk Meningkatkan Konsentrasi, Mudah Banget Kok!hergamut.com

Gerakan pertama yang dapat kamu lakukan adalah mengangkat lutut kanan hingga bersentuhan dengan siku kiri, dan sebaliknya. Meski sederhana, gerakan ini nyatanya dapat melatih keseimbangan otak kanan dan kiri, pernapasan, serta meningkatkan ketahanan tubuh.

2. Berdiri tegak dengan kaki menyilang dan tangan di dada

7 Gerakan & Olahraga untuk Meningkatkan Konsentrasi, Mudah Banget Kok!sites.google.com

Gerakan yang satu ini dapat membuat sistem saraf pada otak menjadi lebih rileks. Sehingga otak mampu berpikir dengan lebih jernih dan fokus. Caranya, berdirilah dengan tegak dan nyaman. Kemudian silangkan kedua kaki dan letakkan kedua tangan di depan dada secara menyilang.

3. Bermain catur

7 Gerakan & Olahraga untuk Meningkatkan Konsentrasi, Mudah Banget Kok!tech.thaivisa.com

Catur bukan hanya sekadar permainan untuk mengisi waktu luang, tetapi juga termasuk sebagai olahraga yang dapat meningkatkan fungsi kerja otak. Oleh karena itu, bermain catur dapat melatih kamu untuk menganalisis, berpikir mendalam, mengembangkan kecerdasan, dan meningkatkan konsentrasi.

Baca Juga: Inilah 7 Gerakan Olahraga di Rumah yang Cocok untuk Kamu Si Kurus!

4. Jalan kaki

7 Gerakan & Olahraga untuk Meningkatkan Konsentrasi, Mudah Banget Kok!meteoweb.eu

Jalan kaki merupakan salah satu olahraga alternatif yang dapat meningkatkan kinerja otak. Hal ini karena berjalan kaki dapat membuat tingkat kewaspadaaan dan kemampuan otak lebih baik. Oleh karena itu, cobalah lakukan hal yang satu ini 15-30 menit dalam sehari.

5. Bersepeda

7 Gerakan & Olahraga untuk Meningkatkan Konsentrasi, Mudah Banget Kok!pinterest

Selain menyenangkan, olahraga yang satu ini juga dapat membantu kamu mengurangi stres. Manfaat itulah yang membuat tubuh menjadi lebih rileks sehingga konsentrasi dapat meningkat serta dapat membantu kamu dalam mengelola emosi.

6. Lari

7 Gerakan & Olahraga untuk Meningkatkan Konsentrasi, Mudah Banget Kok!Pexels.com/Pixabay

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Department of Neurosciences, Karolinska Institutet, Swedia, mengungkapkan olahraga lari dapat meningkatkan pertumbuhan sel dalam hippocampus. Di mana lokasi tersebut berada di dalam otak yang memiliki tanggung jawab dalam proses belajar dan kinerja memori.

7. Aerobik

7 Gerakan & Olahraga untuk Meningkatkan Konsentrasi, Mudah Banget Kok!chiropractic.ca

Gerakan aerobik yang dinamis sangat baik bagi kesehatan tubuh. Di mana gerakan tersebut dapat meningkatkan kemampuan otak dan berperan sebagai pertolongan pertama saat sel-sel di otak mengalami kerusakan. Tidak hanya itu, melakukan gerakan aerobik juga dapat membuat tubuh terhindar dari stres.

Meningkatkan konsentrasi bukan lagi hal yang sulit. Nyatanya, dengan melakukan beberapa gerakan sederhana di atas saja sudah dapat membuat tubuh sehat, meningkatkan konsentrasi dan fokus, serta membuat tubuh menjadi lebih rileks dan terhindar dari stres. Untuk itu, cobalah beberapa gerakan tersebut.

Baca Juga: Bisa Lancarkan Persalinan, 7 Olahraga Ini Sangat Tepat Bagi Ibu Hamil

Topic:

  • M. Tarmizi Murdianto
  • Bayu D. Wicaksono

JADWAL SALAT & IMSAK

25
MEI
2019
20 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

Just For You