Comscore Tracker

Waspadai 7 Penyakit Degeneratif yang Mengancam Kamu di Usia Lanjut

Jaga kesehatan sejak masih di usia muda ya, guys~

Penyakit degeneratif merupakan kondisi kesehatan yang terjadi akibat memburuknya suatu jaringan atau organ tubuh seiring berjalannya waktu. Meski beberapa penyakit degeneratif dapat disembuhkan, akan tetapi ada juga beberapa jenis penyakit degeneratif lainnya yang tidak dapat disembuhkan dengan pengobatan apapun.

Oleh karena itu, hindari risiko munculnya penyakit degeneratif di masa tua dengan rajin berolahraga dan memulai pola hidup sehat. Berikut ini beberapa penyakit degeneratif yang perlu kamu ketahui.

1. Osteoporosis

Waspadai 7 Penyakit Degeneratif yang Mengancam Kamu di Usia Lanjutbankrate.com

Osteoporosis adalah penyakit degeneratif yang menyerang tulang sehingga tulang menjadi lemah dan rapuh. Hal ini karena adanya kerusakan jaringan tulang yang terjadi lebih cepat daripada produksi sel-sel tulang baru. Biasanya, pengobatan osteoporosis akan melibatkan obat-obatan terapi hormon dan suplemen kalsium serta vitamin D.

2. Hipertensi

Waspadai 7 Penyakit Degeneratif yang Mengancam Kamu di Usia Lanjutaopa.org

Hipertensi merupakan kondisi di mana tekanan darah meningkat tinggi dan selalu berada di atas 140/90 milimeter merkuri (mmHG). Penyakit degeneratif yang satu ini biasanya disebabkan oleh gaya hidup dan pola makan yang buruk. Bila dibiarkan begitu saja, kondisi ini nantinya dapat memicu komplikasi berbagai penyakit yang justru  mengancam nyawa.

3. Penyakit jantung

Waspadai 7 Penyakit Degeneratif yang Mengancam Kamu di Usia Lanjuthealth.usnews.com

Salah satu penyakit penyebab kematian terbesar di seluruh dunia ini dikenal juga dengan istilah penyakit kardiovaskuler. Biasanya, penyakit ini dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti penyumbatan pembuluh darah, gangguan irama jantung, gaya hidup yang buruk, pola makan yang tidak teratur, cacat jantung bawaan, dan sebagainya. Jika tidak mendapatkan pengobatan yang tepat, penyakit ini dapat memicu serangan jantung, stroke, gagal jantung, bahkan kematian.

Baca Juga: Duduk Terlalu Lama Bisa Picu 7 Penyakit Berbahaya Ini, Bahkan Kematian

4. Radang sendi

Waspadai 7 Penyakit Degeneratif yang Mengancam Kamu di Usia Lanjutmedicalnewstoday.com

Radang sendiri atau yang dalam bahasa medisnya disebut arthritis merupakan penyebab utama kecacatan dalam tubuh yang biasa diderita oleh seseorang. Selain itu, ternyata penyakit ini memengaruhi hampir seluruh kelompok manula saat menginjak masa tuanya. Untuk mencegahnya kamu dapat melakukan olahraga secara teratur dan berhenti berolahraga ketika sudah merasa lelah dan sakit.

5. Kanker

Waspadai 7 Penyakit Degeneratif yang Mengancam Kamu di Usia Lanjutmedicalnewstoday.com

Semakin bertambahnya usia maka risiko terkena beberapa jenis kanker akan semakin meningkat. Salah satu jenis kanker yang menyumbang angka kematian terbesar dalam uis tua adalah kanker paru-paru. Meski demikian, tidak menutup kemungkinan munculnya kanker lain, seperti kanker payudara, kanker prostat, dan sebagainya.

6. Diabetes tipe 2

Waspadai 7 Penyakit Degeneratif yang Mengancam Kamu di Usia Lanjutquickcash4teststrips.com

Diabetes tipe 2 atau yang juga dikenal dengan penyakit kencing manis merupakan kondisi di mana kadar gula dalam darah terlalu tinggi. Dalam banyak kasus, penyakit ini biasanya disebabkan oleh gaya hidup yang buruk dan serta pola makan yang tidak teratur. Jika tidak ditangani secara tepat dan segera, penyakit ini akan memicu kondisi berbahaya lain seperti gagal ginjal dan stroke.

7. Gangguan pendengaran dan penglihatan

Waspadai 7 Penyakit Degeneratif yang Mengancam Kamu di Usia Lanjutcarolinahearingandtinnitus.com

Penyakit degeneratif lainnya yang biasa muncul adalah jenis-jenis penyakit yang menyerang mata, seperti degenerasi makula, katarak, dan retinopati, dan penyakit yang menyerang pendengaran, seperti kehilangan pendengaran frekuensi tinggi. Hal-hal tersebut merupakan kondisi yang sangat umum terjadi saat kamu memasuki usia tua. Akan tetapi, keadaan tersebut bisa menjadi semakin parah jika kamu tetap memiliki kebiasaan dan gaya hidup yang buruk.

Beberapa jenis penyakit degeneratif di atas merupakan jenis penyakit yang biasanya muncul akibat gaya hidup buruk yang kamu tekuni saat masih dalam usia muda. Jika tidak ingin terkena salah satunya, sebaiknya mulai dari sekarang hindari kebiasaan dan gaya hidup buruk yang justru dapat merusak kesehatan dan kehidupan kamu.

Baca Juga: Hati-hati, 7 Penyakit Ini Ditandai Hanya dengan Gejala Mual pada Perut

Topic:

  • M. Tarmizi Murdianto
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You