Comscore Tracker

7 Fakta Mimisan Ini Perlu Kamu Tahu, Bisa Jadi Tanda Penyakit Serius

Jangan suka menganggap sepele, walau sekitarmu demikian

Mimisan merupakan kondisi di mana hidung mengeluarkan darah secara tiba-tiba. Meskipun tidak selalu menandakan kondisi kesehatan yang berbahaya, tetapi pendarahan hidung yang terjadi tanpa sebab perlu diwaspadai.

Nah, beberapa hal di bawah ini adalah fakta mengenai mimisan yang perlu kamu ketahui. Simak info lengkapnya!

1. Mimisan terjadi akibat pembuluh darah yang pecah

7 Fakta Mimisan Ini Perlu Kamu Tahu, Bisa Jadi Tanda Penyakit Seriusmedicalnewstoday.com

Kondisi mimisan di mana keluarnya darah dari hidung terjadi akibat adanya pembuluh darah di bagian hidung yang pecah. Hal tersebut karena hidung termasuk dalam salah satu bagian tubuh yang mengandung banyak pembuluh darah kecil yang mudah pecah. Namun, biasanya kondisi ini hanya terjadi pada satu lubang hidung saja. 

2. Mimisan terbagi menjadi dua

7 Fakta Mimisan Ini Perlu Kamu Tahu, Bisa Jadi Tanda Penyakit Seriusverywellhealth.com

Berdasarkan asal pendarahannya, ternyata mimisan terbagi menjadi dua jenis, yakni mimisan anterior dan posterior. Mimisan anterior merupakan pendarahan yang beradal dari pembuluh darah di bagian paling depan hidung. Sedangkan mimisan posterior merupakan pendarahan yang berasal dari arteri di bagian belakang hidung.

3. Anak-anak berisiko dua kali lipat mengalami mimisan

7 Fakta Mimisan Ini Perlu Kamu Tahu, Bisa Jadi Tanda Penyakit Seriusverywellhealth.com

Pada dasarnya mimisan merupakan kondisi umum yang dapat terjadi di semua kalangan usia. Namun ternyata, anak-anak memiliki kemungkinan mengalami kondisi pendarahan di hidung dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan dengan orang dewasa.

Baca Juga: Begini 8 Cara Menangani Mimisan dengan Cepat dan Efektif

4. Mimisan bisa jadi pertanda adanya kanker

7 Fakta Mimisan Ini Perlu Kamu Tahu, Bisa Jadi Tanda Penyakit Seriusverywellfamily.com

Meski, sebagian besar mimisan akan berhenti dengan sendirinya tanpa perawatan medis yang serius. Akan tetapi, sering mengalami mimisan ternyata juga bisa menjadi pertanda adanya penyakit serius, seperti kanker. Ada tiga jenis penyakit kanker yang sering menjadi penyebab mimisan, yakni: kanker nasofaring, leukemia dan limfoma.

5. Mimisan bisa terjadi pada ibu hamil

7 Fakta Mimisan Ini Perlu Kamu Tahu, Bisa Jadi Tanda Penyakit Seriusbabycentre.co.uk

Selama masa kehamilan, (calon) ibu akan cenderung lebih sering mengalami kehamilan. Akan tetapi, tidak perlu khawatir dengan hal tersebut.

Sebab, mimisan ringan dengan intensitas sesekali saat hamil tidak berbahaya bagi kondisi ibu dan janin. Biasanya kondisi ini terjadi karena perubahan hormon, fase kehamilan, dan alergi atau sinus.

6. Mimisan bisa terjadi akibat mengonsumsi obat pengencer darah

7 Fakta Mimisan Ini Perlu Kamu Tahu, Bisa Jadi Tanda Penyakit Seriusin-pharmatechnologist.com

Obat pengencer darah seperti aspirin dan ibuprofen ternyata memiliki efek samping yang dapat menyebabkan seseorang sering mengalami mimisan. Sebab, obat pengencer darah akan mengubah kemampuan darah untuk menggumpal dan juga membeku. Akibatnya, perdarahan di hidung tidak dapat terhindarkan dan sulit dihentikan, karena itu terjadilah mimisan. 

7. Faktor mimisan paling umum adalah udara yang kering

7 Fakta Mimisan Ini Perlu Kamu Tahu, Bisa Jadi Tanda Penyakit Seriusrd.com

Mimisan dapat terjadi di iklim panas dan kering, dengan kelembapan rendah atau perubahan musim. Suhu udara yang panas tersebut dapat menyebabkan lapisan hidung mengering, hingga terjadi keretakan dan pendarahan.

Pendarahan hidung atau mimisan ringan biasanya akan berhenti hanya dengan menekan hidung dalam waktu yang singkat. Akan tetapi, tidak semua mimisan terjadi dengan penyebab yang jelas dan dapat diatasi dengan mudah seperti itu.

Butuh perawatan medis lebih lanjut jika mimisan tidak kunjung berhenti. Oleh karenanya, jangan sepelekan hal ini jika terjadi.

Baca Juga: Jangan Panik, Kamu Bisa Menghentikan Mimisanmu dengan 8 Cara Mudah Ini

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You