Comscore Tracker

Sering Alami Bokong Sakit? Mungkin Ini 7 Penyebab yang Gak Kamu Sadari

Sakit di pantat memang sering terjadi pada banyak orang

Sakit di bagian bokong merupakan kondisi yang bisa menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita. Nyeri yang muncul saat kondisi ini terjadi akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Kasus bokong sakit ini sendiri jarang terjadi secara berkepanjangan dan menyebabkan keadaan buruk hingga masuk rumah sakit. Akan tetapi, sebaiknya ketahui beberapa penyebabnya agar tidak menimbulkan kepanikan. Berikut ini beberapa di antaranya!

1. Adanya saraf yang terjepit

Sering Alami Bokong Sakit? Mungkin Ini 7 Penyebab yang Gak Kamu Sadarikevinmd.com

Bokong terasa begitu menyakitkan mungkin bisa saja disebabkan karena adanya saraf yang terjepit. Biasanya, sakit tersebut akan dipicu terjepitnya saraf pada bagian pinggang atau punggung.

2. Penyumbatan pembuluh darah

Sering Alami Bokong Sakit? Mungkin Ini 7 Penyebab yang Gak Kamu Sadarirdmag.com

Pembuluh darah yang tersumbat dapat menciptakan berbagai kondisi kesehatan yang buruk. Rupanya, hal ini juga berlaku bagi sakit di daerah bokong. Aliran darah yang tidak lancar mampu menyebabkan kesemutan dan nyeri pada bagian tersebut.

3. Faktor usia

Sering Alami Bokong Sakit? Mungkin Ini 7 Penyebab yang Gak Kamu Sadarivideoblocks.com

Usia yang terus bertambah kerap kali menjadi faktor munculnya berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah sakit bokong, pinggang, dan punggung. Kerapuhan tulang yang semakin parah juga menyebabkan rasa sakit pada tubuh meningkat.

Baca Juga: Sambil Berdiri, Lakukan 5 Gerakan Mudah Ini untuk Kencangkan Pantatmu!

4. Adanya otot yang terkilir

Sering Alami Bokong Sakit? Mungkin Ini 7 Penyebab yang Gak Kamu Sadaribrightside.me

Area bokong bisa saja mengalami nyeri dan sakit akibat adanya otot bagian bawah seperti paha dan lutut terkilir. Ketika memasuki usia yang sudah tidak lagi muda, sebaiknya kurangi aktivitas fisik yang berlebihan.

5. Wasir

Sering Alami Bokong Sakit? Mungkin Ini 7 Penyebab yang Gak Kamu Sadaribuoyhealth.com

Wasir adalah pembengkakan yang terjadi di dalam saluran pembuangan. Pembengkakan ini menyebabkan beberapa pembuluh darah membesar dan kemungkinan terbesarnya adalah munculnya kondisi bokong yang sakit.

6. Efek samping obat tertentu

Sering Alami Bokong Sakit? Mungkin Ini 7 Penyebab yang Gak Kamu Sadariorganicdailypost.com

Tanpa disadari, meminum obat yang sembarang dapat memberikan efek buruk bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan tidak semua obat aman dikonsumsi dan gak ada jaminan tidak menimbulkan efek samping tertentu. Rasa sakit di bagian bokong dan nyeri bisa saja terjadi akibat konsumsi obat tertentu.

7. Efek dari menstruasi

Sering Alami Bokong Sakit? Mungkin Ini 7 Penyebab yang Gak Kamu Sadarimedicalnewstoday.com

Bagi perempuan, saat mengalami menstruasi, maka area rahim akan mengalami sedikit pembengkakan akibat ketegangan otot di sekitar pelvis, hingga otot di area bokong. Jika sudah seperti ini, wanita akan merasakan ngilu yang tidak tertahankan di bagian bokong, sehingga untuk duduk pun terasa tidak nyaman.

Itu dia beberapa kondisi yang menyebabkan kondisi bokong terasa sakit. Jika kamu merasa tidak nyaman dengan kondisi tersebut, tidak ada salahnya untuk mengunjungi dokter spesialis saraf, agar mendapatkan pemeriksaan secara lengkap.

Baca Juga: Punya Jerawat di Pantat? daripada Mengganggu, Ini 7 Cara Mengatasinya!

Topic:

  • M. Tarmizi Murdianto
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You