Comscore Tracker

Ketahui, Ini 7 Penyebab Rambut Beruban dan Cara Alami Menghilangkannya

Jangan sampai masa mudamu dipenuhi oleh rambut beruban!

Uban bisa saja muncul sebagai tanda jika kamu sudah tidak muda lagi. Akan tetapi, bagaimana dengan munculnya uban pada anak-anak ataupun remaja?

Walaupun jarang ditemui, akan tetapi bisa saja kondisi tersebut diakibatkan oleh beberapa hal yang buruk. Selain itu, untuk mengatasi munculnya uban kamu juga harus mengetahui penyebabnya. Oleh karena itu, simak informasi lengkapnya berikut ini.

1. Memiliki penyakit tertentu

Ketahui, Ini 7 Penyebab Rambut Beruban dan Cara Alami Menghilangkannyaallmyfamilycare.com

Ada beberapa penyakit yang bisa menyebabkan perubahan pada warna rambut, di antaranya adalah vitiligo, tumor, dan tiroid. Biasanya, gejala penyakit tersebut berupa rambut yang beruban diikuti dengan kejang, dan gangguan pendengaran.

2. Faktor genetik

Ketahui, Ini 7 Penyebab Rambut Beruban dan Cara Alami Menghilangkannyaforward.com

Salah satu penyebab berubahnya warna rambut menjadi abu-abu atau putih adalah faktor genetik. Riwayat keluarga yang memiliki faktor gen seperti ini akan meningkatkan risiko anak mengalami ubanan lebih cepat dibanding anak normal lainnya.

3. Faktor psikologis

Ketahui, Ini 7 Penyebab Rambut Beruban dan Cara Alami Menghilangkannyahealthline.com

Jangan heran jika ada sebutan bahwa orang yang mudah marah akan menjadi lebih cepat tua. Sebab, saat faktor psikologis seperti stres, khawatir, sedih, dan gelisah dirasakan secara berlebihan dapat memicu munculnya uban lebih cepat. Hal ini diakibatkan penurunan sel melanin karena berbagai permasalahan psikis tersebut.

Baca Juga: 10 Fakta Mengejutkan tentang Ketombe, Benarkah Bikin Rambut Rontok?

4. Kekurangan vitamin B12

Ketahui, Ini 7 Penyebab Rambut Beruban dan Cara Alami Menghilangkannyahealthyandnaturalworld.com

Vitamin B12 ternyata memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan rambut, kulit, kuku, dan produksi DNA serta RNA dalam tubuh. Oleh karena itu, tubuh yang kekurangan vitamin B12 dapat meningkatkan risiko perubahan warna rambut.

5. Cara mengatasi yang pertama: berhenti merokok

Ketahui, Ini 7 Penyebab Rambut Beruban dan Cara Alami Menghilangkannyajamaicahospital.org

Jika kamu seorang perokok aktif dan memiliki masalah pada warna rambut, sebaiknya segera berhenti. Sebab, rokok terbukti dapat menyebabkan penuaan dini pada tubuh termasuk pada rambut. Oleh karena itu, berusahalah untuk menghilangkan kebiasaan merokok dan jauhi asap rokok.

6. Cara mengatasi yang kedua: konsumsi nutrisi yang baik untuk rambut

Ketahui, Ini 7 Penyebab Rambut Beruban dan Cara Alami Menghilangkannyatheidleman.com

Para ahli sepakat jika salah satu cara untuk mencegah tumbuhnya uban di usia muda adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B12, vitamin B9, tembaga, dan zinc. Semua kandungan tersebut dapat kamu temukan dari bahan-bahan alami seperti telur, ikan, bayam, daging sapi, dan kacang-kacangan.

7. Cara mengatasi yang ketiga: gunakan lidah buaya

Ketahui, Ini 7 Penyebab Rambut Beruban dan Cara Alami Menghilangkannyamedcom.id

Oleskan getah lidah buaya dengan lembut pada kulit kepala dan bagian kepala lainnya yang mengalami uban. Setelah itu, bilas rambut menggunakan air dingin yang mengalir. Lakukan secara rutin agar warna rambut kembali hitam dalam waktu singkat.

Nah, itu dia beberapa penyebab munculnya uban dan cara sederhana yang dapat kamu lakukan untuk mengatasinya. Jadi, mulai dari sekarang sebaiknya perhatikan asupan makanan dan pola hidupmu. Sebab, rambut yang beruban bisa saja merusak penampilan.

Baca Juga: Sering Diabaikan, Ini 7 Penyebab Rambut Berketombe yang Umum Terjadi!

Topic:

  • M. Tarmizi Murdianto
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya