Comscore Tracker

7 Hal yang Wajib Dipersiapkan sebelum Donor Darah, Jangan sampai Lupa!

Bisa berbahaya kalau tidak dilakukan, lho...

Donor darah adalah prosedur sukarela untuk mentransfusikan darah kepada orang yang sedang dalam kondisi medis serius. Meski terbilang perbuatan yang mulia, namun tidak semua orang dapat mendonorkan darah. Nah, bagi kamu yang baru pertama kali ingin mendonorkan darah, sebaiknya ketahui beberapa hal berikut ini terlebih dahulu ya.

1. Pastikan kondisi tubuh sedang sehat

7 Hal yang Wajib Dipersiapkan sebelum Donor Darah, Jangan sampai Lupa!sarsaparillablog.net

Hal yang pertama dan paling utama sebelum mendonorkan darah adalah memiliki kondisi tubuh yang sehat. Oleh karenanya, pastikan kamu tidak dalam keadaan sakit, sekalipun itu demam. Kamu juga tidak boleh mendonorkan darah jika sedang dalam keadaan mengonsumsi obat setidaknya dalam kurun waktu tiga hari sebelum mendonorkan darah.

2. Makan makanan sehat dan teratur

7 Hal yang Wajib Dipersiapkan sebelum Donor Darah, Jangan sampai Lupa!fashionandfitness.in

Beberapa hari sebelum kamu hendak mendonorkan darah, sebaiknya konsumsi makan makanan sehat terlebih dahulu, seperti bayam, daging merah, dan makanan lain yang kaya akan zat besi. Selain itu, kamu juga perlu makan secara teratur sehingga kadar gula darah tetap stabil. Dikutip blood.co.uk, hal tersebut dilakukan agar kamu tidak merasa pusing setelah melakukan donor darah dan mengalami anemia.

3. Minum air mineral yang banyak

7 Hal yang Wajib Dipersiapkan sebelum Donor Darah, Jangan sampai Lupa!living-water.co.uk

Lebih dari setengah tubuh manusia merupakan cairan. Oleh karena itu, ketika kamu melakukan donor darah, maka kamu akan kehilangan cairan yang cukup banyak dan dapat menyebabkan tekanan darah turun hingga menimbulkan efek pusing. Dikutip healthline.com, The American Red Cross memberikan saran untuk minum sekitar dua cangkir terlebih dahulu sebelum mendonorkan darah. 

Baca Juga: 10 Orang yang Gak Boleh Donor Darah, Turuti Demi Kebaikan Bersama

4. Hindari aktivitas fisik yang berat

7 Hal yang Wajib Dipersiapkan sebelum Donor Darah, Jangan sampai Lupa!fitnessmagazine.ir

Sebelum mendonorkan darah, kamu harus menghindari untuk melakukan aktivitas yang terlalu berat, seperti mengangkat beban. Sebab, hal tersebut dapat mengakibatkan sulitnya nadi untuk ditemukan sehingga sulit pula tim pendonor mengambil darah kamu. Usahakan kondisi kamu agar tetap bugar tanpa harus melakukan hal yang berat.

5. Olahraga

7 Hal yang Wajib Dipersiapkan sebelum Donor Darah, Jangan sampai Lupa!thestyleshoes.com

Meskipun kamu tidak boleh melakukan aktivitas yang berat, akan tetapi kamu tetap boleh berolahraga lho. Namun perlu diingat jika olahraga yang boleh dilakukan hanyalah olahraga ringan seperti jalan santai, meditasi, dan sebagainya.

6. Istirahat yang cukup

7 Hal yang Wajib Dipersiapkan sebelum Donor Darah, Jangan sampai Lupa!womenofegyptmag.com

Tidur nyenyak dan cukup nyatanya sangat diperlukan bagi kamu yang ingin mendonorkan darah. Sebaiknya usahakan tidur dalam waktu 7 hingga 9 jam sebelum mendonor agar mengurangi risiko fatal, jika kamu merasa tidak sehat, seperti lemas dan pusing setelah donor darah.

7. Gunakan pakaian yang nyaman

7 Hal yang Wajib Dipersiapkan sebelum Donor Darah, Jangan sampai Lupa!donor2donor.com

Prosedur donor darah nyatanya cukup memakan waktu, sehingga kamu sebaiknya mengenakan pakaian yang nyaman. Tidak hanya itu, gunakanlah lengan pendek dan longgar. Jika kamu ingin mengenakan lengan panjang, sebaiknya pilih yang mudah digulung hingga di atas siku. 

Sebenarnya terdapat banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum mendonor, seperti mendaftarkan diri terlebih dahulu, dan menyiapkan mental karena menghadapi ukuran jarum yang cukup besar. Namun, yang paling terpenting adalah usahakan jika diri kamu benar-benar dalam keadaan sehat sebelum mendonorkan darah.

Baca Juga: 7 Tips Kesehatan untuk Pendonor Darah Rutin, Wajib Diperhatikan ya!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You