Comscore Tracker

5 Makanan Sehat untuk Kembalikan Energi Setelah HIIT Cardio

Tubuhmu perlu nutrisi setelah berolahraga

Olahraga dengan intensitas yang tinggi, seperti High Intensity Interval Training (HIIT) memiliki banyak manfaat untuk tubuh, terutama dalam menurunkan berat badan. Karena manfaatnya yang efektif dalam menurunkan berat badan dalam waktu singkat, HIIT cardio dilakukan oleh banyak orang hampir setiap hari. Namun, ketika menurunkan berat badan dengan melakukan sesi HIIT cardio, beberapa orang mungkin lupa memperhatikan asupan nutrisi yang dibutuhkan setelah berolahraga.

Orang yang melakukan aktivitas fisik cukup tinggi, seperti HIIT cardio membutuhkan makanan yang bernutrisi untuk mengembalikan energi yang terkuras selama olahraga supaya bisa melanjutkan aktivitas tanpa kelelahan. Untuk kamu yang gemar melakukan sesi olahraga HIIT hampir setiap hari, coba tambahkan kelima makanan berikut ini untuk mengembalikan energi setelah berolahraga agar tidak mudah lelah saat melakukan aktivitas lainnya sepanjang hari. 

1. Blueberry

5 Makanan Sehat untuk Kembalikan Energi Setelah HIIT Cardiopexels.com/@brigitte-tohm-36757

Blueberry merupakan buah yang kaya akan antioksidan, serat, dan vitamin. Buah yang satu ini sangat pas dijadikan post-workout meal, apalagi setelah melakukan sesi HIIT. Dilansir dari Healthline, olahraga menyebabkan beberapa jenis stress oksidatif, atau ketidakseimbangan antara radikal bebas dengan antioksidan di dalam tubuh. Oleh karena itu, penting untuk menambahkan makanan yang kaya akan antioksidan, seperti blueberry setelah berolahraga. Kamu bisa menambahkan blueberry ke dalam smoothie, sebagai toping untuk oatmeal, atau makan buahnya saja tanpa diolah sudah cukup untuk mengembalikan energimu

2. Telur

5 Makanan Sehat untuk Kembalikan Energi Setelah HIIT Cardiopexels.com/@cottonbro

Telur merupakan sumber protein lengkap yang dapat kamu konsumsi setelah sesi HIIT cardio. Dilansir dari Livestrong, telur tidak hanya kaya akan protein, tetapi juga mengandung sebagian vitamin dan mineral yang sesuai untuk memenuhi asupan nutrisimu. Namun, kita harus berhati-hati karena ancaman kolesterol tinggi yang terdapat di dalam telur.

Takaran yang pas antara kuning dan putih telur harus diperhatikan untuk menghindari kolesterol. Kamu bisa mencampurkan lima putih telur dan dua butir telur secara utuh agar tidak terlalu banyak mengonsumsi kuning telur yang tinggi akan kolesterol. Dengan porsi yang sesuai, kamu dapat mengonsumsi telur setelah olahraga HIIT cardio tanpa takut kolesterol.

3. Sayuran hijau 

5 Makanan Sehat untuk Kembalikan Energi Setelah HIIT Cardiopexels.com/@jhowell

Sayuran hijau memang dikenal kaya akan serat, vitamin, dan mineral. Saat diet, banyak orang menambahkan sayuran hijau ke dalam menu karena rendah kalori dan membuat perut kenyang lebih lama karena kandungan seratnya yang tinggi. Sama seperti blueberry, jenis sayuran hijau juga kaya akan antioksidan dan membantu meminimalkan radikal bebas yang dilepaskan selama HIIT. Banyak sekali variasi sayuran hijau yang dapat kamu konsumsi, beberapa diantaranya meliputi, bayam, selada air, dan kangkung yang mudah kamu temukan di  pasar atau supermarket.

Baca Juga: 7 Makanan Sehat dan Bergizi untuk yang Baru Sembuh dari COVID-19

4. Protein powder 

5 Makanan Sehat untuk Kembalikan Energi Setelah HIIT Cardiopexels.com/@samerdaboul

Protein powder atau biasa dikenal dengan bubuk protein bisa menjadi alternatif post-workout meal untuk kamu yang tidak punya banyak waktu untuk menyiapkan makanan setelah beroahraga. Dilansir dari Medical News Today, mengonsumsi bubuk protein setelah berolahraga dapat mempercepat pemulihan dan nyeri otot setelah berolahraga. Ini karena kandungan protein yang membantu memperbaiki otot dan jaringan yang rusak.

5. Alpukat 

5 Makanan Sehat untuk Kembalikan Energi Setelah HIIT Cardiopexels.com/@daria

Buah alpukat kaya akan magnesium yang bermanfaat untuk pemulihan otot. Alpukat juga dapat mencukupi 14 persen kebutuhan kalium harian untuk mengendalikan keseimbangan cairan dan aktivitas jantung serta otot lainnya. Seperti yang kita tahu, alpukat juga mengandung asam folat yang tinggi, vitamin K, vitamin C, dan B6 yang bermanfaaat sebagai anti inflamasi, unuk membantu meredakan peradangan yang disebabkan stress akibat olahraga. Karena manfaatnya yang baik untuk memulihkan energi setelah olahraga, kamu bisa mengolah buah alpukat dengan makanan pelengkap lainnya yang cocok. Dilansir dari healthline, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menikmati alpukat:

  • Dikombinasikan dengan telur
  • Jadikan toping roti panggang
  • Ditambahkan ke dalam smoothie
  • Tambahkan garam dan lada.

Beberapa cara di atas dapat kamu lakukan agar dapat menikmati alpukat dengan rasa yang berbeda. Kamu juga dapat mengkombinasikan alpukat dengan makanan sehat lainnya agar semakin banyak nutrisi yang masuk ke dalam tubuh.

Itulah kelima makanan yang dapat kamu konsumsi setelah sesi HIIT cardio yang membakar banyak kalori dan memerlukan banyak tenaga. Cukupi kebutuhan nutrisimu setelah berolahraga dengan intensitas tinggi agar tidak terasa lemas karena kehabisan energi. Selain kelima makanan di atas, kamu dapat menambahkan makanan sehat lainnya agar tidak membosankan.

Baca Juga: Hati-hati, 5 Makanan Sehat Ini Ternyata Dapat Memicu Alergi

Lois Maria Andries Photo Verified Writer Lois Maria Andries

19

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya