Comscore Tracker

5 Mitos seputar Morning Sickness yang Perlu Diketahui oleh Bumil

Morning sickness tidak saja dialami bumil pada pagi hari

Morning sickness adalah suatu kondisi yang membuat ibu hamil mengalami mual muntah serta merasa tidak fit pada saat kehamilan. Kondisi ini sering kali membuat ibu hamil khawatir dan mencari informasi mengenai morning sickness. Namun, tidak semua informasi bisa dipercaya karena banyak mitos seputar morning sickness yang beredar.

Dihimpun dari beberapa sumber, inilah beberapa mitos mengenai morning sickness yang tidak dapat dipercaya kebenarannya.

1. Morning sickness membahayakan janin

5 Mitos seputar Morning Sickness yang Perlu Diketahui oleh Bumililustrasi kehamilan (pexels.com/@lazaro-rodriguez-jr)

Morning sickness yang terjadi dalam intensitas normal tidak akan mengganggu perkembangan janin di dalam kandungan. Namun, jika kondisi mual dan muntah terjadi berulang kali dalam satu hari, sebaiknya periksakan diri ke dokter agar kondisi tersebut tidak berkembang menjadi hiperemesis gravidarum.

Kondisi tersebut memerlukan rawat inap di rumah sakit untuk mengisi kembali cairan dan vitamin yang hilang akibat morning sickness yang berlebihan.

2. Hanya terjadi pada pagi hari

5 Mitos seputar Morning Sickness yang Perlu Diketahui oleh Bumililustrasi morning sickness (unsplash.com/@zohre_nemati)

Gejala morning sickness memang banyak dialami oleh ibu hamil pada pagi hari. Namun, tidak semua ibu hamil mengalami mual dan muntah hanya pada pagi hari. Beberapa ibu hamil bisa saja merasakan gejala morning sickness pada siang dan malam hari.

Selain itu, ibu hamil dengan tingkat morning sickness yang parah bisa mengalami gejala mual dan muntah sepanjang hari. 

Baca Juga: 5 Minuman dan Makanan yang Cocok untuk Mengatasi Morning Sickness

3. Ibu hamil yang mengalami morning sickness hanya sedikit

5 Mitos seputar Morning Sickness yang Perlu Diketahui oleh Bumililustrasi kehamilan (pixabay.com/pexels)

Beberapa orang mungkin berpikir bahwa tidak semua ibu hamil mengalami kondisi morning sickness. Dilansir American Pregnancy Association, 85 persen perempuan hamil mengalami mual dan muntah selama kehamilan dan 60-70 persen di antaranya mengalami gejala yang normal.

Melihat data tersebut, dapat dibuktikan bahwa kebanyakan perempuan hamil mengalami kondisi morning sickness.

4. Saat mual, lebih baik tidak makan daripada mengonsumsi makanan tidak sehat

5 Mitos seputar Morning Sickness yang Perlu Diketahui oleh Bumililustrasi pola makan ibu hamil (pexels.com/Amina Filkins)

Beberapa ibu hamil mungkin berusaha untuk menghindari makanan yang menurutnya kurang sehat meskipun nafsu makan berkurang akibat morning sickness. Padahal, mengonsumsi makanan apa saja yang membuat kita berselera untuk makan dapat dilakukan agar tubuh kita mempunyai tenaga dalam beraktivitas selama kehamilan.

Dilansir Cleveland Clinic, jika makanan sehat membuat tubuh merasa mual, ibu hamil dapat mengganti dengan makanan sesuai selera dan mencoba mengonsumsi makanan yang sehat secara perlahan agar terbiasa.

5. Morning sickness hanya terjadi pada kehamilan pertama

5 Mitos seputar Morning Sickness yang Perlu Diketahui oleh Bumililustrasi morning sickness (kernodle.com)

Mitos terakhir mengenai morning sickness yang sering kita dengar adalah hanya terjadi pada kehamilan pertama saja. Padahal, ibu hamil dengan kondisi morning sickness pada kehamilan pertama bisa saja mengalaminya lagi pada kehamilan selanjutnya.

Selain itu, morning sickness pada kehamilan kedua biasanya akan berbeda dengan kehamilan pertama, tergantung gejala yang dialami oleh ibu hamil.

Kelima daftar mitos seputar morning sickness di atas mungkin pernah kamu dengar sebelumnya. Karena sudah tahu kebenarannya, jangan salah lagi, ya! Gejala morning sickness yang terjadi saat hamil dalam kebanyakan kasus merupakan hal yang wajar. Namun, ibu hamil tetap harus berhati-hati dalam menjaga nutrisi selama kehamilan agar kandungannya tetap sehat.

Baca Juga: Hiperemesis Gravidarum: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Lois Maria Andries Photo Verified Writer Lois Maria Andries

19

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya