Comscore Tracker

Punya Efek Menenangkan, Konsumsi 5 Makanan Ini saat Stres

Bermanfaat juga untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh

Mengalami stres adalah suatu hal yang wajar dan kadang tak bisa dihindari. Namun, yang tidak wajar adalah membiarkan stres hingga berlarut-larut atau stres kronis.

Mengelola stres sangat penting agar tidak mengganggu aktivitas serta demi kesehatan mental yang lebih baik. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meredakan stres, misalnya dengan liburan, atau hal-hal sederhana seperti curhat dengan orang yang dipercaya, atau bahkan lewat pola makan. 

Bukan malah makan tak terkendali atau emotional eating, berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang dapat membantu meredakan stres agar dirimu lebih tenang. 

1. Kimchi

Punya Efek Menenangkan, Konsumsi 5 Makanan Ini saat Stresfreepik.com/topntp26

Terbukti mempunyai kandungan probiotik yang tinggi, kimchi dapat meredakan stres. Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Psychiatry Research tahun 2015, beberapa orang yang mengonsumsi makanan fermentasi lebih sedikit mengalami kecemasan sosial (social anxiety) dibandingkan dengan yang tidak.

Selain kimchi, makanan fermentasi atau yang mengandung probiotik lainnya juga bisa kamu konsumsi untuk mengurangi stres yang dialami.

2. Dark chocolate

Punya Efek Menenangkan, Konsumsi 5 Makanan Ini saat Stresfreepik.com/8photo

Berbagai penelitian telah menemukan bahwa dark chocolate dapat mengurangi hormon yang menyebabkan stres, termasuk kortisol.

Melansir Verywell Minddark chocolate merupakan jenis cokelat yang ampuh untuk meredakan stres dibandingkan dengan white chocolate.

Antioksidan yang terkandung dalam dark chocolate membuat dinding pembuluh darah menjadi relaks, meningkatkan sirkulasi, dan menurunkan tekanan darah. Selain dapat meredakan stres, dark chocolate juga baik untuk kesehatan tubuh dan bisa jadi teman baik saat diet, tetapi konsumsinya tetap harus dalam porsi wajar.

Baca Juga: 6 Teknik Yoga untuk Mengatasi Stres, Simpel Tak Perlu Keluar Rumah

3. Rumput laut

Punya Efek Menenangkan, Konsumsi 5 Makanan Ini saat Stresfreepik.com/timolina

Rumput laut yang biasa digunakan untuk menggulung sushi ternyata juga berperan dalam meredakan stres. Melansir Health, rumput laut mengandung yodium yang bermanfaat untuk mencegah rasa lelah dan depresi. Kamu bisa mengolah rumput laut menjadi sushi jika ingin menikmatinya dengan rasa yang lezat.

4. Oatmeal

Punya Efek Menenangkan, Konsumsi 5 Makanan Ini saat Stresfreepik.com/lifeforstock

Cobalah mengganti menu karbohidrat simpleks yang selama ini kamu konsumsi dengan oatmeal. Mengandung karbohidrat kompleks yang menyehatkan, oatmeal juga punya khasiat untuk menurunkan tingkat stres.

Sebenarnya karbohidrat dapat menurunkan stres. Namun, oatmeal merupakan pilihan karbohidrat kompleks yang sehat, sehingga bila dikonsumsi tidak akan meningkatkan gula darah. Perlu diketahui, lonjakan gula darah malah dapat memicu stres.

5. Teh hijau

Punya Efek Menenangkan, Konsumsi 5 Makanan Ini saat Stresfreepik.com/ededchechine

Teh hijau bisa menjadi minuman yang menenangkan untuk dikonsumsi saat stres melanda.

Merujuk pada sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal J-Stage pada tahun 2017, ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi teh hijau memiliki tingkat stres yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang tidak meminumnya. Ini mungkin terjadi berkat kandungan L-theanine, yang mana senyawa tersebut bermanfaat untuk mengurangi tingkat kecemasan.

Meski sering kali stres tak bisa dihindari, tetapi kita harus menyiapkan strategi untuk mengelola stres dengan baik. Bisa dengan meditasi, olahraga, latihan pernapasan dalam, bahkan bisa lewat pola makan dengan mengonsumsi makanan-makanan yang disebutkan di atas tadi. Meski begitu, bila stres dirasa begitu berat dan memunculkan gejala depresi, sebaiknya konsultasi dengan ahli kesehatan jiwa yang kompeten agar bisa ditangani dengan benar.

Baca Juga: 9 Cara Melepas Stres dengan Cepat dan Mudah, Hitungan Menit!

Lois Maria Andries Photo Verified Writer Lois Maria Andries

19

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya