Comscore Tracker

Sering Ngemil sebelum Tidur? Ini 5 Tipsnya biar Gak Nguyah Terus

Ngemil tiap malam bahaya buat berat badan, lho

Walau sudah makan malam, tapi beberapa orang senang ngemil sebelum tidur. Misalnya keripik singkong, biskut, popcorn, atau camilan lainnya. Bahkan, bagi beberapa orang ini sudah menjadi kebiasaan.

Padahal, kebiasaan menikmati camilan sebelum tidur bisa berdampak buruk bagi kesehatan, atau bisa bikin progam diet untuk menurunkan berat badan gagal total.

Maka dari, hentikan kebiasaan ngemil bila sudah waktunya tidur agar berat badan terjaga. Buat kamu yang kesulitan menghentikan kebiasaan tersebut, coba, deh tips berikut ini!

1. Cari tahu kenapa kamu ingin ngemil di malam hari

Sering Ngemil sebelum Tidur? Ini 5 Tipsnya biar Gak Nguyah Terusfreepik.com/teksomolika

Bila mau kebiasaan ngemil pada malam hari berkurang, cari tahu terlebih dulu apa penyebabnya. 

Melansir Healthline, keinginan tersebut bisa muncul karena beberapa alasan. Misalnya kurangnya asupan makanan sepanjang hari, tidak mampu mengelola stres dengan baik, atau adanya gangguan makan tertentu.

Bila sudah mengetahui penyebabnya, kamu bisa mengatur strategi untuk mengatasi keinginan melahap camilan sebelum tidur. Bila perlu, cari bantuan profesional.

2. Tidur malam tepat waktu

Sering Ngemil sebelum Tidur? Ini 5 Tipsnya biar Gak Nguyah Terusfreepik.com/gpointstudio

Kebiasaan tidur larut malam, misalnya karena begadang nonton drama Korea atau bermain gawai bisa menimbulkan atau meningkatkan keinginan untuk ngemil pada malam hari.

Untuk mencegahnya, biasakan tidur tepat waktu dan jauhkan diri dari televisi atau perangkat elektronik lainnya, supaya keinginan untuk ngemil terkontrol.

Bila kamu memiliki pola tidur yang baik dan teratur, tubuh lama-lama akan terbiasa beristirahat tepat waktu. Dari situ, kebiasaan ngemil larut malam pun akan berkurang karena kamu sudah tidur pada jam yang biasanya kamu habiskan untuk makan camilan.

Baca Juga: 8 Kacang Tinggi Protein, Teman Baik saat Ngemil

3. Mengelola stres dengan baik

Sering Ngemil sebelum Tidur? Ini 5 Tipsnya biar Gak Nguyah Terusfreepik.com/lookstudio

Kondisi stres juga adalah salah satu pemicu ngemil berlebihan. Melansir Livestrong, tingkat stres yang berlebihan akan memicu tubuh melepaskan hormon kortisol yang berperan dalam meningkatkan nafsu makan.

Selain karena hormon kortisol, beberapa orang biasanya ingin melupakan rasa stres dengan makan camilan yang disukai, terutama makanan manis atau tinggi kalori. Kalau itu terus berulang, lama-lama akan memicu kenaikan berat dan bisa mengundang banyak penyakit bila sampai mengalami obesitas.

Bila kamu sedang dalam kondisi stres karena pekerjaan atau hal lainnya, belajarlah untuk mengelolanya dengan baik. Misalnya dengan melakukan aktivitas menenangkan atau menyenangkan. Bisa dengan olahraga, melakukan hobi, mendengarkan musik, menulis jurnal, memasang aromaterapi favorit sambil membaca buku, dan masih banyak lagi.

4. Jangan menyimpan snack terlalu banyak 

Sering Ngemil sebelum Tidur? Ini 5 Tipsnya biar Gak Nguyah Teruspexels.com/Edu Carvalho

Jika ingin kebiasaan ngemil berkurang, ya jangan menyimpan banyak stok camilan untuk dimakan. Kurangilah membeli snack kemasan seperti keripik kentang, biskut, kue, dan sebagainya agar bisa membatasi kebiasaan ngemil pada malam hari.

Gantikan camilan yang biasa kamu beli dengan makanan sehat, seperti buah-buahan. Bila keinginan ngemil itu datang, setidaknya yang kamu makan adalah buah-buahan yang malah bisa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harianmu.

5. Perhatikan porsi makanmu sepanjang hari

Sering Ngemil sebelum Tidur? Ini 5 Tipsnya biar Gak Nguyah TerusIlustrasi Makan Sehat. IDN Times/Mardya Shakti

Sering melewatkan sarapan atau makan siang? Kebiasaan tersebut bisa saja menjadi alasan mengapa kamu merasa lapar pada malam hari.

Saat kamu melewatkan jam makan, kamu pastinya akan merasa lebih lapar pada malam hari. Akibatnya, kamu akan melahap banyak makanan karena rasa lapar yang membuat rasa tak nyaman untuk tidur.

Agar hal itu tak terjadi, atur pola makanmu dengan baik dengan porsi tepat dan makan tepat waktu. Ngemil tidak dilarang, kok. Kamu bisa melakukannya di sela waktu makan besar. Pilihlah camilan sehat seperti buah-buahan, kacang-kacangan, atau yoghurt.

Menghentikan kebiasaan ngemil pada malam hari mungkin akan terasa sulit saat awal mencobanya. Namun, bila tips di atas dilakukan dengan disiplin dan dengan motivasi untuk kesehatan yang lebih baik, kamu pasti bisa!

Baca Juga: Apakah Popcorn Termasuk Camilan Sehat? Simak 5 Faktanya Ini

Lois Maria Andries Photo Verified Writer Lois Maria Andries

19

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya