Comscore Tracker

5 Sebab Makan Berlebihan saat Bekerja dari Rumah, Gak Ada yang Negur! 

Bikin berat badan lebih cepat naik

Bekerja dari rumah memang menawarkan fleksibilitas waktu yang lebih tinggi. Tak heran apabila setelah pandemik, sebagian orang ingin meneruskan sistem bekerja dari rumah. Akan tetapi, ada sisi lain yang kurang diharapkan.

Yaitu, kecenderungan kamu makan berlebihan selama bekerja dari rumah. Ini membuat berat badanmu lebih cepat bertambah. Dalam jangka panjang, bahaya obesitas dan masalah kesehatan lainnya tentu mengintai.

Sebenarnya, ini bukan salah sistem kerjanya yang dilakukan dari rumah. Namun, ada kebiasaan-kebiasaan yang tampak sepele, tetapi kurang baik dan terus diulangi. Apa sajakah itu?

1. Tidak ada yang menegurmu kalau makan terus

5 Sebab Makan Berlebihan saat Bekerja dari Rumah, Gak Ada yang Negur! ilustrasi makan sambil bekerja (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Keluarga di rumah bahkan senang jika kamu sering makan. Mereka biasanya khawatir bila kamu sampai lupa makan saat seharian di kantor. Pasanganmu pun sengaja memasak menu-menu istimewa selama kamu bekerja dari rumah.

Tidak begini apabila kamu bekerja dari kantor. Gak usah menunggu teguran teman atau atasan pun, kamu pasti merasa malu jika ketahuan makan terus selama bekerja. Belum lagi jika ada aturan ketat yang melarang karyawan membawa makanan ke ruang kerja. 

2. Melewatkan jam sarapan

5 Sebab Makan Berlebihan saat Bekerja dari Rumah, Gak Ada yang Negur! ilustrasi minum kopi (pexels.com/Kampus Production)

Ketika kamu harus pergi ke kantor, sarapan menjadi prioritasmu. Soalnya bila sampai terlewatkan, kamu akan kesulitan buat sarapan di kantor. Siang pun kadang masih ada tugas yang tak bisa ditinggalkan.

Namun saat bekerja dari rumah, kamu merasa bisa makan kapan saja. Apabila kamu merasa belum lapar di pagi hari, jam sarapan diganti dengan langsung bekerja. Perut cukup diisi secangkir kopi atau teh.

Memang benar waktu makanmu berkurang satu. Akan tetapi, siangnya kemungkinan besar kamu bakal makan dalam porsi jauh lebih banyak. Terutama karbohidratnya dan pilihan lauk yang berlemak tinggi. Dengan kata lain, kamu menjadi kalap gara-gara melewatkan sarapan.

Baca Juga: 5 Tips Mudah untuk Mengatasi Burnout, Gak Perlu Stres! 

3. Setiap mengantuk atau bosan, makan dulu deh

5 Sebab Makan Berlebihan saat Bekerja dari Rumah, Gak Ada yang Negur! ilustrasi makan sambil kerja (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Di kantor rasa kantuk atau bosan paling hanya kamu tepis dengan minum air putih agar tubuh segar kembali. Atau, mengobrol sebentar dengan teman dan berjalan-jalan di lorong kantor sekalian melemaskan otot.

Akan tetapi di rumah, kegiatan makanlah yang kerap menjadi pelarian. Baru satu jam bekerja, rasanya kamu sudah perlu mengambil camilan lagi. Atau berdalih istirahat sejenak, tetapi waktunya digunakan buat memesan makanan secara online.

4. Bekerja dari rumah sambil mengasuh anak

5 Sebab Makan Berlebihan saat Bekerja dari Rumah, Gak Ada yang Negur! ilustrasi bekerja dan mengasuh (pexels.com/Jep Gambardella)

Satu sisi, inilah alasan kamu memilih bekerja dari rumah. Kamu jadi dapat mengasuh anak, tidak perlu lagi menitipkannya pada pihak lain. Hanya saja, mengasuh anak sambil bekerja tentunya membuat rasa capekmu dobel, baik secara fisik maupun psikis.

Kondisi seperti ini bisa mendorongmu untuk terus makan, berharap rasa lelah dan stres berkurang. Belum lagi ketika anak tidak menghabiskan makanannya. Kamu merasa sayang dan menyantapnya. Padahal, tadi kamu juga telah makan.

5. Pindah bekerja di kafe, pastinya harus order dong

5 Sebab Makan Berlebihan saat Bekerja dari Rumah, Gak Ada yang Negur! ilustrasi bekerja di kafe (pexels.com/Kampus Production)

Setiap hari bekerja dari rumah tentunya bisa bikin kamu bosan. Tidak ada orang lain seperti rekan-rekan di kantor. Kamu membutuhkan udara segar sekaligus bertemu dengan lebih banyak orang.

Kafe biasanya menjadi pilihan yang dirasa paling tepat. Sayangnya, bekerja dari kafe mengharuskanmu memesan sejumlah makanan dan minuman. Kamu pun akan merasa malu kalau berlama-lama di sana tanpa memesan cukup banyak menu.

Jadilah 2 jam saja di kafe bisa bikin asupan kalorimu setara atau bahkan melebihi dua kali makan biasa di rumah. Apalagi bila sekalian bertemu teman. Tidak terasa kamu hanya lebih banyak mengunyah dan mengobrol ketimbang bekerja.

 

Akibat buruk dari makan berlebihan saat bekerja dari rumah baru akan terasa berbulan-bulan kemudian. Selain tidak mudah untuk menurunkan berat badan yang telanjur naik, kesehatanmu barangkali juga terganggu.

Tidak apa-apa untukmu meneruskan bekerja dari rumah. Namun, kontrollah kelima hal di atas dan tetaplah beraktivitas fisik. Hindari menjadi mager parah supaya kesehatanmu tetap prima.

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Konsentrasi Tetap Prima saat Bekerja dari Rumah

Marliana Kuswanti Photo Verified Writer Marliana Kuswanti

Esais, cerpenis, novelis. Senang membaca dan menulis karena membaca adalah cara lain bermeditasi sedangkan menulis adalah cara lain berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya