Comscore Tracker

5 Dampak Negatif Bagi Kesehatan Akibat Jarang Berolahraga

Ayo lawan malasmu, untuk hidup yang lebih sehat

Mengeluarkan keringat sangat baik untuk tubuh tapi, tidak juga berlebihan karena berdampak buruk buat kesehatan. Dan sama halnya jika tidak mengeluarkan keringat akan dapat mengancam kesehatan. Apabila setiap pagi kamu absen berolahraga ditambah lagi pekerjaan yang tidak berat, pasti kamu tidak berkeringat maka tubuh mudah lemas. 

Untuk itu, penting menyadari bahaya jika tubuh malas bergerak. Dan berikut 5 dampak negatif bagi kesehatan apabila kamu jarang olahraga. 

1. Sistem metabolisme tubuh berkurang

5 Dampak Negatif Bagi Kesehatan Akibat Jarang BerolahragaPexels/Maycon Marmo

Tidak berkeringat akan membuat sistem metabolisme tubuh menurun. Pasalnya, dengan berkeringat akan membantu antibiotik menyebar ke seluruh tubuh. Hal ini sangat membantu mengatasi serangan ancaman dari luar tubuh seperti penyakit menyerang kulit. Dan pada saat ini antibiotik bekerja sebagai penangkal. Apabila kita tidak berkeringat, maka antibiotik tidak bekerja dengan baik. 

2. Akan rentan terkena stres

5 Dampak Negatif Bagi Kesehatan Akibat Jarang BerolahragaPexels/rawpixel.com

Jarang olahraga ternyata dapat memicu stres. Hal ini terjadi akibat tubuh tidak menghasilkan hormon endorfin yang tugasnya penangkal stres. Tetapi jika hormon endorfin sulit keluar akibat keringat tidak keluar, maka dengan waktu cepat akan terkena stres. Kalau sudah seperti itu, kamu akan sulit serius dalam mengerjakan suatu pekerjaan. 

3. Memicu sakit batu ginjal

5 Dampak Negatif Bagi Kesehatan Akibat Jarang Berolahragadrugsafetynews.com

Berkeringat berfungsi untuk mengeluarkan racun dalam tubuh. Jika racun itu mengendap di tubuh akan memicu sakit batu ginjal. Bahaya sekali jika kamu malas olahraga dan sering berada di ruang AC yang dingin, pasti kemungkinan akan sedikit mengeluarkan keringat. 

Jadi, solusinya usahakan olahraga sebelum melakukan berbagai aktivitas. Itu akan sangat membantu kamu agar tidak memicu penyakit batu ginjal. 

Baca Juga: 6 Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Dapatkan dari Olahraga Bersepeda

4. Tekanan darah naik

5 Dampak Negatif Bagi Kesehatan Akibat Jarang BerolahragaPexels/rawpixel.com

Malas bergerak sehingga sedikit menghasilkan keringat tentu menambah jumlah natrium dalam tubuh. Hal ini membuat kamu harus usahakan mengeluarkan keringat yaitu dengan cara berolahraga agar, natrium berkurang sehingga tidak memicu darah tinggi. Jika sudah naiknya tekanan darah akan membuat penyakit lainnya menyerang tubuh secara bergantian. 

5. Membuat luka sulit sembuh

5 Dampak Negatif Bagi Kesehatan Akibat Jarang BerolahragaPexels/rawpixel.com

Luka yang sulit kering tentu membuat lama proses penyembuhan. Situasi ini terjadi akibat tubuh jarang berkeringat. Perlu kamu ketahui, kelenjar keringat ekrin akan aktif jika tubuh sudah berkeringat. Sebab kelenjar ekrin berfungsi mendinginkan tubuh dan sel akan aktif. Sehingga baik untuk menyembuhkan luka. 

Nah, itu tadi penjelasan tentang 5 dampak negatif bagi tubuh jika kamu jarang berolahraga. Mulai sekarang, lawan malas dan ciptakan pola hidup yang sehat. 

Baca Juga: Paling Dicintai, 5 Olahraga Pemersatu Bangsa di Berbagai Negara

Martha Telaumbanua Photo Community Writer Martha Telaumbanua

Penulis muda yang selalu berkarya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You