Comscore Tracker

5 Manfaat Jagung bagi Kesehatan, Bikin Sehat Jantung hingga Ibu Hamil

Banyak biji sebanding dengan manfaatnya lho

Jagung sangat mudah ditemui di pasar dengan harga terjangkau. Di mana jagung merupakan salah satu sumber karbohidrat yang tinggi selain nasi. Jagung juga dapat diolah dalam berbagai macam olahan seperti popcorn, jagung rebus dan bakar, atau lain-lainnya.

Nah, jagung ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Apa saja? Yuk simak lebih lanjut ulasan manfaat jagung berikut ini.

1. Menyehatkan jantung

5 Manfaat Jagung bagi Kesehatan, Bikin Sehat Jantung hingga Ibu HamilPexels/Pixabay

Tidak banyak yang mengetahui bahwa jagung sangat baik untuk kesehatan jantung. Pasalnya, jagung memiliki kandungan carotenoid yang bersifat menurunkan risiko penggumpalan arteri. 

2. Menjaga kesehatan mata

5 Manfaat Jagung bagi Kesehatan, Bikin Sehat Jantung hingga Ibu HamilPexels/gratisography

Jika secara rutin kita mengonsumsi jagung ternyata ampuh untuk menyehatkan mata. Pasalnya, kandungan carotenoid dalam jagung dapat menurunkan risiko kerusakan pada mata di usia senja. 

Baca Juga: 6 Khasiat Terpendam Jagung Muda 'Putren' untuk Kesehatan Kita

3. Baik untuk ibu hamil

5 Manfaat Jagung bagi Kesehatan, Bikin Sehat Jantung hingga Ibu HamilPexels/Pixabay

Tidak perlu ditakutkan lagi bagi ibu hamil untuk mengonsumsi jagung pasalnya, jagung adalah makanan yang kaya akan asam folat. Dan asam folat merupakan nutrisi yang sangat diperlukan dalam menurunkan risiko cacat pada bayi. 

4. Menjaga sistem pencernaan

5 Manfaat Jagung bagi Kesehatan, Bikin Sehat Jantung hingga Ibu Hamilfreepik.com

Selain baik untuk ibu hamil ternyata serat dalam jagung sangat membantu untuk melancarkan sistem pencernaan. Dan menurut penelitian, satu porsi jagung dapat memenuhi kebutuhan 10 persen serat setiap hari.

5. Menjaga tubuh dari kanker

5 Manfaat Jagung bagi Kesehatan, Bikin Sehat Jantung hingga Ibu HamilPexels/rawpixel.com

Manfaat ajaib lain dari jagung adalah dapat menjaga tubuh dari kanker. Pasalnya, jagung memiliki antioksidan yang ampuh melawan kanker dan perlu diingat jagung berperan untuk membunuh sel kanker tetapi tanpa merusak sel sehat lainnya dalam tubuh. 

Baca Juga: 4 Manfaat Bihun Jagung, Cocok untuk Penderita Diabetes!

Martha Telaumbanua Photo Community Writer Martha Telaumbanua

Penulis muda yang selalu berkarya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You