Comscore Tracker

5 Efek Samping Kebiasaan Makan yang Terburu-buru

Makan terburu-buru bisa tersedak! 

Makan merupakan suatu prioritas untuk dilakukan. Dengan makan, dapat melangsungkan hidup manusia dalam jangka waktu yang panjang. Makanan sehat dan bergizi menjadi sumber terbaik bagi tubuh, agar tidak mudah terserang penyakit. 

Tidak cukup dengan itu, makan juga memiliki tata cara. Yaitu, makan tanpa terburu-buru dan mengunyah makanan sampai lunak baru dapat ditelan. Tetapi kebanyakan orang, makan dengan sesuka hati karena mengejar waktu. Akibatnya, menimbulkan hal fatal dan berbagai penyakit. 

Perhatikan penjelasan berikut, tentang lima efek samping makan terburu-buru bagi kesehatan. 

1. Tersedak

5 Efek Samping Kebiasaan Makan yang Terburu-buruideahacks.com

Makan terburu-buru mengakibatkan makanan dalam mulut tidak dapat ditelan dengan baik, sehingga dapat tersedak. Situasi ini akan membuat kamu mengalami gangguan proses pernapasan dalam waktu singkat. 

Jika tidak segera minum, maka akan terjadi kesalahan yang fatal. Untuk itu hindari makan terburu-buru, agar dapat dikunyah dengan baik. 

2. Menyebabkan asam lambung

5 Efek Samping Kebiasaan Makan yang Terburu-burum.hindustantimes.com

Asam lambung bisa terjadi karena makan dengan terburu-buru. Pasalnya, saat menelan dalam jumlah yang banyak dan didalam waktu bersamaan akan menimbulkan gejala nyeri dan sensasi terbakar. Sehingga dalam waktu singkat, kamu akan merasakan sakit kepala, mual, sakit perut dan sulit menelan makanan. 

3. Terkena sariawan

5 Efek Samping Kebiasaan Makan yang Terburu-burum.dailyhunt.in

Makan terburu-buru dapat menimbulkan sariawan. Karena saat mengunyah dengan buru-buru akan membuat bibir dan lidah tergigit. Sehingga, menimbulkan sariawan dan membutuhkan waktu lama untuk sembuh. Jika sudah sariawan, akan membuat nafsu makan hilang dan sakit waktu mengunyah makan. 

Baca Juga: 5 Pesan Tentang Cara Makan Sehat yang Dapat Kita Pelajari Dari Bayi

4. Membuat berat badan berlebih

5 Efek Samping Kebiasaan Makan yang Terburu-burupixabay.com/Taniadimas

Berat badan bisa bertambah apabila makan dengan buru-buru. Sebab makanan yang tidak dikunyah dengan baik, sangat sulit untuk dicerna sehingga akan mudah lapar. Hal ini merupakan kebiasaan buruk sampai dapat memicu penyakit berbahaya lainnya. 

5. Sistem pencernaan dapat terganggu

5 Efek Samping Kebiasaan Makan yang Terburu-buruPexels/rawpixel.com

Pencernaan akan mudah terhambat jika makan dengan terburu-buru. Pasalnya, jumlah makanan dalam perut memiliki ukuran besar dan keras sehingga tidak mudah dihancurkan. Hal ini menimbulkan susah buang besar dan sakit perut yang sampai berhari-hari. 

Itu tadi lima efek samping yang timbul akibat makan terburu-buru. Jangan jadikan kebiasaan buruk merusak kesehatanmu. Segera hindari, ya! 

Baca Juga: 7 Cara Makan yang Selama Ini Masih Keliru, Kamu Juga Gak?

Martha Telaumbanua Photo Community Writer Martha Telaumbanua

Penulis muda yang selalu berkarya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You