Comscore Tracker

10 Trik Sederhana Ini Ternyata Membuat Olahragamu Jauh Lebih Efektif

Gak pakai ribet, berat lebih cepat turun

Olahraga memang sudah merupakan sebuah gaya hidup, bahkan bisa dibilang sebagai kebutuhan. Melalui adanya olahraga, kebugaran dan kesehatan tubuh kita pun tetap terjaga.

Ada pula orang-orang yang ingin membentuk badan mereka menjadi ideal, baik itu pria maupun wanita, melalui olahraga. Jika kamu merasa kamu sudah melakukan olahraga secara rutin namun tak kunjung melihat hasil maksimal, yuk coba 10 trik ini!

1. Mulailah dengan pemanasan ringan terlebih dahulu

10 Trik Sederhana Ini Ternyata Membuat Olahragamu Jauh Lebih Efektifformulatedfitness.com

Jangan langsung mulai dengan yang berat, karena ototmu akan kaget dan kamu jadi cepat lelah. Lebih baik mulailah perlahan, sehingga semakin lama semakin berat dan bisa mencapai titik terberatnya. Detak jantung pun semakin cepat, kalori juga terbakar banyak.

2. Jangan lupa ambil istirahat

10 Trik Sederhana Ini Ternyata Membuat Olahragamu Jauh Lebih Efektifbalancehealth.com

Istirahat sejenak juga penting agar otot tak terlalu kaku dan kaget. Apalagi jika kamu baru mulai berolahraga kembali. Kamu wajib mengetahui bagaimana batas stamina di dalam tubuhmu sendiri.

3. Gunakan foam roller agar lebih efektif

10 Trik Sederhana Ini Ternyata Membuat Olahragamu Jauh Lebih Efektifrunnersworld.com

Foam roll ini digosokkan ke otot-otot sebelum mulai berolahraga. Sehingga ototmu lebih rileks dan akan siap untuk berolahraga secara maksimal. Jika kerjanya maksimal, maka kalori semakin mudah terbakar.

4. Latih setiap otot di badan secara bergantian

10 Trik Sederhana Ini Ternyata Membuat Olahragamu Jauh Lebih Efektiffitnessmagazine.com

Apabila kamu sudah melatih otot kaki, maka gantilah melatih juga otot tangan. Kemudian gantilah lagi ke otot perut secara merata keseluruhan. Apabila kamu hanya terus menerus melatih salah satu otot saja, tentu berat atau bentuk tubuhmu bisa jadi tak seimbang.

5. Perlahan-lahan jika sudah terbiasa, tambah beban sedikit demi sedikit

10 Trik Sederhana Ini Ternyata Membuat Olahragamu Jauh Lebih Efektifpopsugar.com

Setiap orang tentu memiliki batas maksimum kemampuan untuk mengangkat beban, namun jangan sampai jika kamu tidak merasakan apapun seperti rasa lelah pada badan maupun otot. Artinya, otot sama sekali tidak berkontraksi dan tak akan ada hasilnya. Jadi, mulailah dengan beban sedikit dan kemudian tambah hingga kamu mencapai maksimum kemampuan beban.

Baca Juga: Ini Alasan Kenapa Yoga, Tai Chi dan Akupuntur Mampu Menghilangkan Rasa Nyeri

6. Fokus terhadap olahraga, bukan ke hal lain

10 Trik Sederhana Ini Ternyata Membuat Olahragamu Jauh Lebih Efektifmenshealth.com

Jauhkan handphone dan hal lain yang mengganggu. Hindari pula melamun atau membayangkan hal-hal lainnya yang tak berhubungan dengan olahraga.

7. Catatlah perkembangan olahragamu setiap harinya

10 Trik Sederhana Ini Ternyata Membuat Olahragamu Jauh Lebih Efektifpopsugar.com

Ini termasuk penting, jadi kamu sudah tahu apa saja yang selama ini kamu lakukan selama berolahraga, dan apa saja yang sudah kamu terapkan. Sehingga kamu bisa mengevaluasi apakah selama ini olahragamu sudah cukup efektif atau belum.

8. Hindari beristirahat terlalu lama

10 Trik Sederhana Ini Ternyata Membuat Olahragamu Jauh Lebih Efektifutter.bewakoof.com

Mengambil waktu istirahat memang penting, namun jangan terlalu lama karena hal tersebut akan menurunkan detak jantungmu dan untuk mengembalikannya akan membutuhkan waktu lebih lama lagi dan tubuh jadi cenderung lebih lelah.

9. Minum kopi sebelum olahraga

10 Trik Sederhana Ini Ternyata Membuat Olahragamu Jauh Lebih Efektifnewinki.com

Kopi membuat detak jantungmu menjadi lebih cepat sekaligus bisa menambah tenaga agar olahraga menjadi lebih santai dan bersemangat. Jika detak jantung lebih cepat, maka kalori yang terbakar pun bisa semakin banyak. Namun, tetap diingat untuk membatasi konsumsinya, karena tak semua orang kuat minum kopi dalam jumlah banyak.

10. Fokus dan jangan setengah-setengah

10 Trik Sederhana Ini Ternyata Membuat Olahragamu Jauh Lebih Efektifyoutube.com

Ini adalah hal terpenting. Meskipun berada di tempat gym atau ditaman untuk olahraga, belum tentu kamu benar-benar memanfaatkan waktu dengan baik. Seringkali kamu hanya lari sebentar selama satu menit, kemudian istirahat dalam waktu lama, sambil bermain handphone. Jika seperti ini, tentu bisa dibilang kamu tidak olahraga sama sekali.

Nah, tentu mudah sekali kan cara untuk membuat olahraga jadi lebih efektif? Nggak perlu ribet-ribet dan mahal, kok. Yuk, mulai sekarang praktekkan 10 trik ini saat kamu sedang olahraga, ya.

Baca Juga: 9 Cara Efektif Menurunkan Berat Badan Tanpa Perlu Berolahraga

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You