Comscore Tracker

4 Sayuran Rasa Pahit Ini Bermanfaat untuk Kesehatan, Bisa Cegah Kanker

Kandungan dalam sayur-sayuran baik bagi tubuh

Sebagian orang, termasuk kamu mungkin tidak menyukai sayuran berwarna hijau karena rasanya yang pahit. Padahal, zat warna dalam sayuran dibutuhkan oleh tubuh karena termasuk dalam golongan fitokemikal. Selain itu, rasa pahit dalam sayuran yang berasal dari zat kinin memiliki fungsi sama seperti fitokemikal yakni sebagai antioksidan yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas.

Oleh karena itu, meski rasanya pahit, sebaiknya kamu mulai konsumsi beberapa sayuran berikut ini. Pasalnya sayuran ini meski pahit bermanfaat bagi kesehatan. Apa saja? Simak deretannya berikut ini.

1. Daun pepaya

4 Sayuran Rasa Pahit Ini Bermanfaat untuk Kesehatan, Bisa Cegah Kankercnn.com

Daun pepaya yang masih muda diolah menjadi makanan yang lezat dan bergizi. Di samping jadi olahan masakan, daun pepaya juga dapat dijadikan obat untuk berbagai jenis penyakit. Kandungan zat papain yang tinggi membuat rasa daun pepaya menjadi pahit, namun zat ini dapat meningkatkan nafsu makan. Di Jawa Barat, daun pepaya biasa dijadikan lalapan, sedangkan di Yogyakarta biasa diolah menjadi makanan khas yang disebut buntil.

2. Pare

4 Sayuran Rasa Pahit Ini Bermanfaat untuk Kesehatan, Bisa Cegah Kankerindiamart.com

Tumbuhan merambat ini, biasa ditemui dalam olahan siomai. Pare dapat dimanfaatkan untuk mengatasi gangguan pencernaan. Biasanya diolah menjadi minuman penambah energi yang diekstrak dan dikemas dalam bentuk kapsul sebagai obat herbal atau jamu. Pare dapat menambah nafsu makan, menyembuhkan penyakit kuning dan obat malaria. Kandungan betakaroten dalam pare tercatat dua kali lebih besar daripada brokoli sehingga mampu mencegah timbulnya penyakit kanker dan mengurangi resiko terkena serangan jantung dan infeksi virus.

Baca Juga: 7 Manfaat Mengonsumsi Lobak Hitam, Sayuran Sehat Kaya Nutrisi

3. Lobak putih

4 Sayuran Rasa Pahit Ini Bermanfaat untuk Kesehatan, Bisa Cegah Kankersouthernexposure.com

Lobak putih biasa ditemui dalam olahan sup. Sebagian orang mungkin tidak menyukai sayuran ini karena aroma dan rasanya yang sedikit pahit. Di China dan Korea lobak putih terkenal untuk menyembuhkan berbagai penyakit sejak dulu. Misalnya untuk mengatasi perut kembung, sembelit, darah tinggi dan demam. Lobak putih mengandung vitamin A, B1, B2, niasin, minyak aksiri, kolin, serat, kalsium, fosfor, zat besi dan asam oksalat. Selain itu, lobak putih juga mengandung antibiotik yang menjaga tubuh dari bakteri.

4. Sawi pahit

4 Sayuran Rasa Pahit Ini Bermanfaat untuk Kesehatan, Bisa Cegah Kankerthefreshsupplycompany.com

Di China, sawi pahit adalah komoditas sayuran yang paling dijaga karena kandungan nutrisinya yang tinggi. Seperti serat, vitamin B1, B2, B6, C dan E serta mengandung klorofil, karoten dan mangan. Sawi pahit dikenal juga dengan sawi hijau atau sawi daging. Karena mudah diolah, banyak hidangan yang dimasak dengan sawi. Sawi juga dapat dimakan mentah tanpa harus diolah.

Itulah beberapa sayuran pahit yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh kamu. Gimana mau coba mengkonsumsinya?

Baca Juga: 6 Sayuran yang Berbahaya Bila Dipanaskan, Berisiko Menyebabkan Kanker!

Melia Rosalina Photo Verified Writer Melia Rosalina

Menulis untuk belajar.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You