9 Hormon Ini Bisa Mempengaruhi Keadaan Berat Badanmu, Lho!

Kira-kira hormon apa yang bikin kamu susah kurus?

Mungkin kamu heran mengapa setelah diet, kamu tetap tidak berhasil menurunkan berat badan. Ternyata, selain gaya hidup dan diet yang tidak sehat, hormon juga dapat berperan dalam penambahan berat badan.

Jika kamu ingin mengetahui hormon mana yang mungkin menjadi kendala dalam perjalananmu untuk mendapatkan tubuh impian, cek penjelasannya berikut ini. 

1. Estrogen

9 Hormon Ini Bisa Mempengaruhi Keadaan Berat Badanmu, Lho!unsplash.com/@icons8

Tingkat estrogen yang tinggi membuat kamu mudah bertambah berat badan meskipun makanan yang kamu makan sedikit. Lemak ekstra ini paling sering disimpan di pinggul. Selain itu, kelebihan estrogen juga bisa membuat siklus menstruasi menjadi tidak teratur, dan kamu mungkin bisa mengalami sakit kepala atau menjadi terlalu emosional.

2. Serotonin

9 Hormon Ini Bisa Mempengaruhi Keadaan Berat Badanmu, Lho!thefoodcodes.com

Kurangnya serotonin yang serius hampir selalu berakibat pada gejala depresi dan suasana hati yang buruk. Selain itu, orang dengan kekurangan serotonin sering mengubah kebiasaan makan mereka. Hal inilah yang bisa memicu nafsu makanmu sehingga kamu sulit mengontrol pola dan porsi makanan.

3. Ghrelin

9 Hormon Ini Bisa Mempengaruhi Keadaan Berat Badanmu, Lho!unsplash.com/@rawpixel

Ghrelin adalah hormon yang menentukan apakah kamu lapar atau tidak, dan itu sangat sulit dikontrol! Bahkan setelah satu tahun menjalani diet rendah kalori, tingkat ghrelin kamu masih bisa tinggi karena tubuh tetap akan mencoba untuk menyimpan jaringan lemak untuk berjaga-jaga.

4. Neuropeptida

9 Hormon Ini Bisa Mempengaruhi Keadaan Berat Badanmu, Lho!unsplash.com/@luschetinger

Jika konsentrasi neuropeptida Y dalam darah seseorang tinggi, itu akan berpengaruh terhadap nafsu makan. Sehingga, kamu bisa makan dengan porsi yang lebih besar. Hormon ini tidak hanya dapat menyebabkan bertambahnya berat badan tetapi juga obesitas klinis.

5. Glukagon

9 Hormon Ini Bisa Mempengaruhi Keadaan Berat Badanmu, Lho!livegreatfitness.com

Glukagon menurunkan nafsu makan dan mendorong pencernaan lemak dalam tubuh. Tingkat hormon ini akan menurun setelah situasi yang menekan yang memicu timbulnya stres. Sehingga kamu akan mengatasinya dengan cara makan yang banyak.

Baca Juga: 5 Gejala Ketidakseimbangan Hormon Ini Patut Diwaspadai, Bisa Berbahaya

6. Adrenalin

9 Hormon Ini Bisa Mempengaruhi Keadaan Berat Badanmu, Lho!unsplash.com/@zohre_nemati

Hormon adrenalin (epinefrin) dapat meningkatkan proses metabolisme dan membakar jaringan lemak. Epinefrin adalah semua emosi paling jelas yang bisa kamu rasakan dalam keadaan tertentu (kadang-kadang ekstrem). Hormon ini dapat meningkatkan mood yang juga mempengaruhi nafsu makanmu.

7. Testosteron

9 Hormon Ini Bisa Mempengaruhi Keadaan Berat Badanmu, Lho!people.com

Testosteron dianggap sebagai hormon pria, tetapi juga memainkan peran penting dalam tubuh wanita. Kelebihan testosteron dapat menyebabkan peningkatan berat badan. Selain itu, hormon ini juga akan membiarkan jaringan lemak disimpan di bagian atas tubuh seperti lengan, dada, dan leher.

8. Adiponektin

9 Hormon Ini Bisa Mempengaruhi Keadaan Berat Badanmu, Lho!diabeteszone.org

Berat badan yang berlebihan sering menunjukkan kurangnya adiponektin, terutama jika lemak disimpan di bagian tengah tubuh. Jika kamu telah didiagnosis menderita diabetes tipe 2, kemungkinan tingkat adiponektin di tubuhmu terlalu rendah. Itulah mengapa orang yang terkena diabetes sering kali terlihat gemuk.

Itulah beberapa hormon yang berpengaruh terhadap keadaan berat badan dan nafsu makan. Tapi ingat ya guys, semua saran harus dianggap sebagai tambahan. Jika kamu berpikir kamu memiliki masalah hormonal, konsultasikan dengan dokter. Hanya seorang profesional yang bisa memberi diagnosis yang tepat.

Baca Juga: Makin Sehat, 5 Makanan Ini Bantu Seimbangkan Hormon Tubuh!

Melia Rosalina Photo Verified Writer Melia Rosalina

Communications student

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You