Comscore Tracker

7 Tanda Tubuh Kamu Sedang Tidak Bahagia, Cek Yuk!

Harus lebih peka sama kondisi tubuhmu, ya!

Kebahagiaan bukan dilihat hanya dari kondisi pikiran dan sikap positif terhadap kehidupan. Tetapi juga terkait dengan proses kimia tertentu dalam tubuh. Khususnya dengan hormon yang membantu seseorang merasa bahagia dan memainkan peran penting dalam suasana hati serta kemampuan untuk merasakan kesenangan. Kurangnya hormon-hormon tertentu dapat menyebabkan ketidak puasan dan bahkan depresi. Berikut tanda-tanda dari tubuh kamu yang dapat menandakan bahwa kadar hormon kebahagiaanmu mulai merendah.

1. Sering memakan manisan dan keripik

7 Tanda Tubuh Kamu Sedang Tidak Bahagia, Cek Yuk!amp.timeinc.net

Jika tubuh kamu membutuhkan gula dan pati, maka kamu mungkin memiliki kadar serotonin yang rendah. Makanan seperti manisan dan keripik meningkatkan hormon tersebut. Suasana hati kamu akan membaik setelah memakannya, tetapi ini hanya terjadi dalam waktu singkat. Akibatnya, tingkat hormon kebahagiaan semakin berkurang dan kamu akan merasa bahwa kamu semakin membutuhkan makanan-makanan tersebut.

2. Penambahan berat badan

7 Tanda Tubuh Kamu Sedang Tidak Bahagia, Cek Yuk!streetroots.org

Kurangnya dopamin dapat menyebabkan penambahan berat badan. Selain fakta bahwa kamu tertarik pada makanan manis dan tidak sehat, kekurangan hormon ini juga bisa membuatmu makan berlebihan. Ini terjadi karena kamu mencoba mengimbangi rendahnya kadar hormon dengan makan. Akibatnya, kecanduan makanan dapat terus berkembang.

3. Nyeri payudara

7 Tanda Tubuh Kamu Sedang Tidak Bahagia, Cek Yuk!breastcancercare.org.uk

Kurangnya hormon yang memengaruhi suasana hati, juga memengaruhi kondisi kesehatan. Ketika seorang wanita memiliki tingkat estrogen yang rendah, dia mungkin mengalami nyeri payudara. Ini dapat terjadi selama dan terlepas dari masa menstruasi.

4. Tingkat empati yang rendah

7 Tanda Tubuh Kamu Sedang Tidak Bahagia, Cek Yuk!unsplash.com/@freestocks

Studi menemukan hubungan antara empati dan oksitosin. Hormon cinta ini memengaruhi suasana hati kita seperti yang lain. Dan jika kamu  merasa sulit berempati dengan orang lain atau memiliki masalah dalam mengenali ekspresi wajah, maka kamu mungkin mengalami kekurangan oksitosin.

Baca Juga: 5 Tips Kurangi Tekanan pada Diri dalam Meraih Kebahagiaan

5. Sakit kepala

7 Tanda Tubuh Kamu Sedang Tidak Bahagia, Cek Yuk!unsplash.com/@tjump

Sakit kepala dapat terjadi karena kurangnya progesteron, hormon yang dapat meningkatkan suasana hati. Nyeri ini dapat memanifestasikan dirinya dalam bentuk migrain. Hormon ini penting selama kehamilan, sehingga gejala progesteron rendah pada wanita hamil mungkin berbeda dan harus dikendalikan.

6. Insomnia

7 Tanda Tubuh Kamu Sedang Tidak Bahagia, Cek Yuk!unsplash.com/@benblenner

Insomnia adalah salah satu tanda rendahnya kadar serotonin seperti yang telah sebutkan. Insomnia memanifestasikan dirinya dalam masalah tidur dan menyebabkan perubahan suasana hati. Orang yang mengalami stres, depresi, dengan gaya hidup yang tidak sehat secara terus-menerus cenderung mengalami penyakit ini.

7. Tremor

7 Tanda Tubuh Kamu Sedang Tidak Bahagia, Cek Yuk!self.com

Tremor dapat terjadi karena kurangnya hormon dopamin. Tremor merupakan gerakan yang tidak disengaja dalam tubuh yang disebabkan oleh kontraksi otot. Paling sering terjadi di tangan. Ini juga bisa menjadi gejala penyakit neurologis.

Itulah beberapa tanda dari tubuh yang menandakan bahwa kamu sedang tidak bahagia. Semoga kamu tidak sedang merasakannya ya guys!

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Semua Orang Berhak Bahagia

Melia Rosalina Photo Verified Writer Melia Rosalina

Communications student

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You