Comscore Tracker

Wanita Lebih Mudah Terkena, Cegah Penyakit Mata dengan 5 Tips Ini

Lebih aware lagi yuk sama mata kita girls!

Menurut studi Prevent Blindness pada tahun 2015, The Future of Vision: Memprediksi Masalah pada Penglihatan Wanita, dari 4,4 juta orang Amerika yang berusia 40 tahun dan lebih tua, wanita mengalami kebutaan lebih banyak dibanding pria. 

Survei online juga dilakukan Prevent Blindness dan hasilnya menemukan bahwa satu dari empat wanita belum menerima pemeriksaan mata dalam dua tahun terakhir. Biaya menjadi alasan nomor satu bagi mereka yang tidak memiliki asuransi mata. Wanita secara signifikan lebih riskan dibandingkan laki-laki untuk terkena penyakit mata.

Bahkan, menurut National Eye Institute, dua pertiga dari populasi global individu yang buta dan tunanetra adalah wanita. Meskipun tidak ada obat untuk penyakit ini, banyak efeknya dapat dikurangi melalui deteksi dini dan pengobatan sehingga hampir 80 persen dari gangguan ini dapat dicegah atau diobati.

So hati-hati ya girls, mulai sekarang jaga dan tingkatkan kesehatan mata kita dengan lima tips sederhana di bawah ini.

1. Kunjungi dokter mata secara teratur

Wanita Lebih Mudah Terkena, Cegah Penyakit Mata dengan 5 Tips Iniunsplash/rawpixel

Karena wanita rata-rata hidup lebih lama daripada pria, mereka lebih mungkin dipengaruhi oleh kondisi mata yang berkaitan dengan usia. Ini dapat mencakup semuanya mulai dari degenerasi makula hingga katarak, glaukoma, kesalahan refraksi yang tidak dikoreksi, dan penyakit mata kering secara umum.

Menurut Departemen Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan di AS, tindakan pencegahan terbaik terhadap penyakit mata adalah mendapatkan pemeriksaan komprehensif dengan dilatasi pupil dari dokter mata. Frekuensi yang harus dimiliki adalah ujian mata yang komprehensif tergantung pada usia, riwayat keluarga, dan faktor risiko lainnya.

Jika kamu memiliki riwayat keluarga tentang masalah penglihatan, penyakit mata, atau kebutaan, pastikan untuk menyampaikan hal ini kepada dokter. Pasien dengan diabetes harus diperiksa setiap tahun untuk tanda-tanda retinopati diabetik, dan mereka yang memiliki tekanan darah tinggi atau kondisi autoimun mungkin juga perlu mengunjungi dokter mata lebih sering.

2. Sadar akan perubahan penglihatan hormonal

Wanita Lebih Mudah Terkena, Cegah Penyakit Mata dengan 5 Tips Inimagforwomen.com

Wanita yang mengalami perubahan hormonal lebih mungkin terkena penyakit mata kering, termasuk wanita yang hamil, wanita yang telah mengalami menopause, atau mereka yang menggunakan KB hormonal. Peningkatan hormon tertentu dapat menyebabkan perubahan penglihatan; jika kamu memperhatikan perubahan tersebut, pastikan untuk mendiskusikannya dengan ahli perawatan mata.

Baca Juga: 6 Posisi Tidur Ini Gak Baik Buat Kesehatanmu lho, Jangan Keseringan Ya

3. Hindari ketegangan mata digital

Wanita Lebih Mudah Terkena, Cegah Penyakit Mata dengan 5 Tips Iniunsplash/rawpixel

Penggunaan komputer dan perangkat digital lainnya secara jangka panjang dapat dengan mudah mengganggu kesehatan mata. Cara sederhana untuk menghindari ketegangan mata adalah dengan mengikuti aturan 20/20/20: Setiap 20 menit, istirahat 20 detik dan lihat sesuatu yang berjarak 20 kaki (6 meter).

Pastikan bahwa monitormu terang dan diatur ke resolusi yang lebih tinggi juga memudahkan mata untuk fokus pada layar, dan jangan lupa untuk berkedip, ya!

4. Lindungi mata

Wanita Lebih Mudah Terkena, Cegah Penyakit Mata dengan 5 Tips Iniunsplash/plqmr

Diperkirakan 90 persen cedera mata karena trauma dapat dicegah, namun 2,4 juta orang menderita cedera mata setiap tahun.

Ketika melakukan tugas rutin rumah tangga, termasuk membersihkan, memotong rumput, atau mengoperasikan alat-alat listrik, pastikan untuk mengenakan kacamata pelindung. Cuci tanganmu secara menyeluruh setelah menangani semua bahan kimia untuk menghindari transfer bakteri pada mata.

Saat musim panas, berhati-hatilah terhadap efek paparan sinar matahari. Pakai kacamata hitam dengan perlindungan UVA dan UVB 99 hingga 100 persen untuk mencegah sinar ultraviolet mencapai matamu.

5. Menjaga kesehatan secara keseluruhan

Wanita Lebih Mudah Terkena, Cegah Penyakit Mata dengan 5 Tips Iniunsplash/rawpixel

Banyak faktor risiko kehilangan penglihatan dan gangguan penglihatan sama dengan penyakit kronis lainnya. Ini termasuk merokok, kelebihan berat badan, dan pencahayaan yang berlebihan terhadap sinar matahari. Rekomendasinya sederhana: jika kamu merokok, berhenti dan lakukan olahraga secara teratur. Makan banyak buah, sayuran hijau gelap, dan ikan berlemak. Ini tidak hanya berkontribusi untuk kesehatan mata yang baik, tetapi juga untuk kesehatan kamu secara keseluruhan.

Nah, lewat lima tips di atas, semoga kesehatan mata kamu selalu terjaga ya, Girls!

Baca Juga: Selalu Dibuang, Kenali 5 Manfaat Kulit Buah Pisang Untuk Kesehatan

Melia Rosalina Photo Community Writer Melia Rosalina

Communications student

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang
  • Indra Zakaria

Just For You