Comscore Tracker

Susah Tidur? Coba Terapkan 5 Cara Ini biar Istirahat Lebih Nyenyak

Jangan lupa istirahat yang cukup

Susah tidur bisa dipengaruhi oleh beberapa hal. Misalnya saja mengonsumsi makanan atau minuman tertentu beberapa waktu sebelum tidur atau memikirkan masalah yang seharusnya gak kamu ingat lagi. Pekerjaan yang masih menunggu esok hari, sudah seharusnya diselesaikan hari berikutnya. Begitu pun masalah lain.

Cari penyebab kenapa kamu susah tidur dan segera atasi. Jika gak menemukan penyebabnya, kamu bisa lakukan lima hal di bawah ini untuk membantu lebih cepat tidur.

1. Dengarkan musik yang menenangkan

Susah Tidur? Coba Terapkan 5 Cara Ini biar Istirahat Lebih Nyenyakunsplash.com/Callum T

Di beberapa penyedia layanan musik juga sudah ada banyak playlist yang menenangkan. Musik yang tenang bisa membantumu lebih rileks dan lebih cepat tidur. Sesuaikan dengan kebutuhanmu, mau mendengarkan dari speaker atau earphone. Set musik agar berhenti dalam waktu tertentu. Hal ini membantu mengukur berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk tidur. Kamu bisa mengevaluasinya setiap hari.

2. Mandi sebelum tidur

Susah Tidur? Coba Terapkan 5 Cara Ini biar Istirahat Lebih Nyenyakunsplash.com/Roberto Nickson

Mandi sebelum tidur bisa menurunkan suhu tubuh dan bikin rileks. Tapi jika kamu merasa letih seharian, gak ada salahnya untuk memilih mandi dengan air hangat juga gak kalah membantu. Sesuaikan dengan kebutuhanmu. Nyalakan pendingin ruangan jika perlu agar tidur lebih nyenyak karena gak kebangun tengah malam karena kepanasan.

3. Ganti bantal dengan yang nyaman

Susah Tidur? Coba Terapkan 5 Cara Ini biar Istirahat Lebih Nyenyakunsplash.com/Rhema Kallianpur

Mungkin saatnya kamu mengganti bantal tidurmu. Jika punya dana lebih, kamu bisa memilih bantal yang memiliki fitur khusus agar tidur lebih nyenyak. Bantal yang terlalu pendek atau keras mungkin jadi penyebab kamu susah tidur. Pilih bantal sesuai dengan kebutuhanmu, ya. Pemilihan bantal yang tepat bisa membantumu tidur lebih cepat.

Baca Juga: Tak Hanya Insomnia, 7 Gangguan Tidur Ini Bisa Dialami Selama Karantina

4. Meditasi sebelum tidur

Susah Tidur? Coba Terapkan 5 Cara Ini biar Istirahat Lebih Nyenyakunsplash.com/madison lavern

Kalau kamu gak terbiasa meditas, memang akan susah menjalaninya. Namun, gak ada salahnya kamu coba kan? Gak perlu bingung dari mana mencari inspirasi untuk bermeditasi karena di YouTube atau aplikasi HP sudah banyak. Pilih dan sesuaikan dengan kebutuhanmu. Lakukan secara bertahap namun rutin setiap harinya. Meditasi membuatmu lebih tenang dan mudah untuk tidur.

5. Minum teh chamomile

Susah Tidur? Coba Terapkan 5 Cara Ini biar Istirahat Lebih NyenyakUnsplash/Manki Kim

Para peneliti percaya bahwa teh chamomile mampu untuk membantu tidur lebih nyenyak. Mereka mempercayai bahwa dalam teh ini memiliki fungsi yang sama dengan obat yang diresepkan dokter untuk mengurangi kecemasan dan membantu memudahkan terlelap. Minum dalam keadaan hangat beberapa waktu sebelum tidur.

Cara di atas bisa kamu coba satu saja, beberapa, atau semuanya juga bisa tergantung kebutuhanmu. Jangan lupa istirahat, ya.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Buruk yang Tanpa Kamu Sadari Menyebabkan Insomnia

Pusat Tanaman Hias Photo Verified Writer Pusat Tanaman Hias

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya