Comscore Tracker

5 Hal yang Dianggap Biasa, tetapi Memperparah Kerontokan Rambut

Sering disepelekan, nih!

Apakah kamu memiliki masalah rambut rontok? Tenang saja, itu wajar terjadi, kok, asalkan jumlahnya berkisar 50 hingga 100 helai per hari. Namun, jika lebih dari itu maka perlu kamu waspadai dan berikan penanganan yang tepat. Bila dibiarkan, kerontokan rambut yang parah bisa mengakibatkan kebotakan, loh. 

Permasalahan rambut rontok bisa diatasi dengan menggunakan shampoo khusus untuk rambut rontok beserta rangkaiannya seperti kondisioner dan tonik rambut. Tetapi dalam melakukan perawatan rambut, seringkali kita secara tidak sadar melakukan beberapa hal yang justru memperparah kerontokannya. Apa saja hal tersebut? Simak di bawah ini, ya.

1. Menyisir rambut dengan sisir bergigi rapat

5 Hal yang Dianggap Biasa, tetapi Memperparah Kerontokan Rambutpixabay.com/slavoljubovski

Beberapa orang dengan problem rambut rontok masih memakai sisir bergigi rapat. Padahal, sisir dengan gigi yang rapat lebih mudah menarik rambut sehingga rambut rawan patah dan kerontokan yang dialami semakin parah. Sebaiknya, gunakan sisir bergigi jarang untuk mengurangi tarikan pada folikel rambut.

Selain itu, biasakan untuk menghindari menyisir rambut yang basah. Hal ini disebabkan karena pada kondisi basah, rambut ada pada titik terlemah karena beban air yang menempel dan kutikula rambut yang membesar, sehingga sangat mudah rontok. Lebih baik tunggu hingga rambut setengah kering untuk menyisirnya.

2. Sering menggunakan hair-dryer atau hair-styler 

5 Hal yang Dianggap Biasa, tetapi Memperparah Kerontokan Rambutpexels.com/gratisography

Pemakaian hair-dryer, catokan dan blow yang terlalu sering bisa membuat akar rambut menjadi rusak akibat terpapar suhu panas. Akar rambut yang rusak ini kemudian membuat rambut menjadi rapuh.

Tentu saja hal ini dapat memperparah kerontokan rambut yang sedang kamu alami. Sebaiknya, batasi pemakaian alat-alat tersebut sesuai kebutuhanmu saja, ya. Biarkan rambut kering alami agar keindahan rambut terjaga.

Baca Juga: 6 Tips Merawat Rambut Keriting, Jadi Lebih Sehat dan Mudah Diatur!

3. Menggunakan produk berbahan kimia keras  

5 Hal yang Dianggap Biasa, tetapi Memperparah Kerontokan Rambutforensicanth.com

Bagi kamu yang sedang bermasalah dengan rambut rontok, sebaiknya tidak menggunakan produk pewarna rambut ataupun bleaching karena bahan di dalamnya cukup keras dan bisa menyebabkan kerusakan rambutmu makin parah.

Jika kamu ingin merubah gaya rambut dengan mewarnainya, lebih baik atasi kerontokan rambutmu terlebih dahulu dengan rangkaian perawatan yang tepat.

4. Pola makan berantakan 

5 Hal yang Dianggap Biasa, tetapi Memperparah Kerontokan Rambutunsplash.com/wildlittlethingsphoto

Makin sehat tubuh kita, maka semakin sehat rambut kita. Jika pola makan tidak teratur ditambah asupan gizi tidak mencukupi, maka rambut juga tidak dapat menerima nutrisi yang baik dan mengakibatkan kerontokan.

Rambut rontok juga dapat dikaitkan dengan anemia, karena zat besi dalam darah atau hemoglobin bertugas mengedarkan darah dan oksigen ke seluruh tubuh. Apabila rambut tidak mendapat asupan oksigen yang cukup, maka rambut akan rapuh dan mudah rontok. 

5. Stress berlebih  

5 Hal yang Dianggap Biasa, tetapi Memperparah Kerontokan Rambutunsplash.com/christnerfurt

Sering kali kita mengabaikan dan tidak menyadari bahwa stres dapat menyebabkan rambut menjadi rapuh dan rontok. Hal ini dapat terjadi karena kondisi stres dapat mempercepat proses pertumbuhan rambut, sehingga fase kerontokan terjadi lebih cepat dari biasanya.

Stres berat bisa menyebabkan rambut rontok bahkan ketika kamu sedang bersisir atau keramas. Supaya kerontokan rambut tidak menjadi semakin parah, maka kita harus belajar mengelola stres dan berpikiran dengan lebih positif. 

 

Itulah beberapa kebiasaan yang sering tidak disadari tetapi bisa memperparah masalah kerontokan rambut yang terjadi. Semoga penjelasan singkat dan tipsnya bisa berguna buat kamu yang membutuhkan, ya. 

Baca Juga: 5 Tips Merawat Rambut Rontok agar Sehat, Kuat, dan Tebal

Margaretha Christina Putri Photo Writer Margaretha Christina Putri

masih belajar menulis untuk berbagi informasi :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya