Comscore Tracker

Kekhawatiran Berlebih Itu Tidak Baik, Ini Alasannya!

Terkadang membuat kita mengabaikan diri sendiri

Pastinya kamu pernah melihat atau bahkan menjadi orang yang mengkhawatirkan sesuatu. Entah itu mengkhawatirkan teman, keluarga, atau hewan peliharaan yang kondisinya sedang tidak jelas baik atau buruknya.

Orang yang khawatir secara berlebihan itu tidaklah baik. Mondar-mandir, kemudian tiba-tiba menangis. Jika kamu mengalami hal tersebut, artikel di bawah ini akan cocok untuk dirimu. 

1. Otak sering berpikir negatif

Kekhawatiran Berlebih Itu Tidak Baik, Ini Alasannya!ilustrasi berpikir (pexels.com/Brett Sayles)

Tanyakanlah kepada orang yang mengkhawatirkan sesuatu secara berlebihan, tentang apa yang dipikirkannya saat itu. Dia akan menjawab kemungkinan dari yang terburuk mengenai hal yang dikhawatirkannya. Orang yang khawatir berlebihan akan selalu memikirkan kemungkinan terburuk jika ada hal yang tidak biasa terjadi. 

Misalnya, kamu mempunyai anak, kemudian menunggu anakmu pulang sekolah yang tak kunjung datang. Jika kamu khawatir berlebihan, kamu akan berpikir bahwa anakmu kecelakaan di jalan. Padahal yang sebenarnya terjadi, dia mengambil barangnya yang ketinggalan di sekolah saat sudah setengah perjalanan pulang. 

2. Kurang tidur

Kekhawatiran Berlebih Itu Tidak Baik, Ini Alasannya!ilustrasi mengantuk (pexels.com/Andrew Neel)

Waktu tidur kebanyakan diremehkan oleh beberapa orang. Apalagi oleh orang yang sedang mengkhawatirkan sesuatu secara berlebihan. Menunggu kepastian hingga larut malam dengan mata yang sudah mengantuk, itu tidaklah baik buat kesehatan. 

Perlu kamu ketahui, kekurangan tidur bisa menyebabkan insomnia, dan penderita insomnia jauh lebih berisiko untuk menderita diabet, obesitas, stroke, hingga gangguan kesehatan mental. 

Baca Juga: Buat Para Overthinker, Ini 5 Cara Terbebas dari Overthinking

3. Lupa diri sendiri

Kekhawatiran Berlebih Itu Tidak Baik, Ini Alasannya!ilustrasi makan (pexels.com/Adrienn)

Bukan hanya tidur yang dilupakan. Orang yang sedang mengkhawatirkan sesuatu secara berlebihan akan lupa pada diri mereka dan kesehatan mereka. Tak jarang mereka sering melupakan jadwal makan mereka hanya untuk menunggu sesuatu yang tidak pasti kebenarannya. 

Padahal, mengkhawatirkan sesuatu itu pasti akan sangat payah karena otak mereka terus berpikir, dan berpikir itu membutuhkan tenaga yang bisa didapat dari makanan. 

4. Membutakan indra

Kekhawatiran Berlebih Itu Tidak Baik, Ini Alasannya!ilustrasi mendengarkan (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Semua indra orang yang sedang mengkhawatirkan sesuatu akan mati, atau lebih tepatnya tak berfungsi sementara. Jika kamu memanggil mereka, mereka tidak akan menoleh dengan cepat seperti biasanya. Karena mereka terlalu cemas dengan sesuatu yang berbau negatif di pikirannya. 

Bisa bayangkan betapa bahayanya orang yang sedang mengkhawatirkan sesuatu secara berlebihan pergi ke jalan raya, atau bahkan mengendarai kendaraan di jalanan yang ramai.  

5. Emosi meluap 

Kekhawatiran Berlebih Itu Tidak Baik, Ini Alasannya!ilustrasi marah (pexels.com/Vera Arsic)

Orang yang cemas disebabkan oleh kekhawatiran yang berlebihan akan meluap emosinya. Bahkan, untuk beberapa orang yang tenang jika menghadapi masalah. Mereka memiliki emosi yang sudah siap untuk dilepaskan.

Karena itu, jika kamu mencoba mengganggu orang yang sedang mengkhawatirkan sesuatu dengan berlebihan, kemungkinan kamu dihajar akan sangat besar. 

Itulah lima alasan mengapa khawatir berlebihan itu tidak baik. Mengkhawatirkan boleh saja, tapi harus ingat dengan diri sendiri. 

Baca Juga: 5 Hal Baik Ini Cuma Dimiliki Overthinker, Gak Melulu Buruk 

Muhammad alvian Photo Verified Writer Muhammad alvian

Hanya manusia yang juga mencintai manusia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya