Comscore Tracker

5 Cara Turunkan Kolesterol untuk Orang Kantoran

Biar bisa tetap produktif

Pekerja kantoran identik dengan pekerjaan yang dilakukan di dalam ruangan dengan memandangi layar komputer serta duduk berjam-jam hingga jam kerja usai. Kebiasaan itu tentunya tidak baik untuk kesehatan.

Banyak pekerja kantoran sering salah jajan, misalnya saja mereka yang hobi menghabiskan jam makan siangnya di restoran cepat saji. Jika sudah begitu, pasti kadar kolesterol dalam tubuh akan naik, dan meningkatkan resiko penyakit jantung.

Pasti terdengar mengerikan! Kamu tahu gak cara mudah bagi para pekerja kantoran untuk menurunkan kolesterol? Penasaran? Berikut daftarnya!

1. Kurangi naik lift, tapi gunakan tangga

5 Cara Turunkan Kolesterol untuk Orang KantoranUnsplash.com/JakeHills

Kebanyakan pekerja kantoran tentu akan mengalami kenaikan berat badan karena kurangnya aktivitas yang menuntut tubuh untuk bergerak lebih. Cara termudah dan bisa kamu lakukan setiap hari ialah cukup naik tangga dan kurangi penggunaan lift atau eskalator di kantormu. Jika sifat mager anda terus dibiarkan, maka berat badan tentu akan naik dan menyebabkan kadar LDL dan trigliserida akan meningkat. Keduanya mampu membentuk plak berlilin di arteri. Dengan begitu resiko penyakit jantung juga meningkat.

2. Rutin konsumi susu

5 Cara Turunkan Kolesterol untuk Orang KantoranUnsplash.com/VeraCho

Meningkatkan konsumsi serat mampu menurunkan kadar kolesterol pada orang kantoran. Salah satu yang bisa kamu konsumsi adalah susu yang diperkaya dengan kandungan beta-glukan dan inulin. Berdasarkan sebuah penelitian, beta-glukan mampu berinteraksi dengan lemak darah dan menurunkan kadar kolesterol yang tinggi. Selain itu, kandungan prebiotik pada inulin juga dapat mengurangi kadar serum dari LDL dalam tubuh. Tapi semua itu juga perlu diimbangi dengan pola makan dan olahraga yang tepat.

3. Olahraga kecil di sela-sela pekerjaan

5 Cara Turunkan Kolesterol untuk Orang KantoranUnsplash.com/timgouw

Tidak perlu melakukan olahraga yang berat demi menjaga kadar kolesterol dalam tubuh kamu. Cukup lakukan aktivitas kecil di sela-sela pekerjaan kamu. Selain bisa menjaga kadar kolesterol, melakukan olahraga kecil di sela-sela pekerjaan juga mampu mengembalikan konsentrasi kamu terhadap pekerjaan. Contoh olahraga kecil itu di antaranya ialah, menggerakkan bahu naik ke arah telinga dan melakukannya beberapa kali, atau pergerakan lainnya seperti pemanasan sebelum berolahraga.

Baca Juga: Cegah Kolesterol, Lakukan 5 Cara Mudah Kurangi Lemak pada Makanan Ini

4. Berhenti merokok dan jauhi asap rokok

5 Cara Turunkan Kolesterol untuk Orang KantoranUnsplash.com/MathewMacquarri

Merokok adalah hal berbahaya yang tak hanya berbahaya bagi paru-paru tapi juga jantung. Kandungan karbon monoksida, nikotin, serta zat kimia lain yang terkandung pada rokok bisa meningkatkan kadar LDL (kolesterol jahat) dan trigliserida (lemak darah). Jadi demi menurunkan kolesterol dalam tubuh kita harus berhenti dan menjauhi rokok. Berdasarkan sebuah studi, bahwa orang yang tidak merokok dapat meningkatkan konsentrasi HDL-C, yaitu kolesterol baik yang menjadi lawan LDL.

5. Hilangkan kebiasaan makan junk food

5 Cara Turunkan Kolesterol untuk Orang KantoranUnsplash.com/RobinStickel

Seharian bekerja di kantor tentu membuat anda merasa lapar dan menginginkan makanan yang praktis dan nikmat. Hal tersebut mendorong banyak pekerja kantoran untuk memesan layanan antar makanan atau pergi ke restoran cepat saji. Makanan seperti itu tentu tidak baik bagi tubuh. Makanan junk food seperti itu mengandung banyak gula, garam, dan lemak jenuh. Karena itulah kita harus mengurangi makanan seperti itu dengan beralih ke makanan yang lebih sehat.

Itulah kelima tips untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh bagi pekerja kantoran. Semoga bermanfaat ya guys!

Baca Juga: 5 Tanda Kolesterol Sudah Mulai Menyerang Kaki, Hati-hati ya!

Muhammad Imam Maulana Photo Verified Writer Muhammad Imam Maulana

Anak Bola yang mulai mencari hal baru.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Berita Terkini Lainnya