Comscore Tracker

Ternyata Ini 5 Manfaat "Nyeker" Bagi Kesehatan Tubuh

Makin menyatu dengan alam untuk tubuh yang sehat

Berjalan kaki adalah hal yang menyenangkan bagi sebagian orang, di mana kita dapat melatih otot kaki agar tidak mudah lelah. Namun, berjalan kaki itu gak melulu harus beralas kaki lho!

Bertelanjang kaki (nyeker) adalah hal yang bisa kamu lakukan demi menjaga kesehatan tubuh. Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapat ketika berjalan kaki tanpa menggunakan alas di atas batu-batuan atau aspal yang hangat.

Pensaran gak manfaat apa saja yang di dapat dari berjalan tanpa alas kaki? Berikut jawabannya!

1. Memperlancar sirkulasi darah

Ternyata Ini 5 Manfaat Nyeker Bagi Kesehatan TubuhUnsplash.com/AshkanMasti

Berbanggalah kamu yang hobi berjalan tanpa alas kaki, sebab berdasarkan beragam penelitian, berjalan tanpa menggunakan alas kaki dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kaki.

Berjalan tanpa alas kaki juga dikategorikan sama halnya dengan berolahraga. Sebab dengan berjalan tanpa alas kaki, akan ada otot tambahan pada kaki dan tungkai yang membantu menyeimbangkan tubuh dan mengirim pesan ke otak kamu.

2. Meningkatkan kualitas tidur

Ternyata Ini 5 Manfaat Nyeker Bagi Kesehatan TubuhUnsplash.com/SharonChristinaRorvik

Berjalan tanpa alas kaki di atas tanah dapat membuat ion negatif pada tanah berpindah pada kaki. Ion negatif sendiri memiliki manfaat untuk menjaga kualitas tidur. Tak hanya itu, berjalan tanpa alas kaki akan menyeimbangkan ritme sirkadian yang bisa memberikan kesadaran yang baik saat begadang. Dengan demikian, berjalan tanpa alas kaki dapat menjadi pengingat waktu tidur yang alami.

Baca Juga: 8 Manfaat Kesehatan Menggunakan Kacamata Hitam, Tak Cuma Jadi Modis

3. Sarana refleksi

Ternyata Ini 5 Manfaat Nyeker Bagi Kesehatan TubuhUnsplash.com/PriscillaDuPreez

Sebuah penelitian dari Lallous’ Lab mengatakan bahwa berjalan di permukaan yang tidak rata dapat merangsang berbagai daerah di telapak kaki. Mungkin kamu pernah melihat batu-batu halus yang sering diinjak sebagai sarana terapi, itulah media yang dimaksud.

Cara seperti ini disebut-sebut sebagai pijat kaki sederhana dan gratis tentunya. Dan beruntungnya, di Indonesia ada banyak tempat bebatuan halus seperti itu di taman-taman kota.

4. Meningkatkan postur dan keseimbangan tubuh

Ternyata Ini 5 Manfaat Nyeker Bagi Kesehatan TubuhUnsplash.com/AngeloPantazis

Seperti yang diutarakan Medical Daily, berjalan tanpa alas kaki mampu membuat otot-otot kecil pada kaki menjadi terlatih. Hal ini dapat membuat otak belajar membaca sinyal yang dikirimkan oleh kaki dan bermanfaat untuk meningkatkan postur tubuh serta menjaga keseimbangan tubuh secara menyeluruh.

5. Mengurangi resiko penyakit Jantung

Ternyata Ini 5 Manfaat Nyeker Bagi Kesehatan TubuhUnsplash.com/BrinaBlum

Satu lagi manfaat berjalan tanpa alas kaki yang bisa buat kamu jadi suka berjalan tanpa alas kaki. Ternyata, berjalan nyeker itu mampu menurunkan resiko penyakit jantung yang terkenal banyak korbannya itu lho!

Berdasarkan studi yang diterbitkan di Journal of Alternative and Complementary Medicine, mengungkapkan bahwa grounding mampu mengurangi pembekuan dan pengentalan darah dalam sel darah merah yang menjadi faktor utama penyakit kardiovaskular.

Itulah kelima manfaat berjalan nyeker bagi tubuh kita. Tapi ingat juga ya, berjalan tanpa alas kaki haruslah di tempat yang bersih dan aman tentunya!

Baca Juga: Hindari 6 Bahan Kain Ini, karena Kandungannya Membahayakan Kesehatanmu

Muhammad Imam Maulana Photo Community Writer Muhammad Imam Maulana

Anak Bola yang mulai mencari hal baru.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You