Comscore Tracker

9 Manfaat Kesehatan Ikan Sidat, dari Kecerdasan hingga Panjang Umur

Indonesia jadi penghasil utama ikan sidat di dunia

Bagi yang belum tahu, ikan sidat memiliki bentuk yang mirip dengan ikan belut. Perbedaan yang paling mencolok adalah sirip. Ikan sidat memiliki sirip di dekat kepalanya menyerupai telinga, sedangkan belut tidak memilikinya.

Ikan sidat bisa hidup di dua alam, yaitu air tawar dan air laut. Saat reproduksi, sidat akan menuju ke laut dan setelah cukup besar akan kembali ke air tawar atau sungai. Hal ini berkebalikan dengan ikan salmon. Meski begitu kandungan gizi yang dimiliki ikan sidat tidak jauh berbeda dengan ikan salmon.

Kebanyakan masyarakat Jepang mengimpor ikan sidat dari Indonesia dalam jumlah besar karena manfaatnya yang luar biasa. Sebagai negara memiliki sumber ikan sidat yang melimpah, masyarakat Indonesia harus bisa mengetahui dan memanfaatkan ikan sidat. Apa saja? Berikut beberapa khasiat yang terdapat pada ikan sidat.

1. Meningkatkan kecerdasan otak dan daya ingat

9 Manfaat Kesehatan Ikan Sidat, dari Kecerdasan hingga Panjang Umurunsplash.com/@jtylernix

Didalam ikan sidat terdapat DHA dan EPA sangat baik bagi perkembangan otak terutama pada anak yang sedang mengalami pertumbuhan. Selain itu, ikan sidat juga baik untuk kaum dewasa karena mampu meningkatkan daya ingat dan mencegah pikun.

2. Memperpanjang umur

9 Manfaat Kesehatan Ikan Sidat, dari Kecerdasan hingga Panjang Umurunsplash.com/@huyennguyen

Omega 3 di dalam ikan sidat ini dapat mengatur imunitas tubuh manusia. Omega 3 dapat melawan beberapa penyakit seperi lupus, kolitis ulserativa, dan penyakit yang menyerang sel-sel yang memporduksi insulin lainnya. Zat yang banyak terdapat dalam lemak sidat ini juga terbukti mampu mengobati depresi serta gejala penyakit kejiwaan.

3. Menurunkan kandungan lemak jahat dalam tubuh

9 Manfaat Kesehatan Ikan Sidat, dari Kecerdasan hingga Panjang Umurpixabay.com/publicdomainpictures

Kamu sedang menjalankan program diet? Tidak perlu takut untuk mengonsumsi daging ikan sidat ini. Justru,Lemak baik yang terkandung pada ikan sidat akan membantu mendorong lemak jahat yang bersarang di tubuh kamu.

Baca Juga: 8 Jenis Jamur Paling Mematikan di Dunia, Pastikan untuk Menjauhinya Ya

4. Mengandung gizi yang sangat penting untuk pertumbuhan

9 Manfaat Kesehatan Ikan Sidat, dari Kecerdasan hingga Panjang Umurunsplash.com/@benwhitephotography

Kandungan zink yang terdapat pada sidat sebanyak 9 kali lipat dari kandungan pada susu sapi. Oleh karena itu, ikan sidat dipercaya sebagai kandungan gizi sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Zink berperan dalam respon imun, fungsi otak, dan kemampuan reproduksi sel dalam tubuh.

5. Mencegah terjadinya penyakit jantung

9 Manfaat Kesehatan Ikan Sidat, dari Kecerdasan hingga Panjang Umurunsplash.com/@giulia_bertelli

Ikan sidat dipercaya dapat mengatasi permasalahan sistem kerja kardiovaskuler. Penyakit yang umunya terjadi akibat masalah pada sistem kardiovaskuler adalah serangan jantung, nyeri dada hingga stroke. Kamu pastinya tidak ingin sampai mengalami penyakit tersebut, jadi sering-seringlah mengonsumsi ikan sidat agar terhindar dari penyakit kardiovaskuler.

6. Menjaga tekanan darah

9 Manfaat Kesehatan Ikan Sidat, dari Kecerdasan hingga Panjang Umurunsplash.com/@benwhitephotography

Zink dalam ikan sidat juga dapat berfungsi mengatur angiotensin dan endotelin yang mempengaruhi tekanan darah. Jadi untuk memenuhi mineral ini kamu perlu sering-sering konsumsi ikan sidat ini. Dengan sering mengkonsumsi ikan sidat diharapkan tekanan darah kita  tetap normal dan stabil.

7. Mengandung Vitamin yang sangat dibutuhkan tubuh

9 Manfaat Kesehatan Ikan Sidat, dari Kecerdasan hingga Panjang Umurunsplash.com/@rainierridao

Sidat mengandung beberapa vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia yakni vitamin B1, B2 dan A. Vitamin tersebut sangat banyak ditemukan di ikan sidat. Jadi ikan sidat akan memenuhi kekurangan vitamin yang sedang kamu alami.

8. Menjaga kesehatan mata

9 Manfaat Kesehatan Ikan Sidat, dari Kecerdasan hingga Panjang Umurpixabay.com/publicdomainpictures

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa vitamin A yang terkandung didalam ikan sidat sangat melimpah. Vitamin A membantu menjaga pembuluh darah mata ke otak agar tidak menyempit.Selain itu, vitamin A dapat mencegah pembentukan radikal bebas yang dapat merusak sel retina dan lensa. Sehingga, vitamin A dapat sebagai pencegah katarak dan degenerasi macula pada retina.

9. Sebagai antioksidan

9 Manfaat Kesehatan Ikan Sidat, dari Kecerdasan hingga Panjang Umurunsplash.com/@esdesignisms

Beta karoten merupakan senyawa antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas. Jadi dengan sering mengkonsumsi ikan sidat yang kaya akan beta karoten, akan membantu kamu dalam meningkatkan imunitas tubuh dan menjauhkan kita dari radikal bebas.

Jelas bahwa ikan ini memang sangat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Maka, sangat wajar jika ikan ini dicari berbagai negara. Tertarik mengonsumsi ikan sidat? Kamu dapat membeli di pasar terdekat, atau memancing sendiri di alam bebas.

Baca Juga: 7 Manfaat Mengonsumsi Ikan Secara Rutin, Bikin Tambah Sehat

Muhammad Rafi Athallah Photo Community Writer Muhammad Rafi Athallah

Change the WORLD by your WORD

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You