6 Makanan yang Dilarang Dikombinasikan dengan Minuman Bersoda 

Lebih baik mengonsumsi air putih saja, lebih menyehatkan!

Minuman bersoda dapat dikategorikan dengan minuman yang kurang menyehatkan. Beberapa penelitian juga menyatakan minuman bersoda menyebabkan beberapa penyakit berbahaya. Kandungan yang ada pada minuman bersoda dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Beberapa kandungannya dapat menjadi boomerang untuk siapa saja yang sering mengonsumsinya. Ditambah lagi meminumnya dibarengi dengan makanan dan minuman yang dapat menambah risiko gangguan kesehatan seperti di bawah ini.

1. Pizza

6 Makanan yang Dilarang Dikombinasikan dengan Minuman Bersoda unsplash.com/@evelynnnnn

Pizza ditambah minuman soda yang menyegarkan. Meski banyak yang mengonsumsi keduanya secara bersamaan, kebiasaan ini akan menimbulkan berbagai gangguan kesehatan di kemudian hari. Dari segi kandungan pizza dan soda sama-sama mengandung fruktosa dan karbohidrat tinggi. Jadi kombinasi keduanya akan menimbulkan perlambatan proses pencernaan. Kandungan fruktosa yang tinggi akan menambah kadar gula dalam darah kamu.

2. Berbahan dasar susu

6 Makanan yang Dilarang Dikombinasikan dengan Minuman Bersoda unsplash.com/@dhudson_creative

Susu mengandung banyak kalsium dan soda mengandung karbonat,kedua senyawa tersebut jika digabungkan akan menjadi kalsium karbonat (CaCO3). Kalsium karbonat adalah senyawa yang sukar untuk dilarutkan dengan air, bahkan sangat sulit untuk dicerna oleh tubuh. Jika terlalu sering dapat diperkirakan senyawa tersebut akan mengendap di ginjal hingga menyebabkan batu ginjal.

3. Durian

6 Makanan yang Dilarang Dikombinasikan dengan Minuman Bersoda unsplash.com/@gliezl

Bagi sebagian orang yang memiliki masalah kesehatan berupa diabetes dan darah tinggi, sebaiknya hindari konsumsi durian dan soda ini. Efek dari kombinasi keduanya dapat memperparah penyakit yang dialami. Durian dan soda sama-sama memiliki kandungan gas yang banyak sehingga dapat menimbulkan rasa kembung. Sebaiknya beri jeda waktu untuk kedua makanan ini, sekitar satu jam.

Baca Juga: 5 Bahaya Buat Kamu yang Suka Minum Soda, Lebih Baik Hindari Ya!

4. Makanan pedas

6 Makanan yang Dilarang Dikombinasikan dengan Minuman Bersoda unsplash.com/@adichrisworo

Makanan yang memiliki sensasi pedas akan menyebabkan suhu tubuh kita menjadi naik. Pada suhu tubuh yang tinggi tersebut soda dapat berubah menjadi asam sulfat. Asam sulfat sendiri sangat buruk bagi sistem percenaan salah satunya keracunan.

5. Mi instan

6 Makanan yang Dilarang Dikombinasikan dengan Minuman Bersoda pixabay.com/iritae

Soda mengandung asam,  mi instan mengandung zat alkalin, gabungan keduanya akan memproduksi gas karbondioksida dalam perut. Jumlah gas yang ditimbulkan sangat banyak hingga yang paling buruk adalah rasa sakit di dalam perut yang luar biasa. Selain itu dampak dari gas berlebih juga dapat menyebabkan pembesaran usus yang akan menimbulkan masalah pencernaan yang serius.

6. Berkafein

6 Makanan yang Dilarang Dikombinasikan dengan Minuman Bersoda pixabay.com/skitterphoto

Ketika soda dan kopi atau makanan dengan kafein tinggi bercampur, kadar kafein akan meningkat, jika tidak terkontrol akan menyebabkan overdosis kafein. Gejala dari overdosis kafein seperti halusinasi, mual, diare, haus berlebihan, maupun sering buang air kecil. Jika terus dibiarkan, overdosis kafein dapat menyebabkan kematian.

Minuman soda memang tidak ada manfaatnya bagi tubuh, bahkan membahayakan. Pada dasarnya, mau mengonsumsi apapun dibarengi dengan soda memang tidak baik. Alangkah baiknya kamu ganti kebiasaan minum minuman bersoda dengan mengonsumsi air putih. Yuk jaga kesehatan, karena yang akan merasakan mafaatnya adalah diri kamu sendiri.

Baca Juga: Hati-hati! Konsumsi Minuman Bersoda, 5 Resiko Ini Mengintaimu

Muhammad Rafi Athallah Photo Community Writer Muhammad Rafi Athallah

Change the WORLD by your WORD

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You