Comscore Tracker

7 Kebiasaan Buruk yang Dapat Menyebabkan Kanker Kulit, Hati-Hati Loh!

Sebaiknya kamu hindari ya!

Kanker merupakan penyakit yang sulit untuk disembuhkan. Pembiayaan yang mahal dan kemungkinan sembuh yang minim menyebabkan sebagian orang untuk menyerah pada kondisi kanker ini. Kanker memiliki berbagai jenis, contohnya kanker kulit. Penyebab utama kanker kulit adalah adanya pertumbuhan yang tidak terkontrol dari sel-sel kulit.

Sebelum kamu terserang kanker kulit, ada baiknya kamu wajib tau beberapa kebiasaan buruk yang dapat menumbuhkan sel kanker kulit pada tubuh kamu.

1. Merokok

7 Kebiasaan Buruk yang Dapat Menyebabkan Kanker Kulit, Hati-Hati Loh!Unsplash/Ander Burdain

Dengan merokok kamu hanya dapat hal-hal negatifnya saja, tidak ada efek yang positif bagi kesehatan. Dampak merokok tidak hanya menimbulkan kanker, namun beberapa penyakit seperti jantung, hipertensi dan lain sebagainya. Nikotin yang terkandung di dalam rokok akan menstimulasi perkembangan sel kanker. Pada umumnya sel kanker akan tumbuh pada bagian paru-paru, tapi tidak menutup kemungkinan akan tumbuh juga pada bagian kulit, karena kulit juga sering terkena paparan asap rokok. Jadi berhentilah merokok dan cari aktivitas positif lainnya agar terhindar dari rasa ingin merokok.

2. Penggunaan kosmetik bermutu rendah

7 Kebiasaan Buruk yang Dapat Menyebabkan Kanker Kulit, Hati-Hati Loh!unsplash.com/@gabriellehenderson

Dalam memilih kebutuhan makeup, para wanita harus jeli membeli produk kosmetik baik untuk kesehatan kulit. Jangan tergiur dengan harga-harga yang murah namun sangat merugikan bagi kulit. Utamakan membeli produk yang terbukti alami dan tidak mengandung banyak bahan kimia

3. Sering melakukan tanning atau mencoklatkan kulit dengan alat UV

7 Kebiasaan Buruk yang Dapat Menyebabkan Kanker Kulit, Hati-Hati Loh!unsplash.com/@sotti

Mungkin di Indonesia sendiri tanning menggunakan alat sangat jarang ditemukan. Tapi, hanya sekadar info untuk kamu yang mungkin akan mencoba mencoklatkan kulit dengan alat UV lebih baik konsultasi dengan pakar atau dokter yang mengerti tentang tanning itu sendiri.

4. Sering terkena radiasi perangkat elektronik

7 Kebiasaan Buruk yang Dapat Menyebabkan Kanker Kulit, Hati-Hati Loh!unsplash.com/@pathum_danthanarayana

Sumber radiasi memang macam-macam, ada yang dari pabrik industri, komputer hingga handphone yang kita genggam juga dapat menjadi sumber radiasi. Oleh karena itu, kurangi penggunaan dan jauhi sumber radiasi yang berpotensi memicu timbulnya sel kanker kulit.

Baca Juga: Ini 5 Tanda Krim Wajahmu Berbahaya, Bisa Berisiko Kanker Kulit Lho!

5. Terkena sinar matahari langsung

7 Kebiasaan Buruk yang Dapat Menyebabkan Kanker Kulit, Hati-Hati Loh!unsplash.com/@royaannmiller

Sudah bukan rahasia lagi jika sinar matahari dapat memicu pertumbuhan sel kanker. Memang sinar matahari baik untuk kesehatan, tapi itu hanya untuk pagi hari, jika sudah lewat jam 10 maka sinar matahari akan menjadi buruk untuk kesehatan kulit. Jika kamu sering melakukan aktivitas outdoor disarankan untuk memakai tabir surya atau pakaian yang dapat menutupi semua permukaan kulit kamu

6. Tidak menjaga asupan makanan

7 Kebiasaan Buruk yang Dapat Menyebabkan Kanker Kulit, Hati-Hati Loh!unsplash.com/@annapelzer

Penyakit kanker juga dapat berasal dari makanan yang kita konsumsi. Asupan makanan yang baik dan seimbang akan membuat imun tubuh kamu tidak mudah untuk terserang kanker kulit. Jadi kurangi makanan yang kurang sehat dan beralih pada buah dan sayuran.

7. Sering bepergian menggunakan pesawat

7 Kebiasaan Buruk yang Dapat Menyebabkan Kanker Kulit, Hati-Hati Loh!unsplash.com/@punttim

Studi University of California menjelaskan bahwa paparan sinar pada saat kita terbang akan meningkatkan risiko terkena radiasi dari sinar UV. Oleh sebab itu, meskipun di dalam pesawat, kamu harus tetap melindungi kulit kamu atau pilihlah penerbangan di malam hari.

Itu tadi beberapa kebiasaan yang harus kamu hindari. Jika kamu sering melakukan satu di antaranya, lebih baik kamu tinggalkan kebiasaan itu. Rawat dan lindungi kulit kamu agar terhindar dari berbagai jenis penyakit kulit lainnya.

Baca Juga: Gak Perlu Mahal, Lakukan 5 Cara Ini untuk Merawat Kesehatan Kulit

Muhammad Rafi Athallah Photo Verified Writer Muhammad Rafi Athallah

Change the WORLD by your WORD

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya