Comscore Tracker

6 Perlengkapan Saat Isolasi Mandiri yang Perlu Dipersiapkan 

Buat isolasi mandiri kamu jadi MAXimal! #IniBaruGokil

Sebagian dari pasien positif COVID-19 dirawat di rumah sakit, namun untuk pasien gejala ringan dapat isolasi mandiri di rumah. Untuk pasien yang dirawat di rumah sakit pastinya sudah mendapatkan pelayanan dari tim medis. Berbeda dengan pasien yang melakukan isolasi mandiri di rumah, mereka hanya berada di rumah.

Nah, jika kamu adalah pasien yang harus melakukan isolasi mandiri di rumah, ada beberapa perlengkapan dasar yang harus disiapkan.

1. Termometer atau alat pengecek suhu tubuh

6 Perlengkapan Saat Isolasi Mandiri yang Perlu Dipersiapkan Ilustrasi thermo gun (unsplash.com/Mufid Majnun)

Termometer adalah alat yang wajib kamu miliki selama menjalani isolasi mandiri. Kamu dapat mendeteksi suhu tubuh kamu sehingga kamu dapat mendiagnosis keadaan tubuhmu secara mandiri.

Jenis dan bentuk dari termometer cukup beragam. Kamu bisa memilih jenis termometer yang paling sesuai untukmu.

2. Oxymeter 

6 Perlengkapan Saat Isolasi Mandiri yang Perlu Dipersiapkan oxymeter (instagram.com/jastip.sabiyuk)

Oxymeter merupakan sebuah alat yang penggunaannya untuk mengukur kadar satutasi oksigen dalam darah. Cara menggunakannya dengan dijepit di jari selama beberapa detik. Nah untuk mengukur kadar saturasi oksigen dalam darah, jika normalnya diatas 90% untuk pasien-pasien COVID-19 biasanya diatas 90%.

3. Disinfektan spray  

Disinfektan digunakan untuk menyemprot bagian-bagian rumah atau benda-benda pasca digunakan oleh teman-teman yang positif COVID-19 di rumah.

Misalkan untuk keluarga yang di rumahnya hanya ada satu kamar mandi, otomatis akan menggunakannya secara bergantian. Nah, disinfektan spray ini bisa kamu gunakan untuk menyemprot gagang kamar mandi atau toilet.

Saat ini sudah ada berbagai jenis disinfektan spray yang beredar di pasaran dan mudah untuk ditemukan di minimarket.

Baca Juga: 7 Tips Pulih dari COVID-19 saat Isolasi Mandiri di Rumah

4. Hand sanitizer 

6 Perlengkapan Saat Isolasi Mandiri yang Perlu Dipersiapkan Ilustrasi menggunakan hand sanitizer (instagram.com/aloeverawestcoast)

Hand sanitizer ini biasanya untuk membersihkan tangan setiap habis kontak dengan barang-barang ataupun dengan pasien positif COVID-19 yang ada di rumah.

Hand sanitizer ini banyak sekali jenisnya, ada yang jenisnya cair, gel, dan spray. Pemilihan hand sanitizer dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

5. Vitamin 

6 Perlengkapan Saat Isolasi Mandiri yang Perlu Dipersiapkan Ilustrasi vitamin (unsplash.com/Kayla Maurais)

Vitamin banyak diberikan untuk pasien COVID-19 dikarenakan proses recovery untuk penyembuhan dengan meningkatkan imunitas tubuh. Oleh karena itu, vitamin sangat dibutuhkan, misalnya vitamin C, vitamin D, atau ada juga beberapa dokter yang memberikan vitamin B-kompleks.

Setiap akan mengonsumsi obat atau vitamin, tolong diperhatikan dosis dan kandungan yang tertera di dalamnya ya.

6. Minyak angin 

6 Perlengkapan Saat Isolasi Mandiri yang Perlu Dipersiapkan Ilustrasi minyak angin (instagram.com/rocket1962oil_)

Minyak kayu putih, minyak kutus-kutus atau minyak telon barang yang wajib kamu persiapkan. Kegunaannya sendiri untuk menghangatkan badan maupun untuk membuat nyaman pernapasan.

7. Kuota internet

6 Perlengkapan Saat Isolasi Mandiri yang Perlu Dipersiapkan Kartu Perdana Smarfreen GOKIL MAX 36 GB (dok. pribadi/Muhammad Rafi Athallah)

Saat isolasi mandiri tentunya kamu akan banyak berdiam diri di ruangan dengan jangka waktu kurang lebih 14 hari. Agar kamu dapat mengisi waktu luang yang ada, kamu dapat melakukan aktivitas yang produktif atau yang menghibur.

Hal yang paling sederhana dan mudah untuk dilakukan adalah memanfaatkan jaringan internet. Kamu dapat menonton streaming YouTube, scrolling TikTok, video call dengan keluarga, atau bermain game bareng teman.

Tentunya untuk menunjang aktivitas di atas kamu perlu mempersiapkan jaringan internet yang kencang dan anti macet.

Kamu gak perlu bingung, karena Smartfren mengeluarkan kartu perdana Smartfren GOKIL MAX yang dapat menemani kamu selama isolasi mandiri. Dengan kuota super MAXimal hingga 36 GB, kamu dapat puas streaming YouTube, nonton Netflix, dan mengakses media sosial kamu.

Kuota yang ada sendiri terbagi jadi 2, yaitu kuota nasional dan kuota lokal. Seluruh kuota internet ini bisa kamu pakai selama 24 jam dan dengan semua aplikasi yang kamu mau. 

Soal jaringan internet sudah tidak perlu diragukan lagi karena jaringannya 4G dan stabil. Untuk harganya sangat terjangkau yakni mulai dari 30 ribuan kamu sudah dapat merasakan koneksi internet yang lancar dan kuota MAXimal.

Jadi persiapkan Smartfren GOKIL MAX kamu sebelum melakukan isolasi mandiri. 

Baca Juga: 5 Cara Smartfren Gokil Max Menunjang Kreativitas Konten Kreator

Muhammad Rafi Athallah Photo Verified Writer Muhammad Rafi Athallah

Change the WORLD by your WORD

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya