Comscore Tracker

6 Pertolongan Pertama Saat Disengat Ubur-ubur, Jangan Digaruk!

Wajib tau bagi kamu yang sering berenang di laut !

Beberapa kasus yang beredar, sengatan ubur-ubur dapat menimbulkan rasa nyeri hingga ada yang berujung kematian. Oleh karena itu, bagi kamu yang sering berenang di laut agar memahami beberapa cara yang tepat untuk memberikan pertolongan pertama pada sengatan ubur-ubur.

1. Tetap tenang dan perlahan menuju pantai

6 Pertolongan Pertama Saat Disengat Ubur-ubur, Jangan Digaruk!unsplash.com/@timmarshall

Jika baru saja merasakan sengatan ubur-ubur, bagian tubuh yang tersengat sebisa mungkin harus keluar dari air. Dalam keadaan tersebut kamu disarankan untuk tidak panik, tetaplah tenang dan coba untuk menepi ke pantai. Mintalah pertolongan teman atau orang yang ada di sekitar kamu untuk membantu kamu.

2. Dilarang menyentuh dan menggaruk secara langsung pada area sengatan

6 Pertolongan Pertama Saat Disengat Ubur-ubur, Jangan Digaruk!pixabay.com/hans

Setelah berada di pantai, jangan sesekali kamu menyentuh sengatan yang ada di tubuh kamu secara langsung. Hal itu akan menyebabkan penyebaran racun pada area yang lain pada tubuh kamu.

3. Keluarkan tentakel

6 Pertolongan Pertama Saat Disengat Ubur-ubur, Jangan Digaruk!unsplash.com/@sanfrancisco

Saat mengeluarkan tentakel ubur-ubur, kamu dianjurkan untuk memakai sarung tangan atau jika ada gunakan pinset. Jangan sesekali kamu mengeluarkan tentakel dengan tangan kosong.

Baca Juga: Puluhan Wisatawan di Pantai Parangtritis Tersengat Ubur-Ubur 

4. Basuh sengatan dengan air cuka

6 Pertolongan Pertama Saat Disengat Ubur-ubur, Jangan Digaruk!pixabay.com/stocksnap

Basuhlah bagian yang terkena sengatan dengan air cuka (asam asetat) untuk mematikan nematosit serta menghentikan aliran racun. Air cuka disarankan karena dapat menghilangkan rasa sakit dari sengatan.

5. Jika semakin memburuk, segera panggil ambulan atau bawa ke rumah sakit terdekat

6 Pertolongan Pertama Saat Disengat Ubur-ubur, Jangan Digaruk!unsplash.com/@coolmilo

Ada sebagian orang yang mungkin alergi dengan sengatan ubur-ubur. Jika seseorang yang terkena sengatan mengalami sesak napas, mual, dan kejang otot, maka segeralah untuk mendapatan penanganan oleh dokter. Segeralah hubungi ambulans dan bawa ke rumah sakit terdekat.

6. Gunakan obat pereda nyeri

6 Pertolongan Pertama Saat Disengat Ubur-ubur, Jangan Digaruk!unsplash.com/@brett_jordan

Rasa nyeri yang timbul akibat sengatan memang sangat menyiksa. Agar tidak terganggu dengan rasa nyeri yang luar biasa, kamu dapat menggunakan obat anti nyeri. Kamu bisa menggunakan obat oles atau obat konsumsi untuk menghilangkan rasa nyeri.

Kita memang tidak dapat menduga akan tersengat dengan ubur-ubur atau binatang laut yang beracun lainnya. Ada baiknya kita harus tetap waspada dan hati-hati setiap berkunjung ke laut manapun. Disarankan juga jika kamu ingin berenang di laut, gunakanlah pakaian yang dapat menutupi sebagian besar tubuh kamu. hal ini akan meminimalisir hal-hal buruk terjadi selama kamu berenang di laut.

Baca Juga: Serangan Ubur-ubur di Queensland Membuat Ribuan Orang Tersengat

Muhammad Rafi Athallah Photo Community Writer Muhammad Rafi Athallah

Change the WORLD by your WORD

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You