Comscore Tracker

5 Hal yang Wajib Diketahui sebelum Menggunakan Retinol untuk Wajah

Jangan pakai retinol dan exfoliant secara bersamaan

Jerawat adalah masalah kulit yang dialami laki-laki maupun perempuan. Kemunculannya tentu bikin tak nyaman, merusak penampilan, menurunkan rasa percaya diri, bahkan bisa bikin stres. Berbagai cara pun dilakukan untuk mengatasi jerawat, salah satunya dengan penggunaan skincare yang mengandung retinol.

Retinol adalah salah satu senyawa kimia selain benzoyl peroxide dan salicyclic acid yang sering digunakan untuk mengobati jerawat pada kulit termasuk whitehead dan blackhead. Retinol umumnya bisa dibeli tanpa melalui resep dari dokter, sedangkan obat jerawat dengan bahan aktif Retin-A dan Accutane membutuhkan resep dari dokter.

Selain untuk mengobati jerawat, retinol juga memiliki fungsi anti-aging seperti menghilangkan keriput atau kerutan wajah, sehingga tidak heran produk skincare yang mengandung retinol digemari. Hanya saja ada hal-hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memutuskan untuk menggunakan produk perawatan wajah dengan bahan aktif retinol. Apa saja? Simak penjelasan di bawah ini sampai habis, ya!

1. Siapa saja yang tidak dianjurkan untuk menggunakan retinol?

5 Hal yang Wajib Diketahui sebelum Menggunakan Retinol untuk Wajahpexels.com/freestocks.org

Dr. Debra Jaliman di laman WebMD menyebutkan bahwa ibu hamil tidak dianjurkan untuk menggunakan produk skincare dengan bahan aktif retinol. Melansir Parents, disebutkan bahwa menggunakan skincare dengan fungsi anti-aging yang memiliki bahan aktif retinol memiliki risiko cacat pada janin yang sedang dikandung.

Retinol juga tidak dianjurkan untuk orang-orang yang memiliki kulit sangat sensitif seperti pasien eksem. Dr. Zenovia Gabriel menjelaskan kepada Healthline bahwa pemilik kulit sensitif, misalnya pada penderita rosasea, tidak bisa menerima retinol yang dioleskan di permukaan kulit.

2. Jangan pakai skincare dengan bahan aktif retinol pada pagi dan siang hari

5 Hal yang Wajib Diketahui sebelum Menggunakan Retinol untuk Wajahfreepik.com/freepik

Skincare berbahan aktif retinol tidak dianjurkan untuk dipakai pada pagi dan siang hari. Karena, menurut Dr. Joshua Zeichner kepada NBC News, sinar matahari akan membuat retinol menjadi tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Retinol dianjurkan untuk digunakan pada malam hari dan tidak diusapkan di dekat area mata. 

Selain itu, pada penggunaan retinol secara rutin, kamu sangat disarankan untuk menggunakan tabir surya pada pagi hari untuk mencegah kulit memerah dan iritasi, karena retinol membuat lapisan kulit paling atas atau luar menjadi tipis.

Baca Juga: Posisi dan Jenis Jerawat Bisa Menunjukkan Masalah Kesehatan

3. Jangan mencampur retinol dengan skincare berbahan aktif ini  

5 Hal yang Wajib Diketahui sebelum Menggunakan Retinol untuk Wajahfreepik.com/jcomp

Saat menggunakan produk skincare, pastikan untuk tidak mencampur retinol dengan produk dengan bahan aktif ini:

  • Benzoyl peroxide dan chemical exfoliant karena akan menyebabkan kulit wajah iritasi dan mengakibatkan kandungan retinol tidak bekerja secara maksimal.
  • Sunscreen atau SPF. Retinol dan SPF sebagai dua bahan aktif di dalam produk kosmetik tidak bekerja dengan baik. Dr. Debra menyebutkan bahwa kosmetik yang mengandung retinol apabila digunakan di pagi atau siang hari justru akan membuat kulit wajah menua, meskipun di dalam produk tersebut tertera mengandung SPF. 
  • Toner, astringent, dan cleanser yang mengandung obat. Menggunakan toner dan retinol secara bersamaan akan membuat kulit menjadi kering dan iritasi. 
  • Serum Vitamin C. Retinol dan Vitamin C serum tidak dapat dicampur karena vitamin C sifatnya asam, sehingga menjadi tidak aktif saat dicampur dengan retinol. 

4. Hentikan penggunaan retinol saat hendak melakukan laser atau wax pada kulit wajah

5 Hal yang Wajib Diketahui sebelum Menggunakan Retinol untuk WajahFreepik.com/senivpetro

Sebaiknya hentikan penggunaan retinol beberapa minggu atau hari sebelum melakukan perawatan laser atau wax, misalnya eyebrow wax. Pastikan kamu konsultasi dulu dengan dokter di klinik kecantikan sebelum menggunakan program laser atau wax untuk mencegah iritasi dan sensasi terbakar pada kulit.

Ini dikarenakan penggunaan retinol mendorong pergantian sel kulit, sehingga kulit lapisan luar menjadi tipis.

5. Jangan menggunakan retinol dalam jumlah banyak di awal penggunaan. 

5 Hal yang Wajib Diketahui sebelum Menggunakan Retinol untuk Wajahfreepik.com/freepik

Dapat dipahami bahwa kita semua menginginkan kulit wajah yang bersih, halus, dan bersinar. Namun, menggunakan skincare dengan bahan aktif retinol secara berlebihan tanpa pengawasan dokter spesialis kulit tidak akan menghasilkan kulit wajah bersih dan cerah.

Melansir laman University of California (UCI) Health, disebutkan bahwa untuk pengguna yang ingin mendapatkan efek anti-aging pada kulit, dianjurkan untuk menggunakan retinol satu kali dalam seminggu dan perlahan-lahan baru meningkatkan frekuensi penggunaan. 

Untuk kulit wajah yang berjerawat, mengutip Healthline, kamu dianjurkan untuk menggunakan retinol pada malam hari satu kali dalam seminggu, kemudian menjadi 2-3 kali dalam seminggu, sambil memperhatikan kondisi kulit dan jerawat.

Disebutkan juga bahwa produk perawatan kulit dengan fungsi utama anti-aging yang mengandung retinol mungkin tidak diformulasikan untuk mengobati jerawat, misalnya mengandung wewangian atau minyak yang dapat memicu munculnya jerawat. Maka dari itu, sebelum membeli produk apa pun, cek bahan-bahan apa saja yang ada dalam produk produk tersebut.

Itulah lima hal yang patut dipertimbangkan sebelum menggunakan produk perawatan kulit dengan bahan aktif retinol. Kamu sangat dianjurkan untuk memeriksa bahan-bahan dari setiap produk yang hendak dibeli. Bila ragu atau mengalami iritasi, segera konsultasi dengan dokter spesialis kulit sebelum terlambat. 

Baca Juga: 10 Cara Ampuh Mencegah Maskne, Jerawat Bandel akibat Pakai Masker

MW S Photo Verified Writer MW S

"Less is More" Ludwig Mies Van der Rohe. I post pictures of travel destinations and random things on Instagram @m.w.s.34

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya