Comscore Tracker

5 Dampak Tidak Membersihkan Lidah Secara Rutin, Bisa Berdampak Fatal!

Cegah mulai sekarang, yuk!

Menyikat gigi dan membersihkan gigi dengan benang gigi atau dental floss telah diketahui sebagai bentuk perawatan gigi yang paling utama. Namun membersihkan lidah ternyata merupakan kegiatan yang sebaiknya tak dilewatkan.

Bukan tanpa alasan, lidah dapat menjadi rumah dari ratusan bakteri jahat yang berisiko mengganggu keseimbangan flora di dalam mulut. Karenanya, menyikat lidah setidaknya sekali dalam sehari dianjurkan untuk menghindari deretan kondisi berikut ini.

1. Halitosis atau bau mulut

5 Dampak Tidak Membersihkan Lidah Secara Rutin, Bisa Berdampak Fatal!ilustrasi napas bau (freepik.com/Racoon_studio)

Akumulasi bakteri yang memproduksi sulfur di bagian pangkal lidah dan tenggorokan diketahui sebagai salah satu penyebab bau mulut. Dilansir Better Health, lidah memang merupakan "habitat alami" dari bakteri ini.

Namun di waktu-waktu tertentu, bakteri ini mulai memecahkan molekul protein dengan cepat dan memproduksi senyawa sulfur yang memberikan bau tak sedap. Karenanya, pembersihan permukaan lidah dengan lembut dan menyeluruh sangat disarankan.

2. Kemampuan indera perasa menurun

5 Dampak Tidak Membersihkan Lidah Secara Rutin, Bisa Berdampak Fatal!ilustrasi orang kehilangan nafsu makan (pexels.com/Kevin Malik)

Sisa makanan, bakteri, sel-sel kulit mati yang berasal dari bagian pipi dalam, bibir, atau langit-langit dapat menumpuk pada permukaan lidah dan membentuk lapisan yang disebut biofilm sebagaimana dijelaskan dalam laman Women's Health Magazine.

Kondisi tersebut berisiko mengganggu fungsi lidah sebagai indra pengecap sehingga kemampuannya dalam merasakan makanan menurun. Kondisi ini bukan tak mungkin mengurangi selera makan sebab rasa makanan menjadi kurang tajam.

3. Lidah berbulu hitam

5 Dampak Tidak Membersihkan Lidah Secara Rutin, Bisa Berdampak Fatal!ilustrasi lidah berbulu hitam (mayoclinic.com)

Pada permukaan lidah terdapat banyak tonjolan kecil yang disebut papila dan mengandung kuncup pengecap atau taste buds di dalamnya. Mengacu Mayoclinic, papila lidah memiliki struktur yang panjang sehingga sisa makanan dan bakteri mudah terjebak di dalamnya dan menimbulkan noda lebih gelap.

Kondisi ini sebetulnya bersifat sementara serta tidak berbahaya bagi kesehatan gigi dan mulut. Namun dari sisi estetis, ini dapat mengganggu penampilan dan menurunkan rasa percaya diri.

Baca Juga: 5 Manfaat Sirih Merah untuk Kesehatan, Ampuh Atasi Bau Mulut!

4. Infeksi jamur atau oral thrush

5 Dampak Tidak Membersihkan Lidah Secara Rutin, Bisa Berdampak Fatal!ilustrasi infeksi jamur (pixabay.com/kreatikar)

Umumnya di dalam rongga mulut terdapat jamur dalam jumlah kecil. Namun pertumbuhan jamur yang abnormal, salah satunya karena jarang membersihkan lidah, berisiko memicu infeksi yang secara medis disebut oral thrush.

Mengutip Healthline, kondisi ini tidak bersifat berbahaya. Namun orang-orang dengan sistem imunitas yang lemah, seperti penderita HIV atau mereka yang tengah menjalani kemoterapi, infeksi bisa menyebar ke bagian tubuh lain dan menyebabkan komplikasi yang serius.

5. Penyakit periodontal

5 Dampak Tidak Membersihkan Lidah Secara Rutin, Bisa Berdampak Fatal!ilustrasi sakit gigi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Bakteri yang menumpuk pada permukaan lidah dapat menyebar ke area gusi dan memicu peradangan. Ini menyebabkan gusi tampak merah dan bengkak. Jika dibiarkan, kondisi ini bisa berkembang menjadi lebih serius.

Dilansir Harvard Health Publishing, radang gusi kronis bisa meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung hingga 2 sampai 3 kali lipat. Tentu kamu tidak ingin hal seperti itu terjadi bukan?

Di samping menyikat gigi dan melakukan flossing gigi, rutinlah membersihkan lidah agar kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga. Gunakan sikat dengan bulu halus dan bersihkan seluruh permukaan lidah dari pangkal hingga ujung. Lakukan setidaknya sekali dalam sehari. Yuk, terapkan beberapa tips tersebut supaya terhindar dari gangguan kesehatan gigi dan mulut!

Baca Juga: 6 Penyebab Bau Mulut, Salah Satunya Gusi Bermasalah

Nadhifa Aulia Arnesya Photo Verified Writer Nadhifa Aulia Arnesya

There's art in (art)icle. Hence, writing an article equals to creating an art.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya