Comscore Tracker

5 Hal yang Membuat Skincare Gak Efektif, Harus Lebih Selektif

Jika asal, semua skincare-mu bisa terbuang percuma

Wajah yang bersih dan sehat tentu menjadi impian banyak orang. Karenanya rangkaian perawatan yang tepat harus dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut. Namun melakukan perawatan kulit atau skincare gak bisa asal, lho. Banyak hal yang perlu diperhatikan agar hasilnya maksimal.

Sebab, beberapa hal justru mengurangi efektivitas produk yang kamu gunakan. Tentu kamu gak mau rugi setelah menginvestasikan sejumlah uang dan waktu demi mendapat kulit wajah yang diinginkan. Oleh karena itu, yuk, perhatikan lima hal yang bisa bikin skincare kamu gak bekerja maksimal!

1. Tidak mengatur pola hidup

5 Hal yang Membuat Skincare Gak Efektif, Harus Lebih Selektifpexels.com/Nathan Cowley

Seperti kata banyak orang, beauty comes from within. Artinya, kecantikan paripurna berasal dari dalam diri. Ini berarti kondisi kulit merupakan representasi kesehatan tubuh. Ini menegaskan betapa pentingnya menjaga kesehatan. Salah satunya dengan memerhatikan asupan nutrisi.

Jangan lupa mengadaptasi pola makan seimbang yang terdiri atas sumber karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral dengan porsi cukup dan berasal dari sumber beragam. Selain itu, rutinlah berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari. Atur juga pola tidur dan kelola stres dengan baik.

2. Skin barrier rusak

5 Hal yang Membuat Skincare Gak Efektif, Harus Lebih Selektifilustrasi skin barrier rusak (pexels.com/cottonbro)

Skin barrier merupakan bagian terluar kulit yang berfungsi menjaga lapisan kulit terdalam. Tanpa perlindungan yang optimal, kulit berpotensi mengalami berbagai masalah seperti kering, berjerawat, bahkan bertekstur kasar.

Dampaknya tak berhenti sampai di situ, skin barrier yang rusak justru bisa membuat produk gak bekerja efektif. Ini menjadi alasan mengapa selama ini produk skincare yang kamu gunakan gak memberi hasil maksimal. 

Baca Juga: 5 Fakta Hidrokuinon, Salah Satu Bahan Populer Skincare

3. Menggunakan produk skincare yang keliru

5 Hal yang Membuat Skincare Gak Efektif, Harus Lebih Selektifilustrasi produk perawatan kulit (pexels.com/Harper Sunday)

Jangan-jangan selama ini kamu salah fokus! Sebenarnya permasalahan kulit kamu A, tetapi kamu menggunakan produk untuk permasalahan B. Oleh karena itu, penting banget untuk mencari tahu permasalahan kulit yang kamu alami dengan tepat.

Contohnya seperti poin sebelumnya. Wajahmu sudah lama berjerawat dan tak kunjung membaik meski sudah mencoba berbagai produk untuk jerawat. Namun, bisa jadi permasalahan utamanya terletak pada skin barrier yang rusak.

Hal ini harus jadi dasar pertimbangan untuk memilih produk skincare kamu selanjutnya. Bahan seperti ceramide sangat dianjurkan untuk mengembalikan integritas kulit.

4. Memadukan produk skincare yang kurang tepat

5 Hal yang Membuat Skincare Gak Efektif, Harus Lebih Selektifilustrasi orang mengaplikasikan skincare (pexels.com/Ekaterina Bolovtsova)

Tiap produk skincare mengandung berbagai bahan dengan fungsi beragam. Jika dikombinasikan bersama, beberapa bahan bisa meningkatkan efektivitas kerja satu sama lain. Namun ada juga kombinasi bahan yang justru melemahkan efek bahan lainnya.

Dilansir Everyday Health, berikut ini daftar kombinasi bahan skincare yang sebaiknya dihindari:

  • Retinoid atau retinol dan Alpha Hydroxy Acid (AHA)
  • Retinoid atau retinol dan benzoyl peroxide
  • Retinoid atau retinol dan vitamin C
  • Retinoid atau retinol dan salicylic acid
  • Pembersih berbahan sabun dan vitamin C
  • Bahan skincare yang punya kegunaan sama

5. Perubahan hormonal

5 Hal yang Membuat Skincare Gak Efektif, Harus Lebih Selektifilustrasi meditasi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Poin terakhir menjadi sesuatu yang tak bisa diintervensi. Sebab, ini merupakan bagian dari fisiologis tubuh. Misalnya perubahan hormonal saat menstruasi, hamil, dan menyusui. Namun ada hal lain yang bisa memengaruhi hormon, yakni stres. Nah, ini termasuk sesuatu yang bisa kamu kelola.

Salah satu metode manajemen stres yang bisa kamu lakukan ialah bermeditasi. Menurut keterangan American Psychological Association (APA), melakukan meditasi terbukti bisa mencegah individu bereaksi terhadap hal-hal negatif secara berlebihan. Dengan demikian, kamu bisa lebih tenang dalam menghadapi situasi yang gak menyenangkan.

Merawat wajah ternyata tak hanya sekadar mengaplikasikan produk skincare ke kulit. Ada banyak hal yang harus dicermati. Jangan sampai selama ini perawatanmu gak membuahkan hasil. Jadi, yuk, mulai perhatikan lima hal yang membuat rangkaian skincare kamu gak efektif!

Baca Juga: 5 Fakta tentang Ceramide, Bahan Aktif yang Ada dalam Skincare Kamu

Nadhifa Aulia Arnesya Photo Verified Writer Nadhifa Aulia Arnesya

A philosophy geek who spends most of her time browsing on the internet

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya