Comscore Tracker

5 Pose Yoga untuk Mengobati Penyakit Asam Lambung

Latihan ini sangat baik bagi yang menderita refluks asam

Penyakit asam lambung atau dikenal juga sebagai gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah munculnya rasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan.

Dalam kondisi ini, asam di lambung masuk ke kerongkongan. Ini terjadi ketika ada kerusakan pada katup yang memisahkan lambung dari kerongkongan. Hasilnya, kamu akan merasakan sensasi terbakar di dada dan tenggorokan.

Penyakit asam lambung sering dipicu oleh makanan yang tinggi lemak. Buah jeruk, cokelat, rempah-rempah, kafein, dan alkohol juga dapat menyebabkan refluks asam. Perasaan ini sangat tidak nyaman dan mungkin membuat kamu jadi tidak bisa tidur. Tentu saja, obat bebas selalu menjadi pilihan, tetapi untuk pengobatan yang lebih alami, cobalah berlatih yoga.

Latihan yoga secara teratur dapat memperkuat sistem pencernaan dan memastikan berfungsinya semua organ dengan baik. Ini juga meningkatkan sirkulasi darah di daerah tersebut, yang berarti oksigen dan penyerapan nutrisi yang lebih baik.

Berikut ini 5 pose yoga yang bisa kamu latih untuk membantu kamu mengobati penyakit asam lambung.

1. Marjariasana (Pose Kucing)

5 Pose Yoga untuk Mengobati Penyakit Asam Lambunglessons.com

Berlatih pose ini akan meningkatkan sirkulasi darah dan memijat organ-organ pencernaan. Ini akan memberi kamu bantuan instan untuk mengurangi keasaman.

Cara melakukannya:

  1. Mulailah dengan tangan dan lutut dalam posisi seperti meja.
  2. Pastikan lutut kamu diatur langsung di bawah pinggul dan pergelangan tangan, siku, dan bahu kamu sejajar dan tegak lurus dengan lantai.
  3. Pusatkan kepala kamu dalam posisi netral, mata menatap lantai.
  4. Buang nafas dan jatuhkan dagu ke dada saat kamu melengkungkan punggung ke arah langit-langit dan rilekskan bokong.
  5. Pastikan untuk menjaga posisi bahu dan lutut kamu.
  6. Tahan posisi ini selama beberapa napas. Kemudian, kembali ke posisi meja.
  7. Lakukan pose ini sekitar lima hingga enam kali sebelum kamu berhenti.

2. Adho Mukha Svanasana (Pose Anjing Menghadap ke Bawah)

5 Pose Yoga untuk Mengobati Penyakit Asam Lambungtophealthbuzz.com

Pose ini dapat membantu mengoksigenasi perut kamu dan bisa mengurangi sensasi terbakar akibat refluks asam.

Cara melakukannya:

  1. Berdiri di atas empat anggota badan, sehingga tubuh kamu membentuk struktur seperti meja.
  2. Buang napas dan angkat pinggul kamu dengan lembut dan luruskan siku dan lutut kamu. Kamu perlu memastikan tubuh kamu membentuk 'V' terbalik.
  3. Tangan kamu harus sejajar dengan bahu, dan kaki kamu sejajar dengan pinggul. Pastikan jari-jari kaki kamu mengarah ke luar.
  4. Sekarang, tekan tangan kamu ke tanah dan memanjangkan leher kamu. Telinga kamu harus menyentuh lengan bagian dalam kamu.
  5. Alihkan pandangan kamu ke pusar kamu.
  6. Tahan pose ini selama beberapa napas, lalu tekuk lutut dan kembali ke posisi meja.
  7. Lakukan pose ini sekitar lima hingga enam kali sebelum kamu berhenti.

3. Virabhadrasana II (Pose Warrior II)

5 Pose Yoga untuk Mengobati Penyakit Asam Lambunggaia.com

Warrior II adalah pose yoga yang efektif untuk meredakan refluks asam. Ini memperkuat sistem pencernaan dan mengurangi keasaman. Ini juga memastikan berfungsinya semua organ dan menyembuhkan masalah terkait lambung lainnya.

Cara melakukannya:

  1. Mulailah berdiri benar-benar lurus dan rentangkan kaki kamu.
  2. Putar kaki kanan ke luar sekitar 90 derajat dan kaki kiri ke dalam sekitar 15 derajat. Pastikan bahwa tumit kaki kanan kamu benar-benar sejajar dengan pusat kaki kiri.
  3. Angkat lengan ke samping sehingga setinggi bahu. Pastikan telapak tangan menghadap ke atas, dan lengan kamu sejajar dengan tanah.
  4. Ambil napas dalam-dalam, dan saat kamu mengeluarkan napas, tekuk lutut kanan kamu. Lutut kanan kamu seharusnya tidak melampaui pergelangan kaki kamu. Lutut kanan dan pergelangan kaki kanan kamu harus membentuk garis lurus.
  5. Sekarang, putar kepala kamu dengan lembut, dan lihat ke kanan.
  6. Ketika kamu merasa nyaman dalam pose, kamu perlu mendorong diri kamu lebih jauh. Regangkan lengan kamu, dan dorong panggul ke bawah dengan lembut.
  7. Tarik napas dan keluar dari pose. Jatuhkan lengan kamu saat mengembuskan napas.
  8. Ulangi pose pada kaki kiri dengan memutar kaki kiri ke luar sebesar 90 derajat dan kaki kanan ke dalam sekitar 15 derajat.

Baca Juga: 8 Pose Yoga untuk Wanita Hamil, Bisa Memperlancar Proses Persalinan

4. Ardha Matsyendrasana (Pose Setengah Dewa Ikan)

5 Pose Yoga untuk Mengobati Penyakit Asam Lambungworkouttrends.com

Pose ini bisa sebagai detoksifikasi terbaik yang dapat kamu berikan pada sistem kamu. Ini mengeluarkan racun dan meningkatkan sirkulasi darah. Dan, pada gilirannya ini akan memberi oksigen pada sistem pencernaan kamu dan mengurangi keasaman.

Cara Melakukannya:

  1. Duduk tegak dengan kaki terentang. Pastikan bahwa kaki kamu ditempatkan bersama dan tulang belakang kamu benar-benar tegak.
  2. Sekarang, tekuk kaki kiri kamu sehingga tumit kaki kiri terletak di sebelah pinggul kanan. kamu juga bisa menjaga kaki kiri tetap panjang jika kamu mau.
  3. Kemudian, letakkan kaki kanan di sebelah lutut kiri dengan mengambilnya di atas lutut.
  4. Putar pinggang, leher, dan bahu kamu ke kanan, dan atur pandangan kamu ke bahu kanan. Pastikan tulang belakang tegak.
  5. Letakkan tangan kanan di belakang kamu, dan tangan kiri di lutut kanan.
  6. Tahan pose selama beberapa detik, sekitar 30 hingga 60 detik saat kamu bernapas perlahan, namun dalam.
  7. Buang napas dan lepaskan tangan kanan, lalu pinggang, dada, dan akhirnya leher. Relaksasi saat kamu duduk tegak.
  8. Ulangi langkah-langkah di sisi lain, lalu buang napas dan kembali ke posisi awal.
     

5. Balasana (Pose Anak)

5 Pose Yoga untuk Mengobati Penyakit Asam Lambunggaia.com

Balasana adalah pose restoratif. Ini menenangkan sistem dan mengurangi serangan keasaman. Ketika kamu berada dalam pose ini, organ perut kamu juga dipijat dan diperkuat.

Cara Melakukannya:

  1. Berlututlah di lantai dan sentuh jari jempol kaki kamu satu sama lain saat kamu duduk di atas tumit. Setelah kamu merasa nyaman, rentangkan lutut selebar pinggul sambil menghirup napas.
  2. Membungkuk ke depan, dan letakkan tubuh kamu di antara paha saat menghembuskan napas.
  3. Sekarang, rentangkan sakrum (bagian tulang punggung yg terdiri atas lima ruas tulang yg menyatu, terletak di bawah deretan ruas tulang pinggang) di bagian belakang panggul, dan persempit titik pinggul kamu sehingga mengarah ke pusar. Tenangkan paha bagian dalam.
  4. Regangkan tulang ekor dari bagian belakang panggul saat kamu mengangkat pangkal kepala sedikit menjauh dari bagian belakang leher.
  5. Regangkan lengan ke depan dan letakkan di depan kamu, sehingga sejajar dengan lutut kamu. Lepaskan bagian depan bahu ke lantai.
  6. Tahanlah pose ini selama 30 detik hingga beberapa menit.
  7. Untuk melepaskan pose ini, pertama-tama regangkan badan depan. Kemudian, tarik napas dan angkat dari tulang ekor sambil mendorong ke bawah ke panggul.

Pose yoga diatas bekerja sangat baik bagi mereka yang menderita refluks asam. Latihan ini berfokus pada pernapasan, yang bermanfaat saat keasaman menyerang dan bisa meningkatkan pencernaan. Ingatlah untuk fokus pada pernapasan saat kamu melatihnya.

Baca Juga: 5 Pose Yoga untuk Pria, Bikin Otot Tubuh Jadi Lentur & Tetap Kuat

nathan adiel Photo Community Writer nathan adiel

just an ordinary man full of passion

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You