Comscore Tracker

10 Penyebab Umum Perut Kembung yang Seringkali Gak Kamu Sadari

Jangan diabaikan

Setiap orang di beberapa titik dalam hidup mereka pasti memiliki hari-hari di mana mereka akan bermalasan-malasan berbaring telentang dengan tangan di perut mereka mengeluh kembung atau gas. Gas dalam perut tidak dapat dihindari dan dapat terjadi pada anak-anak dan orang dewasa, dan frekuensi serta intensitasnya bervariasi dari orang ke orang.

Pada artikel ini, kita akan membahas penyebab perut kembung. Namun, sebelum kita menyelami lebih dalam penyebab perut kembung, marilah kita memahami apa arti perut kembung.

Kembung disebabkan karena kelebihan gas yang tidak meninggalkan perut dan pada gilirannya menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Saluran pencernaan terisi dengan udara atau gas yang terbentuk ketika makanan yang tidak tercerna baik dalam perut. Bersendawa dan buang angin adalah dua cara dimana kelebihan gas dilepaskan dari tubuh.

Berikut ini penyebab paling umum dari perut kembung yang biasanya gak disadari oleh orang-orang.

1. Gangguan pencernaan

10 Penyebab Umum Perut Kembung yang Seringkali Gak Kamu Sadaritheactivetimes.com

Gangguan pencernaan seperti kolitis ulserativa, konstipasi, dan lainnya merupakan salah satu penyebab paling umum dari perut kembung. Akibat adanya gangguan pencernaan, makanan yang masuk ke tubuh tidak tercerna dengan baik dan akan menyebabkan munculnya gas dalam perut.

2. Makan terlalu banyak

10 Penyebab Umum Perut Kembung yang Seringkali Gak Kamu Sadariinstagram.com/kampungjawa.yk

Ada makanan berlebihan yang masuk kedalam tubuh yang tidak bisa dicerna dalam perut juga akan menyebabkan perut menjadi kembung, karena sistem pencernaan dalam tubuh kesulitan dalam mencerna makanan yang masuk secara berlebihan.

3. Makan terlalu cepat

10 Penyebab Umum Perut Kembung yang Seringkali Gak Kamu Sadarimedicalnewstoday.com

Saat makan terlalu cepat, kita cenderung menelan lebih banyak udara ke dalam tubuh. Udara yang masuk bersamaan dengan makanan yang kita konsumsi jika tidak dikeluarkan dapat menyebabkan perut kembung.

Baca Juga: Atasi Perut Kembung Saat Puasa dengan Minum 6 Teh Hangat Ini

4. Alergi

10 Penyebab Umum Perut Kembung yang Seringkali Gak Kamu Sadarimedicalnewstoday.com

Alergi terhadap makanan tertentu dapat menyebabkan timbunan gas di perut yang pada gilirannya akan menyebabkan perut menjadi kembung.

5. Bakteri dalam usus

10 Penyebab Umum Perut Kembung yang Seringkali Gak Kamu Sadaricommdx.com

Bakteri bisa masuk ke dalam tubuh melalui makanan, dan jika tingkat bakteri abnormal yang hidup di saluran pencernaan sangat tinggi bisa menyebabkan terjadinya diare dan sembelit, sehingga gas dalam perut tidak bisa dikeluarkan dengan baik dan perut bisa menjadi kembung.

6. Ketidakseimbangan hormon

10 Penyebab Umum Perut Kembung yang Seringkali Gak Kamu Sadarirockymountainwomenshealthcenter.com

Hormon dalam tubuh yang tidak seimbang seperti disfungsi tiroid, menstruasi, dan lainnya juga dapat menyebabkan perut menjadi kembung.

7. Kelebihan cairan

10 Penyebab Umum Perut Kembung yang Seringkali Gak Kamu Sadaritrimpanacea.com

Kelebihan cairan dalam tubuh yang menumpuk di dekat perut atau daerah panggul juga dapat menyebabkan perut kembung sementara.

8. Obstruksi usus

10 Penyebab Umum Perut Kembung yang Seringkali Gak Kamu Sadarieverydayhealth.com

Obstruksi usus dapat disebabkan oleh jaringan parut atau tumor di usus kecil atau usus besar yang pada gilirannya akan menyebabkan perut kembung.

9. Garam berlebih

10 Penyebab Umum Perut Kembung yang Seringkali Gak Kamu Sadaridtnext.in

Kadar natrium yang tinggi dalam makanan yang dikonsumsi dapat menyebabkan masalah kesehatan yang parah, salah satunya termasuk perut kembung.

Setelah kamu membaca penyebab kenapa perut jadi kembung, semoga kamu bisa menjadi lebih tahu dan memahami alasan kenapa kamu merasa perut kamu kembung. Perlu kamu ketahui juga, makanan dan pola makan kamu adalah faktor yang paling berkontribusi dalam perut kembung, jadi mulai saat ini jagalah makanan dan pola makan kamu agar perut kamu tidak menjadi kembung.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Sakit Perut, Gak Perlu Obat Deh!

nathan adiel Photo Community Writer nathan adiel

just an ordinary man full of passion

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You