Comscore Tracker

5 Gejala Awal Kanker Testis yang Pria Harus Waspadai

Obati sebelum terlambat

Terletak di dalam skrotum (kantung pelir), testis adalah kantong kulit longgar di bawah penis dan bagian dari sistem reproduksi pada pria. Kanker testis dikenal sebagai penyakit mematikan, tapi kanker testis seringkali dapat disembuhkan. Hingga saat ini penyebab pasti kanker testis masih belum diketahui.

Pria yang menderita kanker testis mungkin mengalami beberapa tanda dan gejala tertentu, seperti benjolan kecil atau testis yang membesar adalah gejala pertama kanker testis. Tanda dan gejala kanker testis lainnya sering tidak muncul sampai kanker ini menyebar ke bagian tubuh lain.

Mengetahui tanda dan gejala kanker testis lebih cepat dapat membantu mendeteksi penyakit ini sejak dini guna perawatan lebih lanjut. Kabar baiknya, kanker testis adalah salah satu jenis kanker yang memiliki tingkat kesembuhan tertinggi dan ini tergantung pada seberapa dini kanker jenis ini terdeteksi. Berikut ini adalah beberapa gejala kanker testis awal yang harus kamu ketahui.

1. Adanya benjolan tanpa rasa sakit di testis

5 Gejala Awal Kanker Testis yang Pria Harus Waspadaiexpress.co.uk

Benjolan yang tidak nyeri pada testis adalah salah satu gejala kanker testis yang paling umum. Itu bisa ukuran kelereng atau kacang, tetapi juga bisa tumbuh lebih besar. Sebenarnya, sangat penting bagi pria untuk mengetahui bahwa tumor seringkali tidak menimbulkan rasa tidak nyaman yang signifikan. Dalam banyak kasus, pria tidak akan menyadarinya sampai mereka melihat adanya perubahan pada alat kelaminnya.

2. Sensasi berat dalam skrotum

5 Gejala Awal Kanker Testis yang Pria Harus Waspadainypost.com

Sensasi skrotum/kantung pelir yang terasa berat adalah salah satu gejala kanker testis awal yang tidak boleh abaikan, dan ini dapat terjadi bersamaan dengan atau tanpa pembengkakan. jadi, jika kamu merasakan ada perasaan rasa berat di kantung pelir kamu, ada baiknya kamu segera periksakan ke dokter ahli.

Baca Juga: 7 Penyebab Gatal pada Testis, Temukan Solusinya dan Jangan Digaruk!

3. Muncul cairan di skrotum

5 Gejala Awal Kanker Testis yang Pria Harus Waspadaibelmarrahealth.com

Sangat normal bagi cairan untuk berada di skrotum. Namun, adanya pengumpulan cairan secara tiba-tiba dapat menjadi reaksi untuk tumor testis. Sebenarnya cairan yang berkumpul di sekitar skrotum itu bisa dihilangkan tanpa perawatan. Namun, jika cairan yang terkumpul dalam skrotum/kantung pelir selama berminggu-minggu dan secara bersamaan muncul beberapa gejala kanker testis awal lainnya, ada baiknya harus segera ke dokter untuk melakukan perawatan.

4. Testis berubah bentuk

5 Gejala Awal Kanker Testis yang Pria Harus Waspadailongroom.com

Gejala awal kanker testis lainnya adalah adanya perubahan bentuk testis. Perubahan ukuran/bentuk testis dibandingkan dengan yang lain adalah salah satu di antara gejala kanker testis. Tentu saja, sangat normal ketika testis lebih besar atau berbeda dari lainnya. Meskipun demikian, jika kamu melihat bentuk yang tidak biasa atau bengkak di dalam testis, kamu harus mengunjungi dokter sesegera mungkin.

5. Infeksi

5 Gejala Awal Kanker Testis yang Pria Harus Waspadaibuoyhealth.com

Infeksi testis disebut orkitis, sementara infeksi pada epididimis dikenal sebagai epididimitis. Jika alat kelamin kamu mengalami suatu infeksi, dan tidak sembuh-sembuh meskipun sudah diobati dan diberi antibiotik. Ini merupakan salah satu gejala awal kanker testis yang tidak boleh diabaikan. Segeralah lakukan pemeriksaan ke dokter ahli.

Setelah mengetahui gejala awal kanker testis, dan merasa ada yang dirasa tidak benar pada testis, segeralah pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan testis sesegera mungkin. Perlu diingat bahwa jika gejalanya ditemukan lebih awal, kanker testis dapat disembuhkan sepenuhnya.

Baca Juga: 8 Penyebab Sakit Paling Umum pada Testis, Hati-hati kalau Mulai Terasa

nathan adiel Photo Community Writer nathan adiel

just an ordinary man full of passion

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You