8 Gejala Tubuh Kamu Sedang Kekurangan Kalsium

Sering gak disadari nih...

Kalsium dianggap sebagai salah satu nutrisi paling vital dalam tubuh. Sekitar 99 persen kalsium disimpan dalam gigi dan tulang, sementara sisanya ditemukan di otot, darah, dan jaringan lain.

Kekurangan kalsium adalah masalah kesehatan yang sangat umum di seluruh dunia, terutama di kalangan wanita pascamenopause dan lansia. Ini juga dapat mempengaruhi perkembangan anak-anak.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan tubuh kamu mengalami kekurangan kalsium. Biasanya, itu dapat terjadi akibat kekurangan kalsium yang cukup dalam makanan sehari-hari, penuaan, perubahan hormon dalam tubuh, dan kadar vitamin D yang rendah.

Orang sering mengabaikan tanda-tanda peringatan dan gejala kekurangan kalsium ini, sampai masalahnya menjadi lebih parah.

Berikut ini beberapa tanda dan gejala yang akan kamu alami jika tubuh kamu kekurangan kalsium.

1. Tulang lemah

8 Gejala Tubuh Kamu Sedang Kekurangan Kalsiumsynergynaples.com

Kekurangan kalsium dalam tubuh dapat mempengaruhi kesehatan tulang. Mineral ini sangat penting bagi kamu untuk membangun tulang dan membuatnya kuat. Dengan kadar kalsium yang rendah, tulang kamu cenderung menjadi lemah dan rapuh, yang akan meningkatkan kerentanan terhadap osteoporosis atau patah tulang.

Dalam waktu yang lama, tulang yang lemah juga dapat mempengaruhi tinggi badan dan kekuatan tubuh kamu secara keseluruhan.

2. Kram dan nyeri otot

8 Gejala Tubuh Kamu Sedang Kekurangan Kalsiumdietdoctor.com

Salah satu tanda dan gejala kekurangan kalsium pada tubuh adalah kram dan nyeri otot. Kekurangan kalsium yang cukup dapat menyebabkan sel-sel saraf kamu menjadi sangat sensitif, yang mengakibatkan nyeri otot dan kram tiba-tiba.

Otot yang tidak terkendali berkedut bersama dengan kesemutan dan sensasi mati rasa di tangan dan kaki kamu mungkin terjadi untuk penyebab yang sama. Selain itu, kadar kalsium yang rendah dapat merusak sistem saraf kamu, yang akan mempengaruhi fungsi saraf.

3. Sering sakit

8 Gejala Tubuh Kamu Sedang Kekurangan Kalsiumfindrugbynow.com

Kalsium sangat dibutuhkan bagi tubuh untuk menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat yang dapat membantunya melawan virus, jamur, dan bakteri. Inilah sebabnya mengapa mereka yang kekurangan mineral ini lebih mungkin terkena infeksi dan masuk angin.

Selain itu, kalsium adalah mineral alkali penting yang dapat meningkatkan kadar oksigen dalam darah. Jamur dan bakteri tidak dapat bertahan hidup di atmosfer alkali.

Baca Juga: Awas, 5 Gejala Ini Tandai Sirkulasi Darah di Tubuhmu Sedang Buruk

4. Gigi lemah

8 Gejala Tubuh Kamu Sedang Kekurangan Kalsiumrobertghale.com

Kekurangan kalsium bahkan dapat menunjukkan gejalanya pada gigi kamu. Kalsium adalah unsur vital bagi gigi, karenanya, kekurangan kalsium dapat menyebabkan pembentukan gigi yang rusak, menguning, membusuk, dan sakit.

Ini karena sebagian besar kalsium dalam tubuh akan tersimpan pada tulang dan gigi, oleh karena itu jika tubuh kamu kekurangan kalsium tulang dan gigi adalah yang pertama menderita.

5. Masalah tidur

8 Gejala Tubuh Kamu Sedang Kekurangan Kalsiumhindustantimes.com

Kekurangan tidur secara teratur juga merupakan salah satu tanda dan gejala kekurangan kalsium pada tubuh. Kalsium membantu menghasilkan melatonin, hormon tidur yang membantu menjaga siklus tidur-bangun tubuh kamu.

Selain itu, hormon tidur ini juga dapat meningkat secara alami pada malam hari untuk membantu kamu tidur nyenyak. Setiap kali ada kekurangan kalsium dalam tubuh, maka produksi melatonin terhambat. Selain itu, kalsium juga bisa bertindak sebagai pelemas alami.

6. Kuku rapuh

8 Gejala Tubuh Kamu Sedang Kekurangan Kalsiumwebmd.com

Tanda lain dari tubuh kekurangan kalsium adalah kuku yang rapuh. Seperti halnya tulang dan gigi, kuku juga membutuhkan sejumlah kalsium agar tetap kuat. Jika tubuh kamu kekurangan kalsium, kuku kamu akan mudah terkelupas, mengering, dan patah.

7. Jari-jari menjadi mati rasa dan kesemutan

8 Gejala Tubuh Kamu Sedang Kekurangan Kalsiumanxietycentre.com

Ketika tubuh kamu tidak mendapatkan cukup kalsium, kamu akan sering mengalami mati rasa atau kesemutan di jarimu. Ini karena kadar kalsium rendah dikaitkan dengan gangguan neurologis dan fisik, yang dapat menyebabkan kesemutan, mati rasa dan tremor otot di tangan, kaki, dan wajah. Kamu juga mungkin memiliki gangguan sentuhan yang disebabkan oleh kalsium rendah.

8. Kesulitan menurunkan berat badan

8 Gejala Tubuh Kamu Sedang Kekurangan Kalsiumnowloss.com

Asupan kalsium yang cukup sangat penting untuk berat badan yang sehat. Telah ditemukan bahwa kebanyakan orang gemuk tidak mengonsumsi kebutuhan kalsium harian. Karena itu, jika kamu kesulitan menurunkan berat badan, itu bisa disebabkan oleh kekurangan kalsium.

Penelitian telah menunjukkan kalsium yang disimpan dalam sel-sel lemak membantu mengatur proses dan penyimpanan lemak dalam tubuh. Sel-sel lemak yang mengandung kalsium paling banyak membakar lebih banyak lemak, membantu penurunan berat badan.

Setelah membaca tanda dan gejala kekurangan kalsium pada tubuh, semoga artikel ini akan membantu kamu mempelajari lebih lanjut beberapa tanda peringatan untuk menentukan kekurangan kalsium serta mengatasinya. 

Baca Juga: 5 Manfaat Kalsium Bagi Tubuh Selain untuk Kepadatan Tulang

nathan adiel Photo Community Writer nathan adiel

just an ordinary man full of passion

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You