Comscore Tracker

5 Manfaat Yoga untuk Anak-Anak, Bisa Mendorong Kebiasaan Sehat

Tubuh sehat bisa dimulai dari dini

Yoga itu universal, bisa dilakukan oleh siapa saja, termasuk anak-anak. Berlatih yoga penting untuk anak-anak karena banyak alasan yang sama penting bagi orang dewasa.

Pada era sekarang ini, anak-anak menghadapi lebih banyak gangguan, godaan, stimulasi berlebihan, dan tekanan teman sebaya. Oleh karena itu, yoga adalah latihan yang murah dan bermanfaat yang dapat berdampak positif pada anak-anak secara signifikan dalam beberapa hal.

Berikut ini adalah beberapa manfaat latihan yoga untuk anak-anak.

1. Yoga mengajarkan penerimaan diri

5 Manfaat Yoga untuk Anak-Anak, Bisa Mendorong Kebiasaan Sehatyogajournal.com

Yoga juga mengajarkan anak-anak untuk menerima dan menghargai diri mereka apa adanya, sehingga anak-anak terdorong untuk mencintai diri mereka sendiri. Pelajaran yang di dapat dari yoga sangat berharga untuk membekali anak-anak untuk melawan rasa keraguan akan diri sendiri, sehingga anak-anak bisa lebih percaya diri dengan dirinya sendiri.

2. Yoga mendorong kebiasaan sehat

5 Manfaat Yoga untuk Anak-Anak, Bisa Mendorong Kebiasaan Sehatyogajournal.com.au

Setiap aktifitas kegiatan olahraga yang dimulai sejak kecil membantu anak-anak untuk tetap aktif secara fisik dan sehat. Namun, yoga mengambil langkah lebih jauh dengan tidak hanya mengajarkan kebiasaan sehat, tetapi juga pendekatan yang sehat tentang makanan dan kemampuan untuk menenangkan diri dan memfokuskan pikiran.

Baca Juga: 5 Pose Yoga Mudah untuk Meningkatkan Mood, Bye-bye Bad Mood!

3. Yoga meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif

5 Manfaat Yoga untuk Anak-Anak, Bisa Mendorong Kebiasaan Sehatsavvymom.ca

Yoga membantu meningkatkan daya ingat dan fungsi kognitif dengan cara meningkatkan fokus pada diri anak-anak. Berlatih yoga membutuhkan konsentrasi pikiran dan tubuh. Anak-anak harus memperhatikan gerakan tubuh mereka dan bagaimana pernapasan mereka berkoordinasi dengan gerakan-gerakan itu.

Ketika anak-anak berlatih yoga, mereka pada dasarnya melatih kemampuan mereka untuk fokus pada tugas yang dihadapi, sehingga kemampuan fokus anak-anak pada pelajaran akan meningkat. Semakin tinggi tingkatan fokus yang dimiliki anak-anak, maka ini akan mengarah pada peningkatan prestasi akademik di sekolahnya.

4. Yoga meningkatkan kekuatan dan melatih kontrol nafas

5 Manfaat Yoga untuk Anak-Anak, Bisa Mendorong Kebiasaan Sehatstetson.edu

Yoga membutuhkan kekuatan mental dan fisik. Ketika dilakukan secara teratur, anak-anak akan melihat banyak perubahan dalam diri mereka, terutama peningkatan fleksibilitas, dan kejernihan mental. Dan semua kekuatan itu banyak berhubungan dengan kontrol pernapasan.

Yoga mengajarkan teknik pernapasan yang tepat, dan juga dapat membangun kekuatan fisik serta mental sejak usia muda. Ini dapat membantu meningkatkan harga diri, kepercayaan diri, dan meningkatkan kesejahteraan anak secara keseluruhan.

5. Yoga meningkatkan pengaturan diri

5 Manfaat Yoga untuk Anak-Anak, Bisa Mendorong Kebiasaan Sehatyogajournal.com

Pengaturan diri adalah kemampuan untuk mengenali dan mengubah perilaku, pikiran serta emosi berdasarkan situasi yang dihadapi. Keterampilan mengatur diri sendiri membantu anak-anak memecahkan masalah dan menyesuaikan diri dengan tantangan baru yang akan dihadapinya.

Berlatih yoga membantu anak-anak untuk memahami dan mengelola emosi mereka berdasarkan situasi, sehingga anak-anak dapat belajar untuk mengelola emosi mereka dan menangani situasi secara efektif dan tepat.

Semua manfaat di atas memperjelas bahwa yoga adalah salah satu alat penting dalam meningkatkan kesejahteraan fisik, mental, dan spiritual anak-anak. Jadi, ada baiknya kita mengajarkan anak-anak yoga sejak dini karena berlatih yoga memiliki manfaat yang luar biasa untuk perkembangan anak-anak.

Baca Juga: 6 Kesalahan Pemula yang Sering Dilakukan Saat Yoga, Kamu Juga? 

nathan adiel Photo Community Writer nathan adiel

just an ordinary man full of passion

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You