Comscore Tracker

5 Perubahan Kondisi Tubuh Ini Jadi Tanda Diabetes, Segera Periksa!

Gejala diabetes sering dianggap sepele

Diabetes merupakan penyakit kelebihan gula dalam darah. Banyak yang tidak mengetahui bahwa dirinya menderita penyakit diabetes karena gejala awalnya tidak begitu terasa. Akibatnya saat sudah parah, penyakit ini baru disadari dan susah dikendalikan karena bisa menyebabkan komplikasi penyakit lainnya seperti penyakit jantung, ginjal, kerusakan saraf, dan lainnya.

Maka, ada baiknya kamu mengenali tanda-tanda penyakit diabetes sejak dini. Apa saja tanda penyakit diabetes? Simak ulasan 5 tanda penyakit diabetes yang sering diabaikan berikut ini.

1. Sering buang air kecil

5 Perubahan Kondisi Tubuh Ini Jadi Tanda Diabetes, Segera Periksa!medicalnewstoday.com

Kondisi ini terjadi karena ginjal tidak dapat menyerap kembali gula yang berlebihan di dalam darah. Gula ini akan menarik air keluar dari jaringan akibatnya kelebihan cairan ini berakhir di ginjal yang akan dikeluarkan dalam bentuk urin dengan frekuensi sering. Selain itu penderita akan merasa dehidrasi dan kekurangan cairan karena tubuh membutuhkan asupan cairan lebih banyak untuk menggantikan air yang terbuang lewat urin.

2. Rasa lapar terus-menerus

5 Perubahan Kondisi Tubuh Ini Jadi Tanda Diabetes, Segera Periksa!shutterstock.com

Hormon insulin pada penderita diabetes tidak optimal mengubah glukosa yang biasa digunakan sebagai sumber energi bagi sel, jaringan, dan organ tubuh. Alhasil makanan yang masuk tidak terubah menjadi energi. Hal ini menyebabkan otak akan memberi respons untuk terus makan karena merasa lemas.

3. Cepat merasa lelah

5 Perubahan Kondisi Tubuh Ini Jadi Tanda Diabetes, Segera Periksa!Unsplash/Kevin Grieve

Rasa lelah berhubungan dengan rasa lapar yang berlebihan, hal ini terjadi akibat tidak adanya asupan energi dalam tubuh. Ketika pankreas tidak bisa menghasilkan insulin dengan cukup atau insulin yang dihasilkan tidak bisa bekerja secara efektif. Akibatnya sel dalam tubuh tidak menerima asupan energi untuk menjalankan fungsinya secara optimal. Maka yang terjadi adalah penderita merasa lemas, lesu, dan tidak bertenaga.

Baca Juga: Begini 7 Cara Merawat Luka Diabetes yang Benar, Jangan Sampai Keliru

4. Berat badan menurun drastis

5 Perubahan Kondisi Tubuh Ini Jadi Tanda Diabetes, Segera Periksa!medicalnewstoday.com

Meski tubuh rajin diberi asupan makan, tetapi penderita diabetes akan kehilangan berat badan tanpa sebab. Karena tubuh tidak bisa memakai glukosa secara optimal. Akibatnya jaringan otot dan lemak akan dipecah untuk dimanfaatkan sebagai pemenuhan sumber energi sehingga akan mengalami penurunan berat badan.

5. Penglihatan menjadi kabur

5 Perubahan Kondisi Tubuh Ini Jadi Tanda Diabetes, Segera Periksa!health.harvard.edu

Gula darah yang tinggi akan menarik cairan dari dalam lensa mata sehingga menyebabkan lensa menipis maka mata akan mengalami kesulitan untuk fokus dan penglihatan menjadi kabur. Apabila gula darah dapat dikontrol dengan baik maka penglihatan dapat kembali normal sementara jika tidak bisa dikontrol dengan baik dapat menyebabkan komplikasi penyakit katarak atau retinopati diabetik.

Nah itu 5 gejala yang sering dianggap sepele. Jika itu terjadi pada tubuh kamu, segera cek kadar gula darah ke dokter ya.

Baca Juga: 5 Khasiat Terpendam Daun Sage, Bisa Atasi Penyakit Diabetes!

Nazhifatun Nurul Latifah Photo Verified Writer Nazhifatun Nurul Latifah

Happy reading:) Semoga tulisan ini bisa menghibur, memotivasi, dan mengedukasi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Berita Terkini Lainnya