Comscore Tracker

Sering Merasa Lelah? Lakukan 5 Kebiasaan Baru sebelum Tidur!

Kualitas tidur yang nomor satu

Tidur merupakan kebutuhan manusia yang tidak bisa ditawar. Bagaimanapun kita ingin pekerjaan selesai, namun tubuh kita akan memberikan sinyal untuk segera beristirahat. Tidur bukan hanya tentang seberapa lama waktunya, tapi seberapa baik kualitasnya. Sehingga tidak jarang kita merasa tetap lelah setelah bangun dari tidur yang cukup panjang. Bisa jadi karena kebiasaan sebelum tidur yang membuat kualitas tidur tidaklah baik.

Jika sudah begitu, ada baiknya kita mengubah kebiasaan kita mengatur pola tidur. Dimulai dari membiasakan diri dengan kegiatan sederhana sebelum tidur, sampai bersikap tegas kepada diri sendiri untuk disiplin terhadap jam istirahat. Seperti apa sih kebiasaan yang sebaiknya mulai dibangun agar kualitas tidur bisa terjaga dan membuat badan fit saat bangun tidur?

1. Tetapkan jam tidurmu

Sering Merasa Lelah? Lakukan 5 Kebiasaan Baru sebelum Tidur!pexels.com/@feelartfeelant

Saat kita disibukkan dengan urusan pekerjaan atau urusan lainnya, 24 jam waktu yang kita miliki dalam sehari sepertinya masih sangat-sangat kurang. Kita ingin melakukan banyak hal sampai tidak terbatas waktunya. Hingga melewatkan jam istirahat untuk tidur di malam hari. Salah satu yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki kebiasaan dan pola tidur kita adalah dengan mengatur jam tidur.

Jika kita terbiasa tidur tengah malam atau bahkan menjelang pagi, sedangkan kita harus kembali bekerja pagi harinya. Maka kini biasakanlah untuk membuat jam tidur baru. Kamu bisa menetapkan jam tidur misalnya jam 09.00 atau 10.00 malam. Mau tidak mau, kamu harus mulai memejamkan mata dan kembali terjaga pada pukul 05.00 pagi. Meski sulit saat awal memulai, namun kamu akan menikmati setiap hasil dari kebiasaan barumu ini.

2. Batasi penggunaan gadget sebelum tidur

Sering Merasa Lelah? Lakukan 5 Kebiasaan Baru sebelum Tidur!unsplash.com/@beccatapert

Selain pekerjaan, hal lain yang membuat kita menjadi sulit tertidur meski sudah sangat lelah adalah kebiasaan bermain gadget sebelum tidur. Kita bisa saja merasa masih bisa bertahan dan menunggu kantuk datang sambil bermain gadget. Tapi semakin malam, kita semakin ketagihan dan tanpa terasa kita kehilangan waktu untuk tidur.

Untuk itu, cobalah membatasi diri dalam menggunakan gadget sebelum tidur. Kamu bisa bermain gadget saat pulang kantor sampai satu jam sebelum kamu berencana untuk tidur. Meski kamu sedang seru bermain game atau sosial media, tapi cobalah melawan keinginan untuk terus menggunakannya. Ingatlah betapa lelahnya kamu hari ini dan betapa inginnya kamu untuk segera terlelap demi mengusir rasa lelah. Cobalah lakukan selama kurang lebih 40 hari, maka semua akan menjadi kebiasaan baru yang baik untukmu.

3. Nikmati segelas minuman hangat

Sering Merasa Lelah? Lakukan 5 Kebiasaan Baru sebelum Tidur!pexels.com/@rawpixel

Banyak penelitian yang mengatakan bahwa meminum segelas minuman hangat di malam hari akan membantu kita untuk segera terlelap dalam tidur. Kamu bisa mencoba membuat teh atau susu hangat sebelum tidur. Nikmati sensasi rasa yang kamu sukai dengan hangatnya minuman tersebut.

Minuman hangat bukan hanya membuatmu merasa hangat di malam hari, tapi juga membuat tubuhmu nyaman dan ingin segera terlelap dalam tidur. Namun tidak disarankan untuk meminum kopi ya sebelum tidur. Kamu tetap membutuhkan minuman yang membuat tubuhmu lebih rileks atau nyaman dari sebelumnya, susu salah satunya. Kamu bisa mulai mencobanya malam nanti.

Baca Juga: Tips Tidur Nyenyak, Siapkan 7 Benda Ini di Kamarmu

4. Berolahraga kecil atau membacalah

Sering Merasa Lelah? Lakukan 5 Kebiasaan Baru sebelum Tidur!pexels.com/@pixabay

Melakukan aktivitas di malam hari bukan berarti dilarang saat kamu ingin segera tertidur. Kamu bisa lho melakukan olahraga di malam hari seperti yoga ataupun jogging. Banyak yang membuktikan bahwa olahraga di malam hari membuat kita mudah sekali mengantuk dan lebih mudah untuk tertidur. Itu sebabnya di perkotaan besar, banyak orang yang memilih berolahraga di malam hari setelah mereka bekerja, seperti lari ataupun berenang.

Selain itu kamu juga bisa mencoba kebiasaan baru sebelum tidur, yaitu membaca. Mungkin dulu kamu adalah orang yang suka membaca, sebelum kesibukan merenggut waktumu dan seolah membiarkan buku hanya sebagai pajangan. Kini saat kamu ingin mengembalikan kebiasaan tidurmu, cobalah untuk membaca kembali. Tapi usahakan untuk membaca di buku fisik saja. Ini membantumu mencegah menggunakan gadget dan meredam keinginan untuk membuka sosial media setelah lelah membaca di media online.

5. Tegaslah pada dirimu sendiri

Sering Merasa Lelah? Lakukan 5 Kebiasaan Baru sebelum Tidur!pexels.com/@olly

Yang terakhir adalah tegaslah pada dirimu sendiri. Kamu bisa mencari referensi untuk bisa mengembalikan kualitas tidurmu yang sempat memburuk. Namun jika tidak dari dirimu sendiri, maka semua sama saja tidak akan bekerja. Ini sebabnya kamu harus tegas pada dirimu sendiri.

Mulailah membangun kebiasaan baru dan meninggalkan kebiasaan lama. Meski sulit awalnya, namun kamu bisa mengulanginya jika dirasa belum berhasil. Menjaga pola tidur akan membantumu menjaga kesehatan fisik. Yang sudah pasti akan berpengaruh pada produktivitasmu dalam aktivitas sehari-harimu.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Jangan Terlalu Banyak Tidur Saat Sedang Puasa

Nelsi Photo Verified Writer Nelsi

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 02:15:06

Progress: 749.562 dari 813.350 TPS (92.15737%)

Just For You