Comscore Tracker

7 Cara agar Mudah Tertidur di Pesawat, Terbukti secara Ilmiah

Supaya berenergi saat sudah sampai tujuan!

Sebagian orang merasa mudah tertidur di pesawat, sementara lainnya kesulitan untuk memejamkan mata lebih dari satu menit. Padahal, beristirahat saat melakukan perjalanan dengan pesawat, apalagi perjalanan jauh, sangat penting untuk memulihkan tenaga agar segar sesampainya di tujuan.

Mau tahu cara agar mudah tertidur di pesawat? Intip triknya di bawah ini!

1. Pilih tempat duduk dengan bijak

7 Cara agar Mudah Tertidur di Pesawat, Terbukti secara Ilmiahjetsetter.com

Tempat duduk menentukan seberapa baik atau buruk pengalaman tidur di pesawat. Saran yang sering didengar adalah duduk di dekat jendela agar bisa bersandar dan terhindar dari orang yang keluar-masuk barisan kursi kita, seperti dijelaskan di laman USA Today.

Kursi di baris luar memang sedikit lega karena memiliki ruang ekstra untuk kaki. Akan tetapi, kita harus siap dengan konsekuensi orang keluar-masuk untuk pergi ke toilet, yang mungkin akan mengganggu tidurmu.

Area lain yang tidak disarankan adalah baris paling belakang pesawat. Kemungkinan, kursinya tidak bisa direbahkan ke belakang dan terletak di dekat toilet, di mana kebisingan dan aroma tak sedap akan menyulitkan untuk tidur.

2. Seperti apa posisi tidur terbaik dan terburuk?

7 Cara agar Mudah Tertidur di Pesawat, Terbukti secara Ilmiah(Foto: SHTalk)

Berdasarkan studi yang dirilis oleh The Sleep Judge, sekitar 18 persen penumpang merasakan tidur yang "sangat buruk", 43 persen memiliki kualitas tidur "di bawah rata-rata", 32 persen "rata-rata", 4 persen "di atas rata-rata", dan 1 persen mengatakan pengalaman tidurnya "luar biasa".

Yang mengejutkan, menurut Haley Green, juru bicara The Sleep Judge, mencondongkan tubuh ke depan di atas meja baki adalah posisi terbaik untuk memaksimalkan istirahat. Sementara, membaringkan sandaran kursi atau bersandar ke samping adalah posisi tidur terburuk, katanya seperti dikutip di laman Forbes.

3. Hindari minum kopi sebelum terbang

7 Cara agar Mudah Tertidur di Pesawat, Terbukti secara Ilmiahhoytlivery.com

Jika kamu ingin tidur di pesawat, maka kopi bukan pilihan yang tepat. Melansir dari SleepFoundation.org, kopi mengandung kafein yang dapat menyebabkan ledakan energi karena merangsang sistem saraf pusat. Alih-alih mengantuk, kamu justru terjaga sepanjang perjalanan.

Selain itu, kopi membuat tubuh mengalami dehidrasi, menyebabkan mual dan sakit kepala, menimbulkan rasa gelisah, mulas, dan masalah pencernaan, melansir Business Insider. Efeknya akan semakin buruk jika diminum dalam keadaan perut kosong.

Butuh waktu sekitar 5-6 jam agar efek kafein hilang. Jika kamu memiliki kebiasaan minum kopi dan berencana untuk tidur di pesawat, sebaiknya pikirkan ulang.

4. Gunakan pakaian yang nyaman

7 Cara agar Mudah Tertidur di Pesawat, Terbukti secara Ilmiahfreepik.com/wayhomestudio

Untuk penerbangan berdurasi 1-2 jam, mungkin tidak masalah jika kita memakai pakaian yang tidak nyaman. Akan tetapi, jika kita harus long-flight dan butuh istirahat di pesawat, maka kenakan pakaian senyaman mungkin.

"Jika kamu berencana untuk tidur selama penerbangan, kamu tidak boleh mengenakan jeans yang akan membuat perut kencang. Pakaianmu harus longgar dan nyaman. Selain itu, karena di dalam pesawat bisa menjadi dingin, sebaiknya kenakan baju dan celana panjang, mungkin juga dengan kaus kaki hangat," saran John Breese, CEO Happysleepyhead.com, yang sering bepergian via udara.

Melansir USA Today, kamu juga tidak disarankan untuk mengenakan pakaian ketat karena bisa membatasi sirkulasi darah. Rasa tidak nyaman akan berlipat ganda jika kursi pesawat kamu sempit.

Baca Juga: Perjalanan dengan Pesawat bisa Memengaruhi Tubuh, Persiapkan Ini!

5. Bantal leher akan sangat membantu

7 Cara agar Mudah Tertidur di Pesawat, Terbukti secara Ilmiahtuckandmove.com

Kita sering menjumpai orang yang memakai bantal leher. Tidak hanya di pesawat, tetapi juga di kereta api dan bus. Melansir WebMD, bantal ini kadang disebut sebagai cervical pillow, karena bagian atas tulang punggung (di mana leher berada) bernama cervical spine atau tulang belakang leher.

Menurut penelitian, bantal dengan penyangga serviks yang baik bisa membantu meredakan nyeri leher dan memaksimalkan istirahat, sehingga kamu bisa tidur nyenyak selama perjalanan.

6. Kenakan earphone dan putar musik untuk relaksasi

7 Cara agar Mudah Tertidur di Pesawat, Terbukti secara Ilmiahironhorsetrading.net

Ingin bebas dari gangguan selama perjalanan? Kenakan earphone, lalu putar lagu-lagu yang bisa membuat kita relaks. Kemungkinan besar, mata akan lebih cepat terpejam!

Menurut penelitian yang dikutip oleh NorthShore University Health System, darah mengalir lebih lancar saat musik dimainkan. Selain itu, bisa mengurangi detak jantung, menurunkan tekanan darah dan kadar kortisol (hormon stres), serta meningkatkan kadar serotonin dan endorfin dalam darah.

Musik juga bisa meningkatkan produksi hormon dopamin di otak. Peningkatan produksi dopamin bisa membantu meredakan perasaan cemas dan depresi. Musik bisa meningkatkan mood karena diproses oleh amigdala, bagian otak yang terlibat dalam suasana hati dan emosi.

7. Jauhi cahaya sebisa mungkin

7 Cara agar Mudah Tertidur di Pesawat, Terbukti secara Ilmiaht3.com

Cahaya dari lampu baca, inflight entertainment, lampu kabin, dan sinar matahari dari jendela bisa mengganggu tidur. Agar tidur tetap pulas, gunakan masker mata untuk menghalau cahaya.

Memang, beberapa maskapai menyediakan masker mata untuk penumpang, tetapi lebih baik bawa sendiri dari rumah. Pilih yang bahannya agak tebal agar tidak menerawang, nyaman, dan tidak menekan atau tidak ketat.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh The Sleep Judge yang dikutip oleh Forbes, sebanyak 48 persen orang memakai masker mata untuk meningkatkan kualitas tidurnya saat melakukan perjalanan dengan pesawat. Jangan lupa membawanya, ya!

Nah, itulah 7 cara ilmiah agar mudah tertidur saat di pesawat. Terapkan dalam penerbanganmu berikutnya, yuk!

Baca Juga: 7 Penjelasan Ilmiah Kenapa Kamu Tidak Rela Membuang Barang

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya