Comscore Tracker

Mengapa Berat Badan Tak Turun walau Rajin Olahraga? Ini Jawabannya!

Rasa frustrasimu akan segera terjawab!

Pernahkah kamu olahraga dan diet mati-matian tetapi berat badan tak kunjung turun? Merasa sangat sebal, marah dan frustrasi karena hasilnya tidak sesuai dengan usaha? Bisa jadi, kamu mengalami weight loss plateau! Ini adalah kondisi di mana berat badan tak kunjung berubah walau kita sudah berolahraga dan mengubah pola makan.

Ingin tahu lebih lanjut soal weight loss plateau? Kenali dan gali lebih dalam lewat artikel berikut ini! Baca sampai habis, ya!

1. Kondisi di mana tidak ada penurunan berat badan walau sudah olahraga dan diet

Mengapa Berat Badan Tak Turun walau Rajin Olahraga? Ini Jawabannya!bodyevolucion.com

Ketika kita berolahraga dan diet, kita berekspektasi kalau berat badan akan turun. Namun, jika berat badan tetap di angka yang sama, bisa jadi kamu mengalami weight loss plateau. Karena berat badan tak kunjung turun, akhirnya banyak orang yang memutuskan menyerah dan tidak melanjutkan olahraga atau diet yang mereka lakukan sebelumnya.

Kebanyakan orang berpikir bahwa berat badan akan turun jika mereka membakar lebih banyak kalori daripada yang dimakan. Tetapi, hal ini tidak sesederhana kelihatannya. Ada banyak faktor lain yang memengaruhi penurunan berat badan seperti hormon, lingkungan, genetik dan kebiasaan, jelas laman Medical News Today.

2. Biasanya, terjadi 6 bulan setelah menjalani diet rendah kalori

Mengapa Berat Badan Tak Turun walau Rajin Olahraga? Ini Jawabannya!slimpify.com

Ketika kamu berada di fase weight loss plateau, maka berat badan akan sulit turun. Bahkan, meskipun kamu berolahraga atau mengubah pola makan. Berdasarkan penelitian, weight loss plateau terjadi setelah 6 bulan menjalani diet rendah kalori, ungkap laman Medical News Today. Bagaimana penjelasannya?

Ada beberapa teori yang bisa menjelaskan fenomena weight loss plateau, di antaranya adalah metabolisme akan melambat jika seseorang menurunkan berat badan dengan cepat. Teori lainnya menyebut bahwa tubuh beradaptasi dengan penurunan berat badan dan akhirnya berat badan cenderung bertahan di angka yang sama.

3. Disarankan untuk meningkatkan intensitas berolahraga

Mengapa Berat Badan Tak Turun walau Rajin Olahraga? Ini Jawabannya!msn.com

Apakah kita bisa lolos dari 'jeratan' weight loss plateau? Tentu saja bisa, ini bukan akhir dari dunia! Salah satunya adalah dengan meningkatkan intensitas olahraga yang lebih keras dari biasanya. Setidaknya, kamu perlu berolahraga intensitas sedang selama 150-300 menit setiap minggu dan 75-150 menit per minggu untuk intensitas kuat.

Menurut Medical News Today, orang yang berolahraga dengan intensitas sedang selama 300 menit per minggu akan membuat otot menguat, tingkat kebugaran meningkat dan mengalami penurunan berat badan secara signifikan. Tentunya, jika olahraga ini dilakukan secara konsisten dan rutin, ya!

4. Mulailah membuat jurnal makanan yang kita konsumsi

Mengapa Berat Badan Tak Turun walau Rajin Olahraga? Ini Jawabannya!pinterest.com

Mungkin kamu akan berpikir, "Ribet amat harus mencatat setiap makanan yang kita makan?". Yep, membuat jurnal makanan memang membutuhkan effort lebih. Menurut penelitian, orang yang tidak mencatat makanan yang dikonsumsi cenderung mengalami peningkatan massa lemak, terang laman Medical News Today.

Selain itu, mereka juga cenderung memiliki indeks massa tubuh (BMI) lebih tinggi, tingkat stres lebih besar, lebih banyak lemak visceral (lemak yang berada di bagian perut) dan cenderung lebih sedikit mengonsumsi buah serta sayuran. Menulis jurnal makanan membuatmu mengetahui jumlah kalori yang dikonsumsi setiap harinya. FYI, kamu tak perlu menulis jurnal di buku karena ada aplikasi yang bisa mencatatnya di gadget kita.

Baca Juga: 9 Kesalahan Setelah Olahraga Ini Bikin Sakit & Susah Turun Berat Badan

5. Penurunan berat badan tidak terjadi ketika kamu stres

Mengapa Berat Badan Tak Turun walau Rajin Olahraga? Ini Jawabannya!yahoo.com

Berdasarkan penelitian, berat badan akan sulit turun jika kita stres. Dalam satu studi, peneliti mengamati dua kelompok orang yang mengalami obesitas. Satu kelompok menerima saran untuk menjalani kehidupan sehat dan berpartisipasi dalam program manajemen stres, sementara kelompok kedua hanya menerima saran saja.

Bagaimana hasil yang didapatkan? Peserta dalam kelompok yang mengikuti program manajemen stres mengalami penurunan BMI yang lebih signifikan daripada kelompok lain yang hanya menerima saran saja, ungkap laman Medical News Today. Jika kamu ingin menurunkan berat badan, jangan sampai stres atau banyak beban pikiran, ya!

6. Makan lebih banyak serat dan sayuran

Mengapa Berat Badan Tak Turun walau Rajin Olahraga? Ini Jawabannya!openfit.com

Biasanya, kita mengalami weight loss plateau karena kita tidak disiplin dengan diet. Kita mulai cheating dengan makan makanan berkalori tinggi dengan porsi yang besar. Makanan tinggi serat seperti buah, sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan akan membantu kamu yang berada di fase weight loss plateau.

Selain itu, tingkatkan konsumsi sayuran yang kita makan setiap harinya. Sayuran bisa mengurangi risiko kenaikan berat badan dan obesitas. Manfaat lainnya adalah sayuran bisa membuat orang merasa kenyang, mengurangi keinginan makan berlebihan dan bisa menurunkan berat badan, terang laman Medical News Today.

7. Jangan sampai kekurangan tidur

Mengapa Berat Badan Tak Turun walau Rajin Olahraga? Ini Jawabannya!thehealthy.com

Satu hal yang tak kalah penting, kamu perlu tidur cukup setiap harinya. Untuk orang dewasa, disarankan untuk tidur selama 7-8 sehari. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan di International Journal of Obesity, orang yang tidur cukup akan berefek positif pada penurunan berat badan, jelas laman Medical News Today.

Orang yang tidur selama 7-9 jam per malam mengalami penurunan lingkar pinggang lebih banyak daripada orang yang tidur kurang dari 6 jam dalam sehari. That's why, kamu perlu meningkatkan durasi dan kualitas tidur untuk membebaskanmu dari weight loss plateau. Segera coba dan buktikan!

Nah, itulah penjelasan tentang weight loss plateau dan bagaimana cara menghindarinya. Kini, rasa penasaranmu telah terjawab!

Baca Juga: Lakukan 5 Hal Ini Jika Ingin Turunkan Berat Badan dengan Jalan Kaki!

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You