Comscore Tracker

Apakah Benar Susu Steril Ampuh Tangkal Virus Corona?

Ini penjelasan dari dokter spesialis gizi klinik

Beberapa waktu terakhir, kita dihebohkan dengan fenomena panic buying salah satu merek susu steril terkenal hingga produknya ludes di mana-mana, bahkan banyak penjual yang sengaja menaikkan harga secara drastis! Ini karena susu ini diklaim mampu menangkal virus corona SARS-CoV-2, virus penyebab COVID-19.

Apa benar susu steril bisa mencegah virus corona dan mendongkrak daya tahan tubuh terus optimal? Untuk menjawabnya, IDN Times berbincang dengan dr. Cut Hafiah, M.Gizi, SpGK, AIFO-K, dokter spesialis gizi klinik dari RS Hermina Galaxy.

1. Kandungan gizinya tidak jauh berbeda dengan susu lainnya

Apakah Benar Susu Steril Ampuh Tangkal Virus Corona?ilustrasi susu (pixabay.com/Imoflow)

Susu steril dianggap bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga membuatnya laris diborong. Faktanya, kandungan susu tersebut kurang lebih sama seperti merek lainnya.

"Tidak ada perbedaan. Malah, beberapa susu memiliki kandungan protein yang lebih tinggi dibandingkan susu tersebut. Memang, susu itu sudah dikenal sejak lama, jadi apa pun penyakitnya, obatnya itu," dr. Cut memaparkan.

Ia menekankan bahwa penanganan pertama penyakit adalah dengan pengobatan yang tepat, sembari mengonsumsi makanan yang sehat dan seimbang. Susu hanya sebagai penunjang yang menyuplai protein, karbohidrat, lemak, dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Kurang tepat jika susu tersebut diklaim bisa menangkal virus corona.

2. Beberapa komponen dalam susu terbukti meningkatkan daya tahan tubuh

Apakah Benar Susu Steril Ampuh Tangkal Virus Corona?ilustrasi segelas susu (freepik.com/user7920588)

Menurut dr. Cut, gizi di dalam susu yang membuat daya tahan tubuh lebih optimal adalah protein dan antioksidan. Keduanya diibaratkan sebagai tentara dalam peperangan melawan infeksi virus.

Susu dan produk turunannya yang berasal dari sapi yang diberi makan rumput (grass-fed cow) merupakan sumber probiotik dan prebiotik. Komponen ini membantu meningkatkan kekebalan dan mendorong pertumbuhan bakteri baik di usus.

Perhatikan pula komponen lain dalam susu seperti vitamin A, B6, B12, D, serta asam lemak omega-3. Pastikan selalu mengecek tabel nutrisi sebelum membelinya, ya!

Baca Juga: Ini 7 Hal yang Terjadi Jika Kamu Rajin Minum Susu Setiap Hari!

3. Pilih susu dengan kadar natrium, kolesterol, dan lemak jenuh yang rendah

Apakah Benar Susu Steril Ampuh Tangkal Virus Corona?ilustrasi memilih susu di supermarket (farmcrediteast.com)

Walaupun susu terbukti bisa meningkatkan kekebalan tubuh, tetapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Lihat dulu jumlah kalori dalam satu kemasan susu tersebut dan sesuaikan dengan kebutuhanmu.

Kemudian, pastikan kadar natriumnya tidak terlalu tinggi. Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan 2.000 mg natrium per hari untuk orang dewasa. Terlalu banyak mengonsumsi natrium bisa menyebabkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan stroke.

Cek juga kandungan kolesterolnya di tabel nutrisi. American Heart Association (AHA) menyarankan agar asupan kolesterol tidak lebih dari 300 mg per hari. Begitu pula dengan lemak jenuh (saturated fat) yang maksimal hanya 16-22 gram per hari untuk orang yang diet 2.000 kalori, dilansir MedlinePlus.

4. Tidak hanya susu, buah, sayur, dan rempah-rempah juga bisa meningkatkan imun!

Apakah Benar Susu Steril Ampuh Tangkal Virus Corona?ilustrasi buah dan sayur (pixabay.com/LustrousTaiwan)

Dokter Cut menegaskan bahwa mengatur pola makan adalah cara terbaik untuk meningkatkan imun. Jangan makan dengan prinsip "asal kenyang", tapi pastikan makanan yang kita makan sehat dan gizinya seimbang.

Makanlah tiga kali sehari dengan karbohidrat kompleks seperti nasi merah. Lalu, setengah piringnya diisi dengan sayur. Untuk snacking alias ngemil, ganti gorengan atau keripik dengan buah segar. Jika malas mengunyah buah, bisa diolah menjadi jus atau smoothie.

"Antioksidan dalam tubuh pun meningkat dan cukup untuk memperkuat imunitas dalam melawan virus. Kandungan dalam sayur dan buah tidak kalah dengan vitamin yang kita konsumsi dalam bentuk suplementasi. Lebih baik, kita makan sehat dan seimbang dulu, baru vitamin sebagai penunjang," ujar dr. Cut.

Berbanggalah menjadi orang Indonesia sebab kita punya beragam rempah-rempah untuk menambah imunitas. Contohnya adalah kunyit dan jahe yang memiliki kandungan curcumin dan antioksidan yang baik.

Dokter Cut menyarankan agar minuman kunyit dan jahe dibuat dan disaring sendiri. Boleh ditambahkan madu atau sedikit gula untuk memaniskan. Sebisa mungkin, batasi rempah-rempah dalam bentuk kemasan instan (bubuk siap seduh) dan lebih baik diolah sendiri dari rimpang segar.

Baca Juga: 7 Tanda Kamu Mengalami Intoleransi Laktosa, Menolak Produk Olahan Susu

Topic:

  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya