Comscore Tracker

7 Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Membuat Kualitas Tidurmu Membaik 

Praktikkan supaya tidurmu nyenyak!

Pernahkah kamu merasa lelah dan masih mengantuk ketika bangun tidur? Bisa jadi, ada kebiasaan kurang baik yang kamu lakukan setiap hari. Untuk mengatasinya, cara-cara berikut ini terbilang ampuh untuk membuat kualitas tidurmu membaik.

Untuk membuat tidurmu lebih nyenyak, praktikkan kebiasaan ini. Dijamin, kamu akan bangun tidur dalam keadaan segar dan bugar!

1. Hindari bermain gadget sebelum tidur

7 Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Membuat Kualitas Tidurmu Membaik basranet.com

Siapa nih yang suka scrolling timeline Twitter atau Instagram sebelum tidur? Atau nonton YouTube sampai ketiduran? Sebaiknya, kebiasaan ini tidak dilakukan lagi. Pasalnya, cahaya biru yang terpancar dari smartphone akan mengacaukan tidur kita. Cahaya ini membuat kita terdistraksi dan mengganggu ritme sirkadian tubuh.

Hal ini pula yang ditegaskan oleh Dr. Wendy Bennett, M.D, profesor di Johns Hopkins University School of Medicine. Menurutnya, menghindari kebiasaan ini akan berdampak baik bagi kualitas tidur kita. Pasalnya, cahaya yang dipancarkan oleh gadget akan mengacaukan ritme sirkadian dan mengganggu pola tidur kita.

2. Makan lebih banyak sayur dan buah

7 Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Membuat Kualitas Tidurmu Membaik snopes.com

Beberapa jenis makanan bisa membuat kualitas tidurmu menurun. Misalnya, makanan berkalori tinggi atau makanan yang kurang nutrisi. Hal ini juga berkaitan dengan begadang, di mana terbangun di malam hari memicu kita untuk makan lebih banyak. Dan biasanya, pilihan makanan kita saat begadang adalah makanan yang tinggi kalori.

Untuk mengatasinya, perbanyak makan sayur dan buah. Tip ini mungkin terdengar klasik, tetapi memang faktanya demikian. Buah dan sayur mengandung serat, vitamin dan mineral yang akan membantumu tertidur lebih pulas dan nyenyak. Makanan ini juga akan membuatmu lebih bugar ketika terbangun dari tidur.

3. Biasakan berjalan kaki minimal 30 menit dalam sehari

7 Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Membuat Kualitas Tidurmu Membaik ordnancesurvey.co.uk

Kamu terbiasa menggunakan kendaraan bermotor untuk pergi ke mana-mana? Bahkan, pergi ke minimarket di depan gang dengan motor? Well, jika jarak tempuhnya tergolong dekat, akan lebih baik untuk berjalan kaki. Ada banyak manfaat yang bisa didapat dari berjalan kaki, salah satunya adalah meningkatkan kualitas tidur.

Menurut Dr. Bennett dalam laman Well and Good, berjalan kaki membuat tubuh lelah dan memudahkan untuk tertidur. Ini bisa membuat tidur kita lebih nyenyak dan pulas. Dr. Bennett menyarankan agar kita berjalan kaki minimal 30 menit dalam sehari. Lakukan selama seminggu dan buktikan sendiri manfaatnya!

4. Tidur siang selama 30 menit bisa membantu

7 Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Membuat Kualitas Tidurmu Membaik doctordavidfriedman.com

Mencuri-curi waktu untuk tidur siang memang sulit dilakukan. Apalagi, jika kamu lebih banyak beraktivitas di siang hari. Namun, jika ada kesempatan atau hari libur, cobalah tidur siang. Penelitian mengungkapkan bahwa tidur siang selama 30 menit akan meningkatkan fungsi otak di siang hari, ujar laman Well and Good.

Setelah tidur siang, pikiran kita akan lebih segar dan membuat kita siap untuk mengerjakan tugas apa pun selama sisa hari itu. Sementara, menurut laman National Sleep Foundation, tidur siang akan membantu meningkatkan suasana hati, kewaspadaan dan kinerja. So, are you ready to take a nap?

Baca Juga: 7 Manfaat Menakjubkan dari Tidur Siang yang Mungkin Belum Kamu Tahu

5. Tidur lebih banyak di akhir pekan, mengapa tidak?

7 Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Membuat Kualitas Tidurmu Membaik upi.com

Kalau kamu kesulitan mempertahankan jam tidur ideal di weekdays, kamu bisa 'menabung tidur' di akhir pekan. Saat libur, kamu tak perlu repot-repot bangun pagi untuk berangkat ke sekolah, kampus atau bekerja. It's totally fine to wake up in 11 a.m! Apa saja manfaat yang bisa kamu peroleh dengan tidur ekstra di akhir pekan?

Menurut laman Sleep.org, tidur ekstra di akhir pekan akan mengurangi kantuk dan stres di siang hari. Selain itu, pikiran akan lebih rileks karena waktu tidur yang tercukupi. Namun, tidur terlalu banyak dan bangun di siang hari akan membuatmu insomnia di malam hari. Pintar-pintar bagi waktu saja, ya!

6. Pergi ke luar rumah saat matahari baru terbit

7 Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Membuat Kualitas Tidurmu Membaik shutterstock.com

Kadang, kita tak sempat memberi waktu untuk mengapresiasi anugerah di pagi hari. Menghirup udara yang masih sejuk dan merasakan hangatnya sinar matahari di kulit jarang kita lakukan. Padahal, sinar matahari di pagi hari akan mengatur hormon yang mengendalikan ritme sirkadian, meningkatkan suasana hati dan kualitas tidur.

Kesadaran tubuh tentang terang dan gelap akan membuat ritme sirkadian membaik. Menurut Dr. Bennett dalam laman Well and Good, sel dalam tubuh akan merespons siklus siang malam. Cara yang baik untuk memulai hari adalah dengan menghirup udara segar dan mendapatkan cahaya matahari saat baru terbit.

7. Bermeditasi lima menit sebelum tidur

7 Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Membuat Kualitas Tidurmu Membaik anaheart.co.uk

Pernahkah kamu kesulitan tidur karena pikiran gelisah dan dipenuhi kekhawatiran? Untuk mengatasinya, kamu perlu menenangkan pikiran. Salah satunya adalah dengan cara bermeditasi sebelum tidur. Caranya mudah, cukup duduk dengan posisi lotus, pejamkan mata dan hirup napas dalam-dalam. Rasakan ketenangan yang mulai memasuki dirimu.

Menurut laman Sleep Advisor, ada banyak manfaat yang bisa kita peroleh dari bermeditasi. Yakni mengurangi stres, meningkatkan konsentrasi, mengelola rasa sakit, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kualitas tidur. Setelah bermeditasi, pikiran akan menjadi lebih tenang dan membuat tidur kita lebih pulas nantinya.

Nah, itulah 7 hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas tidur. Coba dulu selama satu minggu dan buktikan sendiri manfaatnya!

Baca Juga: Tanpa Disadari, 6 Kebiasaan Ini Sebenarnya Mengganggu Kualitas Tidurmu Lho!

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You