Comscore Tracker

7 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mengatasi Ketiak Bau, Coba Terapkan!

Bye bye, ketiak bau~

Memiliki ketiak yang kering, bersih dan tidak berbau adalah impian semua orang. Namun, kenyataan kadang tidak sesuai harapan. Ketiak yang bau tidak hanya membuat kita risi, tetapi orang lain di sekitar kita juga akan terganggu dan tidak nyaman.

Sudah melakukan berbagai cara, tetapi ketiak tetap saja bau? Kamu bisa mencoba cara berikut ini untuk mengatasinya! Simak yuk!

1. Jaga agar ketiak tetap kering

7 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mengatasi Ketiak Bau, Coba Terapkan!twitter.com/KaDsNuevaEcija

Kunci agar ketiak tidak bau adalah menjaganya agar selalu kering. Musuh utama kita adalah keringat, yang bisa memicu pertumbuhan bakteri penyebab bau ketiak. Lantas, bagaimana cara kita agar menjaga ketiak tetap kering sepanjang hari?

Kamu bisa memakai pakaian dari bahan katun atau linen. Serat-serat dari bahan pakaian ini tidak membuat panas tubuh terperangkap seperti serat sintetis, jelas laman Catalyst Medical Center & Clinical Spa. Sehingga, sirkulasi udara tetap lancar dan membuat ketiak tetap kering.

2. Mengoleskan antiperspirant saat hendak tidur

7 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mengatasi Ketiak Bau, Coba Terapkan!independent.co.uk

Biasanya, kita akan mengoleskan deodoran setelah mandi. Namun, disarankan untuk mengoleskan antiperspirant saat hendak tidur. Alasannya, ini memberi produk kesempatan untuk bekerja saat kita tidur dan tidak berkeringat, ungkap laman Web MD.

Apabila kita memakai antiperspirant setelah mandi di pagi hari, keringat akan muncul saat kita beraktivitas. Akibatnya, produk antiperspirant akan kesulitan melawan keringat dan bau badan di siang hari. FYI, antiperspirant mengandung garam aluminium yang bisa membantu mengurangi produksi keringat.

3. Segera ganti apabila baju basah karena keringat

7 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mengatasi Ketiak Bau, Coba Terapkan!cheatsheet.com

Sehabis berolahraga atau nge-gym, kita harus langsung mengganti dan mencuci pakaian yang basah oleh keringat. Baju yang terkena keringat akan menjadi sarang kuman dan bakteri, yang bisa menyebabkan ketiak dan badan bau. Jadi, jangan ragu untuk segera mengganti dengan pakaian yang bersih dan kering!

Namun, pakaian yang sudah dipakai berolahraga terkadang masih bau walau sudah dicuci. Ini karena bakteri, keringat dan minyak tubuh masih menempel di sama. Solusinya, coba beri cuka putih pada pakaian dan rendam selama 15-30 menit, setelahnya masukkan ke mesin cuci, saran laman Cheat Sheet.

4. Ubah makanan yang dikonsumsi

7 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mengatasi Ketiak Bau, Coba Terapkan!skyticket.com

Tanpa disadari, ada makanan tertentu yang bisa membuat keringat jadi lebih bau, lho! Menurut laman Web MD, makanan yang dimaksud adalah makanan berlemak, berminyak atau berbau tajam, seperti bawang putih, kari dan bawang bombay.

Sementara, brokoli dan kecambah brussels bisa menyebabkan bau badan karena mengandung sulfur, komponen penyebab ketiak bau. Begitu pula dengan asparagus, daging merah dan minuman beralkohol yang bisa menyebabkan ketiak bau, jelas laman Allure. You have to avoid them!

Baca Juga: Sudah Tahu 8 Fakta Soal Ketiak Ini? Bau Pria dan Wanita Ternyata Beda!

5. Mengobati hiperhidrosis, jika punya

7 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mengatasi Ketiak Bau, Coba Terapkan!medium.com/@anmolosm

Tahukah kamu, apa itu hiperhidrosis? Ini adalah kondisi di mana kita berkeringat lebih banyak dari normal. Kondisi ini dapat dimulai sejak kita masih berusia anak-anak hingga remaja. Hampir semua bagian tubuh bisa terdampak hiperhidrosis, tetapi yang paling sering adalah di bagian telapak tangan, telapak kaki dan aksila, ujar laman Medscape.

Keringat akibat hiperhidrosis bisa membuat pakaian basah, bau dan merusak suasana serta menimbulkan ketidaknyamanan. Untuk mengatasinya, dokter akan meresepkan antiperspirant yang mengandung aluminium klorida heksahidrat, terang laman Web MD. Bisa juga dilakukan dengan suntik, laser dan operasi.

6. Rutin mencukur rambut ketiak secara berkala

7 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mengatasi Ketiak Bau, Coba Terapkan!askmen.com

Kamu tipe orang yang betah dengan rambut ketiak atau justru risi? Rupanya, memelihara bulu ketiak bisa menyebabkan ketiak jadi bau, lho! Ini karena bakteri lebih mudah berkembang biak di daerah yang lembap dan basah, seperti di rambut ketiak, ungkap laman Real Man Real Style.

Sementara, jika rambut ketiak rutin dicukur, ketiak akan senantiasa kering, tidak basah dan tidak lembap. Jika rambut ketiak cepat tumbuh, kamu perlu mencukur setiap 2-3 hari sekali. Sementara, jika tidak, kamu hanya perlu bercukur selama 5-7 hari sekali atau lebih. Kamu pilih yang mana?

7. Memakai campuran hidrogen peroksida dan air

7 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mengatasi Ketiak Bau, Coba Terapkan!everydaycheapskate.com

Jika semua cara tidak berhasil, atau jika kamu ingin bereksperimen, cobalah cara ini! Campur 1 sendok teh hidrogen peroksida dengan kadar 3 persen dan 1 cangkir air. Lalu, bersihkan ketiak dengan campuran ini. Niscaya, ini akan menghancurkan bakteri yang menyebabkan ketiak jadi bau, jelas laman Web MD.

Nah, itulah 7 hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi ketiak bau. Setelah membaca ini, kamu tertarik menerapkan tip yang mana?

Baca Juga: 6 Daun & Bunga Ini Ampuh Usir Bau Ketiak Menyengat, Cobain Yuk?

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya