Comscore Tracker

10 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Menyingkirkan Jerawat, Dijamin Ampuh!

Waktunya mengucapkan selamat tinggal pada jerawat

Merasa kesal dengan jerawat yang gak mau pergi dari wajah? Sudah mencoba berbagai macam produk perawatan kecantikan tapi tidak ada hasilnya? Memiliki jerawat di wajah memang menyebalkan dan bisa mengurangi rasa percaya diri kita.

Tenang, jangan menyerah dulu! Mau tahu cara ampuh untuk menghilangkan jerawat? Simak dan terapkan tips di bawah ini!

1. Perhatikan kandungan bahan dari produk yang kamu gunakan

10 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Menyingkirkan Jerawat, Dijamin Ampuh!verywellhealth.com

Sebelum membeli obat atau krim untuk menghilangkan jerawat, teliti kandungan bahannya terlebih dahulu. Asam salisilat adalah bahan utama yang paling efektif untuk mencegah dan mengobati jerawat. Zat ini bisa membuka pori-pori, membersihkan jerawat dan komedo serta memiliki efek anti-inflamasi pada kelenjar minyak, jelas laman Insider.

Selain asam salisilat, bahan lain yang direkomendasikan adalah asam alfa hidroksi seperti asam glikolat. Fungsinya ialah mengecilkan pori-pori, mengurangi jerawat, mengurangi tampilan wajah yang kusam, menghilangkan garis-garis halus dan kerutan serta menyamarkan warna kulit yang tidak rata.

2. Hindari bahan ini agar jerawatmu tidak makin parah!

10 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Menyingkirkan Jerawat, Dijamin Ampuh!self.com

Jangan mudah terpukau dengan klaim produk yang mengaku bisa menghilangkan jerawat. Lagi-lagi, kamu harus jeli untuk meneliti kandungan bahan yang ada di dalamnya. Tanpa sadar, ada bahan yang bisa menyumbat pori-pori, membuat kulit jadi semakin kusam dan memperparah kondisi jerawat, ungkap laman Insider.

Para ahli menyarankan kita untuk menghindari produk yang bersifat komedogenik. Misalnya, petroleum jelly yang bisa menyumbat pori-pori wajah. Selain itu, carilah produk yang bebas minyak, bebas pewangi dan bebas alkohol karena bahan tersebut memiliki efek buruk bagi orang yang punya kulit sensitif.

3. Jangan lupa mencuci muka secara rutin

10 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Menyingkirkan Jerawat, Dijamin Ampuh!fashionstype.com

Jangan malas cuci muka, lakukan 2 kali dalam sehari! Para ahli merekomendasikan pembersih dengan busa lembut yang mengandung asam salisilat, sehingga bisa menyegarkan sekaligus menyingkirkan jerawat. Jika kulitmu berminyak, pakai sabun muka dengan kandungan benzoil peroksida atau asam glikolat, saran laman Insider.

Sementara, pembersih dengan asam laktat dan gliserin cocok untuk orang yang memiliki kulit kering, sensitif dan mudah iritasi. Penting untuk mencuci muka pada pagi hari agar wajah kita terlihat lebih segar serta mencuci muka pada malam hari berguna untuk menghilangkan kotoran, debu dan polutan yang menempel di wajah seharian.

4. Jangan melakukan eksfoliasi secara berlebihan

10 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Menyingkirkan Jerawat, Dijamin Ampuh!asia.be.com

Membersihkan wajah dengan scrub memberikan efek melegakan. Sel-sel kulit mati pun terkikis dan wajah terasa lebih mulus. Namun, jangan berlebihan dalam melakukan eksfoliasi! Para ahli menyarankan eksfoliasi dilakukan 2-3 kali dalam seminggu untuk kulit berminyak dan seminggu sekali jika kulitmu sensitif, terang laman Insider.

Eksfoliasi atau pengelupasan adalah kunci untuk mencegah jerawat karena bakteri penyebab jerawat akan tumbuh subur di sel-sel kulit mati. Namun, jangan berlebihan karena bisa mengeringkan kulit dan memunculkan jerawat baru. Selain itu, eksfoliasi berlebihan menghilangkan minyak alami kulit dan bisa mengiritasi wajah.

5. Selalu rutin membersihkan peralatan make up

10 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Menyingkirkan Jerawat, Dijamin Ampuh!cosmeticnews.com

Hayo, sudah berapa lama kamu tidak membersihkan peralatan make-up? Peralatan make-up yang kotor bisa memicu munculnya jerawat baru di wajah. Di sana, terdapat bakteri, sisa kotoran, residu make-up dan minyak yang menempel. Dermatologis dalam laman Allure menyebut bahwa brush untuk wajah wajib dibersihkan sekali dalam seminggu.

Sementara, brush yang digunakan untuk mata harus dibersihkan setiap 2 minggu sekali. Cara membersihkannya pun mudah, hanya membutuhkan air dan sabun yang lembut. Setelah bersih, jangan lupa dikeringkan sebelum dipakai kembali, ya! Bukan hanya brush, beauty blender dan sponge juga wajib dibersihkan secara rutin.

Baca Juga: 7 Fakta Jerawat yang Mengindikasi Masalah Kesehatan, Catat Girls! 

6. Sesekali, boleh memakai steroid topikal

10 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Menyingkirkan Jerawat, Dijamin Ampuh!nationaleczema.org

Kamu perlu menghadiri acara penting besok, tetapi jerawat di wajah belum kempes? Untuk perbaikan cepat, kamu bisa menggunakan steroid topikal, saran laman Insider. Steroid topikal bisa mengecilkan noda dan jerawat dalam semalam. Namun, penggunaan jangka panjang tidak direkomendasikan sebab bisa memicu munculnya jerawat baru.

Biasanya, steroid topikal sering diresepkan untuk iritasi kulit, gatal dan ruam. Bagaimana cara pemakaiannya? Pertama, cuci wajah dengan pembersih lembut. Lalu, oleskan krim steroid topikal ke jerawat. Hentikan pemakaian apabila muncul gejala seperti iritasi, sensasi terbakar, kulit kering, terjadi perubahan warna kulit dan jerawat semakin parah.

7. Stres dan kurang tidur bisa memicu jerawat

10 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Menyingkirkan Jerawat, Dijamin Ampuh!wellandgood.com

Seperti yang kita tahu, stres bisa memunculkan efek buruk bagi tubuh, termasuk memicu jerawat. Menurut dr. Adam Friedman, profesor dermatologi di George Washington University, penyebab jerawat adalah hormon yang berkaitan dengan stres, yakni corticotrophin-releasing hormone (CRH), jelas laman Time.

Selain itu, kekurangan tidur juga bisa memicu timbulnya jerawat. Menurut laman Bustle, kurang tidur bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membuat kita lebih rentan pada bakteri penyebab jerawat. Bukan hanya itu, kekurangan tidur bisa meningkatkan kortisol dan memicu lebih banyak jerawat yang muncul.

8. Perhatikan makanan yang kamu konsumsi setiap hari

10 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Menyingkirkan Jerawat, Dijamin Ampuh!extra.ie

Tanpa kamu sadari, makanan yang kamu konsumsi setiap hari bisa memicu timbulnya jerawat. Misalnya, fast food (nugget, kentang goreng atau burger), karbohidrat olahan (pasta atau roti) hingga makanan tinggi gula (soda, minuman manis atau teh botol produksi pabrik), terang laman Healthline.

Di sisi lain, ada makanan yang bisa menghilangkan jerawat di wajah. Di antaranya adalah buah dan sayuran yang belum diproses, biji-bijian, kacang polong hingga ikan seperti salmon dan mackarel. Buah dan sayur yang direkomendasikan untuk mengurangi jerawat adalah tomat, blueberry dan bayam.

9. Sesekali, kamu perlu 'puasa' make-up

10 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Menyingkirkan Jerawat, Dijamin Ampuh!tonicproducts.com

Setiap hari memakai make-up bisa membuat kulit jadi rentan berjerawat. Bahkan, meski kita memakai produk make-up yang ringan dan ramah sekalipun.

Kulit kita butuh bernapas, itulah kenapa kita perlu sesekali berpuasa dari make-up. Tampil bareface? Siapa takut!

Tidak memakai make-up bukan berarti kita abai dengan wajah. Kita tetap perlu memakai skincare, seperti mencuci muka dengan facial wash, memakai toner  hingga melakukan double cleansing. Jangan lupa untuk melakukan eksfoliasi dengan scrub dan memakai masker wajah seminggu sekali.

10. Jaga kulit agar tetap terhidrasi

10 Hal yang Bisa Dilakukan untuk Menyingkirkan Jerawat, Dijamin Ampuh!burkewilliamsspa.com

Terakhir, kamu perlu menjaga kulit agar tetap terhidrasi. Jika permukaan kulit menjadi kering dan dehidrasi, maka kelenjar minyak akan memproduksi minyak berlebih dan membuat jerawat jadi semakin parah, tegas laman Insider. Menghidrasi kulit dapat menyeimbangkan kelenjar minyak dan mengendalikan jerawat.

Nah, itulah 10 cara yang bisa dilakukan untuk menyingkirkan jerawat dari wajah. Jangan lupa untuk dipraktikkan, ya!

Baca Juga: 7 Langkah Skincare Rutin untuk Pudarkan Bekas Jerawat dalam Sebulan

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You