Comscore Tracker

7 Pose Yoga yang Paling Sulit untuk Dilakukan, Pasti Takjub!

Meski terlihat mustahil, kita pasti bisa jika terus berlatih

Yoga adalah praktik fisik, mental, dan spiritual yang sangat populer. Menurut data dari laman The Good Body, ada sekitar 300 juta orang di seluruh dunia yang mempraktikkan yoga. Alasannya, yoga bisa meningkatkan fleksibilitas, memperbaiki keseimbangan tubuh dan mengurangi stres.

Di sisi lain, ada beberapa gerakan atau posisi yoga yang sangat sulit dan terkesan mustahil untuk dilakukan. Mau tahu, posisi apa saja yang dimaksud?

1. Taraksvasana

7 Pose Yoga yang Paling Sulit untuk Dilakukan, Pasti Takjub!instagram.com/_samara_bauer_

Taraksvasana berasal dari dua suku kata, yaitu taraka yang berarti setan yang dibunuh oleh Kartikeya, dewa perang, dan sva yang berarti kekuatan internal. Supaya bisa mempraktikkan posisi ini, kamu harus punya otot tangan yang kuat.

Apa manfaat yang bisa didapat dari mempraktikkan posisi taraksvasana? Posisi yoga ini bisa memperkuat otot perut, bahu, dan punggung, meningkatkan keseimbangan, serta meningkatkan kekuatan internal, ujar laman Doyou.

2. Sirsa padasana

7 Pose Yoga yang Paling Sulit untuk Dilakukan, Pasti Takjub!instagram.com/ehatss_fit

Berlanjut ke sirsa padasana yang tersusun dari tiga kata dalam bahasa Sansekerta, yaitu sirsa yang berarti kepala, pada yang bermakna kaki, dan asana yang berarti pose atau postur, ungkap laman Yogapedia. Sederhananya, sirsa padasana adalah backbend yang dikombinasikan dengan headstand.

Bagaimana cara mempraktikkan posisi ini? Awalnya, lengan harus diletakkan di tanah untuk menopang tubuh kita. Lalu, kaki harus dijatuhkan ke arah belakang kepala seperti vrishchikasana atau pose kalajengking. Lumayan menantang, ya?

3. Kala bhairavasana

7 Pose Yoga yang Paling Sulit untuk Dilakukan, Pasti Takjub!instagram.com/ciel70

Posisi yoga ini punya julukan yang unik, yakni protector of the universe alias pelindung alam semesta. Agar bisa mempraktikkan posisi ini, kita harus menyangga tubuh dengan satu lengan dan satu kaki. Lalu, satu kaki lainnya ditempatkan di belakang kepala.

Supaya bisa melakukannya dengan sempurna, kita butuh pinggul yang sangat terbuka dan fleksibel, tegas laman Doyou. Menurut laman Tummee, otot-otot yang berperan dalam pose ini adalah bisep, trisep, inti (abs), paha belakang, serta pinggul.

4. Yoganidrasana

7 Pose Yoga yang Paling Sulit untuk Dilakukan, Pasti Takjub!instagram.com/himanshu.yoga

Sepintas, posisi yoga ini terlihat mudah, apalagi dilakukan dengan berbaring. But, it's not that easy! Dalam posisi yoganidrasana, kamu harus melipat tubuh menjadi simpul, jelas laman Doyou.

Yoganidrasana berasal dari tiga suku kata dari bahasa Sansekerta, yaitu yoga yang berarti menyatukan, nidra yang bermakna tidur, dan asana yang berarti berpose, ungkap laman Yogapedia.

Untuk mempraktikkan pose ini, berbaringlah menghadap atas dengan kaki yang diregangkan. Lalu, tekuk kaki dan letakkan kaki di bawah kepala dan lengan. Berani mencoba?

Baca Juga: 7 Cedera Yoga yang Paling Sering Terjadi dan Cara Menghindarinya

5. Eka hasta vrksasana

7 Pose Yoga yang Paling Sulit untuk Dilakukan, Pasti Takjub!instagram.com/martin_elianto

Beranjak ke eka hasta vrksasana, ini adalah pose yoga tingkat lanjut di mana tubuh bertumpu sepenuhnya pada satu tangan. Tidak semua orang bisa melakukan handstand dengan dua tangan, apalagi hanya satu tangan seperti pose ini. Bisa dibayangkan betapa sulitnya?

Otot-otot apa yang digunakan dalam pose ini? Menurut laman Tummee, diperlukan otot lengan, bahu, bisep, trisep, inti (abs), dan pinggul yang kuat. Dengan mempraktikkan posisi ini, kita bisa meningkatkan kekuatan inti, memperkuat pergelangan tangan, dan menyehatkan mental.

6. Sayanasana

7 Pose Yoga yang Paling Sulit untuk Dilakukan, Pasti Takjub!instagram.com/marcelloleoni

Selanjutnya, ada sayanasana. Namanya berasal dari dua kata dari bahasa Sansekerta, yaitu sayana yang berarti istirahat dan asana yang bermakna posisi atau pose, terang laman Yogapedia. Di posisi ini, berat tubuh akan bertopang pada siku sepenuhnya.

Uniknya, pose ini mengharuskan kita untuk menangkupkan telapak tangan ke dagu, seolah-olah kita sedang bersantai. Manfaat mempraktikkan pose sayanasana adalah untuk membangun kekuatan dan keseimbangan.

7. Pungu mayurasana

7 Pose Yoga yang Paling Sulit untuk Dilakukan, Pasti Takjub!instagram.com/tyra.tran

Sebenarnya, ini adalah pose mayurasana alias pose merak, tetapi hanya menggunakan satu tangan. Fungsinya untuk memperkuat pergelangan tangan, bahu, dan lengan, tutur laman Doyou. Sementara, menurut laman Tummee, pose ini bisa memperbaiki postur dan menyeimbangkan lengan.

Jangan asal mencoba pose ini tanpa pendampingan guru yoga, karena bisa berakibat cedera. Pastikan untuk melakukan peregangan otot bahu, bisep, dan trisep lebih dahulu.

Nah, itulah 7 posisi yoga tersulit yang perlu kamu ketahui. Apakah kamu tertarik untuk mencoba?

Baca Juga: Manfaat Sehat Yoga Swing, Olahraga Favorit Soraya Rasyid Uang Kaget

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya