Comscore Tracker

7 Masalah Kesehatan yang Muncul kalau Kamu Malas Membersihkan Makeup

Hayo, jangan lupa bersihin wajah sebelum tidur!

Bagi sebagian perempuan, memakai makeup ibarat kebutuhan primer yang wajib dilakukan setiap harinya. Namun, pasca beraktivitas seharian, rasa lelah datang dan membuat kita ingin cepat-cepat tidur sesampainya di rumah. Rasanya, malas banget membersihkan makeup!

Namun, hindari kebiasaan buruk itu, girls! Karena banyak efek buruk yang akan membahayakan kesehatan jika kita malas membersihkan makeup. Apakah itu? Scroll down, please!

1. Tidak mencuci muka menyebabkan penumpukan minyak dan kotoran di wajah

7 Masalah Kesehatan yang Muncul kalau Kamu Malas Membersihkan Makeupstellar.ie

Seberapa sering kamu mencuci muka dalam sehari? Sesibuk apapun, selalu sempatkan mencuci muka, ya! Karena tidak mencuci muka dapat menyebabkan efek buruk bagi wajah.

"Hal ini bisa menyebabkan penumpukan minyak dan kotoran yang dapat menyebabkan jerawat, pori-pori lebih menonjol dan peradangan pada kulit," terang Jennifer Chwalek, MD, dokter kulit asal New York.

Setidaknya, cucilah muka dua kali sehari. Gunakan pembersih muka yang lembut dan jangan lupa untuk mencuci muka di malam hari saat hendak tidur. Namun, jangan terlalu berlebihan dalam membersihkan muka, karena akan mengikis sel kulit dan membuatnya jadi lebih tipis. Kulit kita mempunyai cara untuk membersihkan dirinya sendiri, ungkap laman Well and Good.

2. Malas membersihkan maskara pada bulu mata? Ini yang akan terjadi!

7 Masalah Kesehatan yang Muncul kalau Kamu Malas Membersihkan Makeupracked.com

Ingin memiliki bulu mata yang lentik? Tenang, maskara siap membantumu! Meski begitu, setelah selesai beraktivitas, jangan lupa untuk membersihkan maskara dengan benar, ya! Jika tidak, maka bahan kimia dalam maskara bisa mengendap di lipatan mata, ungkap laman Metro. Seram!

Peristiwa yang terjadi pada Theresa Lynch, perempuan berusia 50 tahun asal Australia perlu dijadikan pelajaran bersama. Setiap hari, ia memakai riasan mata yang tebal, namun ia kurang teliti dalam membersihkannya. Beberapa tahun kemudian, ia mengeluhkan ada sesuatu yang aneh di bawah kelopak matanya pada dokter, seperti ada yang bersarang di dalamnya.

Kelopak matanya terasa berat, iritasi dan keluar cairan dari matanya. Ia kemudian dirujuk ke dokter bedah, lalu ketika kelopak mata itu diangkat, ditemukan benjolan keras, bintik-bintik hitam bekas maskara dan kemerahan. Hal itu menimbulkan risiko serius pada penglihatan dan jika tidak diobati bisa menyebabkan kebutaan. Ngeri!

3. Jangan lupa membersihkan lipstick juga, kalau tidak....

7 Masalah Kesehatan yang Muncul kalau Kamu Malas Membersihkan Makeupsazan.me

Lipstick yang merah merona bisa menarik perhatian siapa saja. Rasanya, kita lebih percaya diri ketika memakai lipstick dengan warna yang tepat. Namun, jangan lupa untuk membersihkannya setelah usai beraktivitas, ya! Jika tidak, dalam jangka panjang akan terjadi perubahan pada bibir kita. Seperti bibir yang kering, pecah-pecah dan menghitam.

Sekarang ini, produk eye & lip makeup remover sedang merajai pasaran. Produk itu bisa membersihkan lipstick dengan mudah dalam sekali usap. Setelahnya, kita bisa membiarkannya kering secara alami maupun mengusapnya dengan lembut memakai kapas atau tisu. Jangan malas membersihkan lipstick, demi bibir yang sehat dan segar!

4. Makeup menghambat terbentuknya sel kulit baru

7 Masalah Kesehatan yang Muncul kalau Kamu Malas Membersihkan Makeupsimpleacnecare.com

Setiap jamnya, sekitar 30-40 ribu sel kulit rontok. Dan dalam periode waktu 24 jam, kita kehilangan hampir satu juta sel kulit. Kulit mengalami proses regeneratif terpenting di malam hari dimana kulit akan mengeluarkan sel mati dan menggantinya dengan yang baru, ungkap laman Refinery 29.

Sementara, makeup justru akan menghambat proses pengelupasan alami kulit, sehingga kulit kita akan menjadi kusam seiring berjalannya waktu. Jika kita tidak menghapus makeup sebelum tidur, maka proses pelepasan sel kulit mati akan terganggu dan sel kulit baru akan sulit untuk terbentuk.

Baca Juga: 7 Alasan Kenapa Malam Adalah Waktu Teroptimal untuk Gunakan Skincare

5. Tidak menghapus makeup bisa menyumbat pori-pori

7 Masalah Kesehatan yang Muncul kalau Kamu Malas Membersihkan Makeuphudabeauty.com

Langsung tidur setelah lelah beraktivitas seharian memang menyenangkan. Tapi, kebiasaan buruk itu bisa merusak kulit wajahmu, lho! Selain bahan kimia dalam makeup, terdapat pula kotoran dan polusi yang menempel pada kulit wajah. Sehingga, membersihkannya secara rutin merupakan hal yang wajib dilakukan.

"Riasan, kotoran dan polusi bisa menyumbat pori-pori dan berpotensi menyebabkan breakout," ungkap Teresa Tarmey dalam laman Refinery 29.

Padahal, kulit bekerja dengan optimal ketika malam hari dan akan benar-benar menyerap semua produk yang tertinggal di kulit. Jika terus-menerus malas membersihkan makeup, jangan kaget jika wajah kita mudah berjerawat dan berminyak, ya!

6. Salah membersihkan makeup bisa membuat kulit keriput?

7 Masalah Kesehatan yang Muncul kalau Kamu Malas Membersihkan Makeupmirror.co.uk

Ketakutan terbesar kaum hawa adalah munculnya keriput pada kulit wajah. Berbagai usaha pun dilakukan untuk melawannya habis-habisan. Salah satu kebiasaan buruk pemicu munculnya keriput adalah salah membersihkan makeup! Kok bisa?

Membersihkan riasan mata mungkin dipandang sebagai hal yang remeh dan mudah. Padahal, jika cara yang kita gunakan salah, bisa menyebabkan munculnya garis halus di sekitar mata, ungkap laman Evoke. Jangan pernah menggosok maskara terlalu keras, karena akan menyebabkan keriput pada kelopak dan area samping mata.

7. Jerawat pun bisa muncul jika kamu malas membersihkan makeup

7 Masalah Kesehatan yang Muncul kalau Kamu Malas Membersihkan Makeupdermanext.co.in

Jerawat bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Di antaranya, faktor hormon, genetik, polusi, hingga penggunaan makeup dan skincare yang kurang tepat. Selain itu, tidak menghapus makeup setelah seharian beraktivitas juga memicu munculnya jerawat pada kulit wajah. Oh no!

Makeup dapat menyebabkan komedo (blackheads dan whiteheads), radang dan jerawat. Tak hanya itu, sebagian makeup dapat menyebabkan penumpukan bakteri, iritasi kulit dan tidak ramah terhadap pori-pori. Umumnya, jerawat akibat makeup muncul di area dagu dan pipi. Untuk menghindarinya, jangan lupa bersihkan makeup setelah beraktivitas, ya!

Nah, itulah masalah kesehatan yang akan muncul jika kamu malas membersihkan makeup. Secapek apapun, jangan lupa menghapus makeup sebelum tidur, girls!

Baca Juga: 5 Kesalahan Pakai Skincare yang Justru Merusak Kulit Wajah

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You