Comscore Tracker

Tak Terduga! 7 Hal Ini Bisa Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuhmu

Supaya makin sehat dan gak gampang sakit!

Pernah gak sih, kalian merasa gampang sakit-sakitan? Capek sedikit, kamu bisa terserang batuk atau pilek. Rasanya gak nyaman banget, deh! Hal ini menandakan bahwa sistem kekebalan tubuhmu lemah sehingga membuatmu mudah sakit. Lantas, apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh?

Tenang, kamu bisa memperkuat sistem imun dengan cara-cara berikut ini! Pastikan membaca sampai tuntas dan mempraktikkannya langsung, ya!

1. Mengonsumsi vitamin sesuai kebutuhan harian

Tak Terduga! 7 Hal Ini Bisa Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuhmumsn.com

Apakah kamu tipe orang yang memerhatikan nutrisi pada makanan yang kamu makan? Atau sebaliknya, kamu tipe yang acuh tak acuh?

Vitamin adalah salah satu nutrisi yang kita butuhkan, tetapi sayangnya tidak semua orang memenuhi kebutuhan vitamin harian mereka. Padahal, vitamin penting untuk memperkuat sistem imun.

Menurut laman Healthcare in America, vitamin A, B6, C, D dan E akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Opsi terbaik untuk memperoleh vitamin ini adalah dengan memakan buah segar dan sayuran. Tetapi, jika tidak sempat, kamu bisa mengonsumsi suplemen multivitamin.

2. Tidur yang cukup setiap harinya

Tak Terduga! 7 Hal Ini Bisa Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuhmufirstbeat.com

Hayo, siapa yang sehari-hari hobi begadang? Sebisa mungkin, kurangi begadang karena akan mengganggu sistem kekebalan tubuhmu!

Laman Healthcare in America menyebut bahwa kurang tidur akan mengurangi aktivitas sel T dan bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh. Tak heran kalau penyakit menyerang kita!

Saat kita kurang tidur, sel T akan turun dan inflamasi naik. Akibatnya, kita akan lebih rentan terserang flu atau pilek, ungkap Diwakar Balachandran MD dalam laman Web MD. Kurang tidur akan menekan sistem kekebalan tubuh serta mengurangi kemampuan tubuh untuk merespons pilek dan infeksi bakteri.

3. Mengurangi stres sebisa mungkin

Tak Terduga! 7 Hal Ini Bisa Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuhmuvavista.com

Kamu tipe orang yang gampang stres dan tertekan? Well, kamu perlu rileks atau sistem imun akan terkena imbasnya. Hormon kortisol akan dilepaskan ketika stres kronis menekan respons imun tubuh, jelas laman Health in America. Sementara, kortisol akan mengganggu sel T untuk mereproduksi dan menerima sinyal dari tubuh.

Bukan hanya itu, kortisol juga mengurangi IgA sekretori antibodi yang melapisi usus dan saluran pernapasan. Padahal, antibodi itu adalah pertahanan pertama tubuh terhadap patogen. Beberapa cara untuk meminimalkan stres adalah sering tertawa, olahraga, meditasi hingga mendengarkan musik yang menenangkan jiwa.

4. Menghentikan kebiasaan merokok, jika sanggup

Tak Terduga! 7 Hal Ini Bisa Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuhmufrontiersin.org

Berdasarkan laporan yang berjudul Tobacco Economics in Indonesia yang ditulis oleh  Sarah Barber, Sri Moertiningsih Adioetomo,  Abdillah Ahsan dan Diahhadi Setyonaluri, ditemukan bahwa sekitar 34 persen penduduk Indonesia merokok dan 63 persen di antaranya adalah laki-laki. Angka yang cukup besar, ya?

Padahal, merokok bisa merusak sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko kanker. Bukan hanya itu, respons imun patogenik yang berbahaya akan timbul jika kita merokok. Karena sistem imun melemah, maka penyakit akan mudah masuk. Kandungan tar yang tinggi akan membuat sistem kekebalan tubuh bekerja kurang efektif.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Sistem Kekebalan Tubuh, Sudah Paham Badanmu Sendiri?

5. Menambah vitamin D dengan berjemur

Tak Terduga! 7 Hal Ini Bisa Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuhmupakistantribe.com

Di poin sebelumnya, disebutkan bahwa vitamin D penting untuk sistem kekebalan tubuh. Lantas, bagaimana cara mendapatkan vitamin D yang cukup? Caranya adalah dengan berjemur di bawah sinar matahari di jam-jam tertentu. Tidak disarankan untuk berjemur di antara jam 10 pagi hingga 4 sore karena sinar UV-nya tinggi, terang laman GQ.

Antibodi dihasilkan oleh vitamin D dan penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sementara, asupan vitamin D yang rendah akan memicu masalah pernapasan. Tak perlu lama-lama, kamu bisa berjalan-jalan santai di bawah sinar matahari selama 15 menit setiap hari, saran laman Healthcare in America.

6. Perbanyak mengonsumsi jamur

Tak Terduga! 7 Hal Ini Bisa Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuhmumomjunction.com

Hah, apa hubungan antara jamur dan sistem kekebalan tubuh? Apakah kedua hal ini saling berkorelasi?

Faktanya, kamu bisa meningkatkan sistem imun dengan memakan jamur! Selain itu, jamur kaya akan nutrisi dan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa jenis jamur yang disarankan adalah shitake, maitake dan tremella.

Usut punya usut, kemampuan jamur dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah karena tingkat polisakarida yang terkandung di dalam dinding sel, ujar laman Mushroom Revival. Kandungan Beta-glukan di dalamnya pun berlimpah. Kamu bisa mengonsumsi jamur dengan menjadikannya berbagai olahan, misalnya dengan menjadikannya sup.

7. Terakhir, jangan lupa olahraga!

Tak Terduga! 7 Hal Ini Bisa Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuhmuthetimes.co.uk

Membahas soal sistem kekebalan tubuh pasti tak lepas dengan saran untuk berolahraga. Menurut laman MedlinePlus, olahraga akan menyebabkan perubahan antibodi dan sel darah putih. Sel darah putih merupakan sel sistem kekebalan tubuh yang berfungsi untuk melawan penyakit. Ibarat kerajaan, sel darah putih adalah tentaranya.

Tidak ada syarat khusus harus berolahraga seperti apa, yang terpenting tubuh kita bergerak dan membakar kalori. Kamu bisa berlari, bersepeda, berenang, panjat tebing atau apa pun yang kamu sukai. Go ahead! Selain itu, kamu harus rutin berolahraga, bukan hanya berolahraga di momen-momen tertentu saja. 

Nah, itulah 7 hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jangan hanya dibaca, tetapi dipraktikkan juga, ya!

Baca Juga: 7 Kombinasi Jus Peningkat Kekebalan Tubuh, Biar Gak Gampang Sakit 

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You